Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Foto OPPO A72 5G Beredar, Begini Spesifikasinya

0 5.152

Tahun 2020 dipenuhi dengan brand smartphone yang berlomba-lomba hadirkan kemampuan jaringan 5G ke produk kelas menengah, tak hanya flagship saja. Meski di Indonesia masih belum terselesaikan regulasinya, di wilayah lain seperti China dan Eropa sudah banyak tersedia smartphone 5G murah dan berbagai produsen smartphone. Menurut informasi terbaru, OPPO juga bakal berkompetisi dalam segmen tersebut.

Dari situs lembaga sertifikasi TENAA serta halaman produk China Telecom, ditemukan sebuah smartphone OPPO seri baru, dengan seri PDYM20 yang dipercaya sebagai OPPO A72 5G. Di luar negeri sendiri, OPPO A72 memang telah dirilis sejak April lalu, punya spesifikasi yang tak jauh dari seri OPPO A92 di Indonesia.

Namun tak lantas hanya penambahan dukungan 5G, desain dari OPPO A72 5G juga dibuat berbeda. Teknologi layar yang dimiliki lebih canggih, dan tentunya tak gunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang belum mendukung 5G. Smartphone ini akan menghadirkan kelas baru pada A-series, jika memang nantinya benar-benar diresmikaan, termasuk di Indonesia.

Baca juga: OPPO 125W Flash Charge Bisa Isi Daya Penuh dalam 20 Menit

OPPO A72 5G Hadir dengan Desain Berbeda

OPPO A72 5G

Dari foto yang ada di situs China Telecom, terlihat jika bagian belakangnya sedikit menyerupai realme C11. Wajar, keduanya masih berada dalam satu perusahaan induk, BBK Corporation. Desain modul kameranya dibuat kotak supaya lebih kekinian, sementara aksen di sekitar kameranya sedikit dibuat berbeda.

Meski layar depannya serupa seri A72 dan A92, dikabarkan jika layar 6,5 inci NEO Display di OPPO A72 5G bakal mendukung refresh rate hingga 90Hz. Gunakan panel AMOLED full HD+, sensor sidik jarinya diletakkan menyatu pada tombol power di sebelah kanan. Kamera punch-holenya sendiri punya resolusi 8MP.

Sementara di bagian belakang, terdapat tiga sensor kamera, yang masing-masing beresolusi 16MP, 8MP ultra wide-angle dan 2MP depth sensor. Dimensinya bisa dibilang cukup ringkas, dengan ketebalan hanya 7,9mm dan bobot 175 gram saja. Tiga pilihan warnanya yaitu Simple Black, Oxygen Purple serta Neon Purple. Silakan Gizmo friends tebak varian warna pada gambar di atas termasuk yang mana ya.

Mendukung jaringan dual-mode 5G, OPPO A72 5G jalankan sebuah chipset yang masih belum diketahui detilnya, yaitu MediaTek MT6853V. Akan ada tiga pilihan kapasitas RAM, yaitu 4/6/8GB, dipadukan dengan penyimpanan internal lega di 128GB.

Perkiraan Harga OPPO A72 5G

OPPO A72 5G

Jalankan Android 10 dengan tampilan antarmuka ColorOS terbaru, kapasitas baterai OPPO A72 5G diperkirakan mencapai 4,040 mAh, dan sudah mendukung fast charging 18 watt lewat port USB-C. Sementara dari foto keempat sudut yang ada di atas, smartphone ini juga bakal miliki jack audio 3,5mm.

Meski sering kali kurang akurat, China Telecom menuliskan harga untuk masing-masing varian OPPO A72 5G, yaitu 1,699 Yuan (Rp3,5 jutaan), 1,799 Yuan (Rp3,8 jutaan) dan 1,999 Yuan (Rp4,2 jutaan) untuk versi RAM 4GB/6GB/8GB. Kabarnya smartphone ini bakal diresmikan pada akhir bulan Juli mendatang.