Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO 125W Flash Charge Bisa Isi Daya Penuh dalam 20 Menit

0 1.543

Setelah merilis teaser beberapa waktu lalu, kali ini OPPO secara resmi memperkenalkan teknologi pengecasan baterai tercepat mereka, OPPO 125W flash charge. Teknologi ini tentunya bakal hadir di produk OPPO masa mendatang, punya waktu pengisian daya jauh dari cepat jika dibandingkan 65W sebelumnya, yang sebenarnya juga sudah sangat instan.

Selain meluncurkan 125W flash charge, OPPO juga perkenalkan charger kompak 50W mini SuperVOOC charger serta 110W mini flash charger. Serta untuk pengisian daya nirkabel yang lebih cepat, ada 65W AirVOOC wireless charge. Dengan begitu, isi daya baterai smartphone bisa terjadi hanya dalam waktu 30 menit, secara nirkabel. Sudah setara bahkan lebih cepat dari flagship-flagship yang telah rilis saat ini.

Menggunakan algoritma enkripsi terbaru serta pengaturan temperatur suhu pengisian daya yang ketat, teknologi 125W flash charge terbaru OPPO tentunya dipastikan aman serta efisien. Solusi ini dihadirkan untuk menghadapi era 5G yang tingkatkan konsumsi daya tinggi, terutama pada sektor gim online dan video.

Lihat juga: Video Unboxing OPPO A92 Aurora Purple

125W Flash Charge OPPO Sanggup Isi Penuh Baterai dalam 20 Menit

OPPO 125W flash charge
Serangkaian perangkat isi daya cepat OPPO yang dirilis bersamaan hari ini (15/7).

Jeff Zhang, Chief Charging Technology Scientist pada OPPO mengatakan lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (15/7), “saat ini, kami berkomitmen untuk melanjutkan pengembangan dalam keunggulan pengisian daya tinggi, nirkabel dan teknologi pengisian daya yang semakin tipis, ringan dan portable untuk memberikan pengguna kami penglaman yang efisien, aman dan nyaman ketika menggunakan pengisian daya ultra cepat.”

Dengan teknologi 125W flash charge yang dikembangan OPPO, mengisi daya baterai 4.000 mAh hingga 41% hanya butuh waktu 5 menit saja. Sementara hingga penuh hanya perlu waktu 20 menit. Charger ini juga kompatibel dengan standar pengisian daya sebelumnya, termasuk protokol pengisian daya lain seperti 65W PD dan 125W PPS.

OPPO gunakan skema pengisian daya sampai dengan 20V dan 6,25A, serta peningkatan power density supaya ukuran adapter masih tetap sama. Sedangkan pada baterai smartphone-nya, OPPO gunakan teknologi double-6C cell dengan peningkatan rasio baterai, teknologi multiple tab structure dan integrasi chip MCU untuk efisiensi pengisian daya yang lebih baik.

OPPO juga berikan perlindungan lebih baik pada 125W flash charge, menambahkan 10 sensor temperatur yang selalu memonitor status pengisian. Akhirnya OPPO gunakan kabel USB-C to USB-C, lengkap dengan teknologi perlindungan overvoltage fuse, serta algoritma enkripsi 128-bit untuk keamanan.

Untuk 65W AirVOOC, kurang lebih sama dengan versi pengisian daya kabelnya. Bedanya, ini versi nirkabel saja, sama-sama dapat mengisi baterai 4.000 mAh sampai penuh dalam waktu 30 menit. OPPO mampu menurunkan interfensi frekuensi yang biasa terjadi dalam proses pengisian nirkabel.

Supaya pengisian tetap aman, OPPO berikan lima lapisan khusus, berfungsi untuk deteksi objek asing yang dapat menghalangi pengisian daya. Pengisi dayanya dibuat dengan material kaca, gunakan teknologi moldless rapid prototyping, pertama kali diterapkan pada perangkat elektronik konsumen.

Bagian bawa 65W AirVOOC charger dilengkapi sistem pendingin semikonduktor yang berfungsi untuk menyesuaikan panas yang masuk dan keluar, agar suhu perangkat tetap terjaga.

Dua Adapter Mini Yang Mudah Dibawa

OPPO 50W mini SuperVOOC
OPPO 50W mini SuperVOOC charger.

Selain dua teknologi baru, OPPO juga perkenalkan seri adapter pengisian daya tinggi yang dibuat dalam ukuran mini. Ada OPPO 50W mini SuperVOOC charger, yang punya bobot 60 gram saja, dengan ketebalan 10,05mm. Perangkat ini diklaim tampil dengan seukuran kartu kredit, sehingga mudah dimasukkan ke kantung kemeja ketika dibawa bepergian.

Selain itu, OPPO juga hadirkan adapter 110W mini flash charger, dengan ukuran yang diklaim sama dengan ukuran pengisi daya 18W pada umumnya. Saat ini, teknologi VOOC flash charge telah digunakan lebih dari 157 juta pengguna di seluruh dunia. OPPO akan terus tingkatkan dan kembangkan teknologi terdepan industri, terutama untuk pengisian dayanya.