Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Samsung Galaxy Watch Active: Jam Tangan Pintar Kaya Fitur

Era jam tangan pintar memang sudah dimulai sejak sepuluh tahun yang lalu dengan hadirnya konsep Linux wristwatch yang didesain oleh Steve Mann. Sejak itu inovasi tidak pernah berhenti seperti yang kita lihat pada Samsung Galaxy Watch Active. Penggunaan jam pintar semakin menggeliat seiring dengan tren hidup sehat yang kian digandrungi masyarakat urban.

Banyak orang mulai sadar pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga di gym, fitness, bersepeda atau lari bebas. Hadirnya sebuah tren selalu diikuti dengan periperhal yang menyertainya. Maklum saja, namanya juga industri dagang. Mulai dari sepatu pakaian, sepatu, aksesoris tubuh termasuk salah satunya adalah jam tangan pintar.

Samsung, yang kini hadir sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di muka bumi, tentu tak mau ketinggalan hadir ke tengah komunitas pecandu olahraga tersebut. Maka menghadirkan jam pintar menjadi pilihan rasional. Apalagi mereka juga bukan satu-satunya yang memiliki jam pintar. Ada pesaing lain yang tak mau kalah.

Galaxy Watch Active merupakan produk terbaru jam pintar yang dimiliki Samsung. Sebelumnya, sudah ada beberapa varian dari keluarga Galaxy Gear yang masuk ke pasar. Di antaranya adalah Galaxy Fit2 yang lebih kecil, Gear S2 serta Galaxy Watch versi awal dengan desain klasik yang punya varian 42 mm dan 46 mm (Baca: Review Galaxy Watch). 

Apa yang menarik dari perangkat wearable ini? Baiklah, mari kita ulas lebih rinci pada review Samsung Galaxy Watch Active berikut ini.

Desain & Display

Di antara semua seri jam pintar Samsung, Galaxy Watch Active termasuk yang memiliki desain minimalis dengan ukuran penampang layar 28mm. Mirip seperti seri Gear S2. Bentuk display membulat sempurna tanpa ditambah bingkai yang rumit. Dengan kualitas layar anti gores Corning Gorilla Glass 3, sehingga kamu tak perlu mencari tempered glass tambahan.

Layarnya mirip seperti layar ponsel Samsung, di mana jam ini menggunakan teknologi Super AMOLED capacitive touchscreen. Kamu akan mendapatkan kualitas tampilan yang sama baiknya seperti apa yang tersaji di ponsel. Apalagi salah satu fitur di jam ini juga menampilkan sajian gambar untuk penggunanya. Ditambah dengan 16 juta kedalaman warna, pada tingkat resolusi 360 x 360 piksel.

Pada bagian sisi layarnya, bisa ditemukan dua buah tombol navigasi. Tidak banyak fungsinya selain untuk tombol “back” dan “home” saja. Karena semua fungsi utama pada jam ini bisa diakses dan diaktifkan lewat akses langsung ke dalam menu di layar sentuhnya. Jadi dua tombol tersebut lebih seperti pemanis desain saja.

Strap atau tali pada Samsung Galaxy Watch Active dibuat dengan sederhana. Tak ada strap tambahan yang biasa ditemukan pada jam konvensional yang berfungsi menahan tali dari sisi satunya. Maka lebihan tali berlubang untuk kuncian ukurannya akan diarahkan masuk ke bagian kulit tanganmu.

Tali jam ini juga bisa diganti-ganti sesuai keinginan dengan mudah. Desain khusus dari tali berukuran 20mm ini membuat pengguna bisa menggantinya secara mandiri, kapan saja. Hal itu bisa dilakukan karena ada switch yang bisa ditarik untuk melepas dan memasang tali. Beda dengan model jam konvensional yang memerlukan alat tambahan ketika hendak mengganti tali. Tapi pastikan kamu membelinya dari Samsung atau yang memiliki model serupa.

Secara umum, desain jam ini memang lebih diperuntukkan bagi mereka yang gemar berolahraga dan bergerak aktif. Strapnya terasa menyatu dengan kulit tangan, meski tidak diikat dengan ketat. Begitu pula dengan model jamnya yang minimalis sehingga tidak mengganggu pergerakan tangan yang aktif.

Performa

Namanya saja jam pintar, tentu Samsung Galaxy Watch Active hadir dengan otak khusus di dalamnya. Ditenagai prosesor kreasi Samsung sendiri yakni Exynos 9110. Chipset ini memang sengaja dibuat oleh Samsung untuk mendukung produk jam pintar mereka. Chipset tersebut didukung dengan keberadaan RAM berkapasitas 4GB dan memori internal 768 MB.

Kamu tidak akan menemukan fungsi kerja layaknya ponsel pada jam ini, kecuali sebagian kecil saja. Maka kebutuhan komputasinya pun tak membutuhkan memori kerja yang terlalu besar. Maka dengan kombinasi chipset dan keberadaan RAM di atas, sudah sangat mencukupi fungsi utama dari jam pintar ini.

Untuk sistem operasinya sendiri, Samsung memanfaatkan Tizen OS sebagai antarmukanya. Kamu bisa menemukan lebih dari 500 aplikasi yang mendukung keberadaan sistem ini. baik yang sudah ditanamkan langsung, maupun kamu menambahkannya sendiri. Tentu saja tergantung pada kebutuhan dan kemampuan memori simpannya.

Dan memang, agak sulit menentukan sejauh mana performa yang bisa dicapai dari sebuah jam pintar. Paling jauh adalah menggunakannya semaksimal mungkin dalam keseharian, beraktivitas secara normal maupun ketika berolahraga. Maka fungsi untuk menyajikan laporan secara real-time dari apa yang kita lakukan menjadi ukuran terdekatnya. Saya akam membaginya ke dalam beberapa sub di bawah ini.

Fitur Samsung Galaxy Watch Active

Fitur jam Galaxy Smart Watch Active boleh dibilang cukup kaya. Mulai dari tampilan desain jam yang beragam, di mana kamu bisa memilih sekitar 13 desain berbeda seperti Fit Future, Pop Analog, Health Dashboard, Breathe, Activity Sparkles, Peak Time, dan lain-lain. Tiap-tiap model tampilan hadir untuk memenuhi kebutuhan dari si pengguna itu sendiri. Hendak dimaksimalkan untuk apa jam ini.

Berlanjut ke fitur Activity yang berisi analisis aktivitas olahraga yang kamu tempuh. Selain durasi waktu yang sudah dilakukan, di sana juga terdapat bakaran kalori dan persentese pencapaian dari apa yang sudah direncanakan untuk aktivitasmu.

Ada banyak widget dan menu yang bisa kamu manfaatkan pada Galaxy Watch Active. Spotify salah satunya, dengan pilihan untuk mendengarkan musik favorit langsung dari jam. Ketiadaan port audio tidak lagi jadi masalah, toh saat ini sudah tersedia earbud. Sehingga hanya perlu koneksi Bluetooth saja. lewat jam ini kamu bisa mengatur perpindahan artis yang satu ke yang lain.

Tak lupa ada banyak aplikasi menarik yang ditawarkan lewat Samsung Health. Seperti analisis kafein di dalam tubuh, kalori makanan yang masuk, sampai tingkat stress diri. Hal itu dilakukan agar kita bisa tetap hidup seimbang dan nyaman saat beraktivitas.

Fitur lainnya adalah keberadaan Near Field Communication. Samsung sudah menjejalkan chip khususnya di dalam jam ini, sehingga dengannya kamu bisa melakukan pembayaran ketika lupa membawa kartu kredit. Tentu saja menggunakan Samsung Pay, yang aplikasinya sudah tertanam pula. Tentu saja ini memudahkanmu ketika bepergian dan butuh melakukan pembayaran di saat yang sama.

Related Posts
1 daripada 50

Baca:Review Garmin vívoactive 3: Jam Tangan Pintar Pencatat Aktivitas OlahragaSamsung Galaxy Watch Active

Teman Beraktivitas

Galaxy Watch Active memiliki sensor pengukur tekanan darah di bagian belakang layarnya. Apa manfaatnya? Ya tentu saja untuk mengukur detak nadi jantung kamu, kan. Sehingga perangkat ini bisa memberikan laporan yang bisa segera kamu tindaklanjuti. Misalnya, ketika detak nadimu berdenyut tidak stabil, maka bisa muncul analisis bahwa kamu dalam keadaan stress. Untuk kemudian dianjurkan banyak menghirup  udara segar agar lebih rileks.

Monitor kerja tersebut bisa berbeda tergantung pada model aktivitas yang kita lakukan. Ada banyak pilihan aktivitas dalam menu jam ini. Default-nya antara lain berlari, bersepeda, dan berenang. Kamu bisa menambahkan sendiri semisal berjalan, treadmill, hiking, bahkan gerakan fitness seperti squats atau jumping jack pun tersedia. Tentu kesemuanya disediakan untuk perhitungan waktu, detak nadi jantung, dan kalori yang dihabiskan agar terpantau dengan akurat.

Kemampuan kerja seluruh fitur pengukuran tersebut berjalan dengan sangat baik dan tanpa proses lagged. Pergeseran layar dari satu menu ke menu lain juga berlangsung smooth. Dan apa yang disebutkan tadi, saya pikir merupakan fungsi utama yang paling dibutuhkan dari adanya jam pintar ini.

Telepon & Pesan

Selain itu, jam ini juga bisa menjadi kepanjangan dari ponsel pintar kamu. Tak harus ponsel Samsung, karena selama di ponselmu terdapat aplikasi Samsung Wearable, maka kamu bisa melakukan sinkronisasi dengan jam pintar ini.

Hasil dari sinkronisasi adalah kemampuan Galaxy Watch Active untuk bisa dipakai melihat apa yang ada di dalam ponsel. Semisal untuk melihat daftar kontak, kalender, galeri foto, info sosial media, serta daftar panggilan yang terintegrasi dengan jam pintar ini.

Disambungkan lewat jalur nirkabel Bluetooth, kamu juga bisa melakukan panggilan dan berikirim pesan melalui jam tanpa perlu membuka ponsel terlebih dulu. Hal itu bisa terjadi berkat dibenamkannya speaker dan microfone di dalam jam pintar. Namun, karena jam dan ponsel dihubungkan lewat Bluetooth maka kamu tetap harus menyertakan ponsel ke manapun kamu pergi. Agar jam ini bisa tetap menjadi perangkat yang pintar. Atau paling tidak kamu berada di lingkungan WiFi hotspot, karena jam ini bisa langsung memindai jaringan internet yang tersedia.

Tahan Air

Jika raga mode Activity, dan NFC masih kurang. Maka kamu masih bisa menikmati fitur lain yakni kemampuan jam pintar digital ini untuk dipakai menyelam. Yup, Galaxy Smart Watch sudah mendapatkan sertifikasi IP68 dan 5TM yang merupakan pengesahan bahwa jam pintar ini mampu mengatasi tekanan air pada kadar tertentu. Tepatnya hingga 50 meter ke dalam air, entah itu di kolam renang biasa atau bahkan di laut.

Pun ditambah pula dengan rating militer MIL-STD-810G, yang mana itu menunjukkan bahwa jam pintar ini kuat dan tahan dari berbagai kondisi berat. Seperti debu, tanah, dan kondisi cuaca yang lumayan berat seperti pegunungan. Lagi-lagi membuatnya layak diajak hiking atau climbing. Ini keren sih.

Baterai 

Jika harus menyebut apa kelemahan dari Samsung Galaxy Watch Active yang hadir menawan ini, maka saya harus melihat kepada baterainya. Tidak mutlak menjadi kelemahan memang. Namun dengan daya yang hanya 230 mAh, baterai jam ini tidaklah bisa dipakai berlama-lama. Apalagi jika penggunaannya dengan memanfaatkan fitur dan aplikasi di dalamnya.

Setidaknya kamu harus melakukan satu kali pengisian baterai wireless, sehari sekali untuk memastikan bahwa jam bisa berfungsi maksimal dengan segala fiturnya. Bila dipakai secara normal dengan pilihan fungsi yang tak terlalu berlebih, setidaknya kamu bisa memakainya 1 – 2 hari tanpa mengisi ulang. Bila menggunakan mode power saving maka angka 3 – 4 hari masih bisa ditempuh dengan lancer.

Lalu bagaimana bila hendak bepergian outdoor, yang jauh dari sumber listrik? Maka jam ini bisa diaktifkan ke mode Watch Only yang bisa bertahan paling tidak 30 hari lebih. Konsekuensinya adalah tampilan yang sangat, sangat sederhan sekali dari penunjuk waktunya.

Melihat pada kebutuhan penggunaan jam tangan semacam ini yang dipakai di keseharian. Bagi saya agak kurang mengasyikan jika harus sering mencari sumber daya tiap harinya. Dan atas sebuah alasan inilah saya kurang menikmati memakai jam ini terlalu sering.

Kesimpulan

Sebelum mengambil kesimpulan, saya perlu menambahkan tentang fitur keamanan yang juga tersedia di jam ini. Meski mungkin tidak terlalu krusial selayaknya ponsel yang kita pakai, namun hal itu juga diperlukan. Terutama melihat pada keberadaan jam yang bisa dipakai untuk mengakses data-data yang kita miliki.

Tambahan fitur tersebut juga menjadi pengesahan bahwa jam ini memiliki fitur yang kaya. Kamu bisa menikmati jam ini bahkan hanya dengan mencari-cari fitur apalagi yang bisa dimanfaatkan. Atau aplikasi apa yang hendak digunakan untuk mendukung aktivitas harian dan olahraga bagimu.

Memang harganya relatif mahal untuk masyarakat Indonesia secara umum. Terakhir saya cek di web resminya ada di angka Rp 3.499.000,-. Meski untuk mereka yang tinggal di kota besar atau kalangan sosialita rasanya harga tersebut ada di kisaran wajar atau bahkan murah.

Namun bila melihat apa yang bisa didapat dari jam ini, termasuk adanya kemampuan anti air dan rating militer untuk ketahanan pakai. Membuat Galaxy Watch Active ini bisa dikatakan layak beli. Tentu saja semua tergantung kepada kebutuhan seperti apa yang kamu ingin dapatkan dari sebuah jam.

Spesifikasi Galaxy Watch Active

Layar 1.1″ (28 mm) 360 x 360 Super AMOLED,
Full Color AOD, Gorilla® Glass
Warna Black, Silver, Rose Gold
Ukuran 39.5 (H) x 39.5 (W) x 10.5 (D) mm
Berat 25g
Ketahanan 5ATM + IP68 + MIL-STD-810G
Konektivitas BT4.2, Wi-Fi b/g/n, NFC
Sensor Acc., Gyro, Barometer, Ambient light, Heart Rate Monitor
Baterai Battery Capacity: 230mAh

45 hours (Typical Usage Time)

Harga Rp3.499.000

 

76%
Keren!

Review Samsung Galaxy Watch Active

Galaxy Watch Active ini bisa jadi pilihan tepat untuk pemakain harian dan teman berolahraga.

  • Design
  • Display
  • Performance
  • Features
  • Battery