Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Garmin vívoactive 3: Jam Tangan Pintar Pencatat Aktivitas Olahraga

Olahraga bukan hanya sekadar kebutuhan agar tetap sehat, namun juga telah menjadi gaya hidup bagi kaum urban. Ngaku aja deh. Sehabis berlari, mengayuh sepeda, renang, yoga, dan sederet olahraga lainnya, kamu suka untuk share aktivitasmu di media sosial, kan? Nah, untuk memenuhi kebutuhan kaum urban seperti inilah, jam tangan Garmin vivoactive 3 ini dihadirkan ke khalayak.

Garmin vivoactive 3 adalah smartwatch untuk kamu yang hidupnya aktif. Dengan lebih dari 15 aplikasi olahraga preloaded, kamu dapat lebih leluasa untuk memonitor aktivitas sehari-hari agar tetap sehat. Built-in GPS memungkinkan untuk merekam jarak, kecepatan, lokasi dan lebih untuk aktivitas di luar ruangan.

Saya telah mencoba jam tangan pintar ini selama lebih dari sebulan. Nah, seperti apa pengalamannya? Simak selengkapnya pada review Garmin vivoactive 3 di bawah ini.

DESAIN

Di Indonesia, varian Garmin vivoactive 3 yang diperkenalkan ada tiga yaitu putih dengan bingkai besi tahan karat (stainless steel), hitam dengan bingkai stainless steel, dan hitam dengan bingkai batu tulis (slate) berwarna hitam. Begitu membuka unit ini dari dusbox, saya langsung tertarik mengamati desain jam tangan pintar ini.

Desainnya termasuk konvensional, seperti tampilan jam klasik pada umumnya yang berbentuk bulat. Bodynya terbuat dari baham polimer dengan diameter 43,4 mm dan ketebalan 11,7 mm. Sementara pada tali atau strip berbahan karet silikon bertekstur segitiga. Jika menganggap ini kurang keren, kamu bisa mengganti strip dengan yang terlihat lebih mewah. Ukuran strapnya standar jam tangan yaitu 20mm, sehingga lebih leluasa memilih, tak harus yang berasal dari Garmin.

Tidak ada terobosan yang membuatnya terlihat stand out. Tampil apa adanya dan seperti terlihat lebih menampilkan fungsi utamanya sebagai jam tangan klasik.  Walaupun kesan lux-nya memang kurang, namun untuk aktivitas olahraga, model seperti yang lebih cocok, karena bisa dipakai untuk segala suasana, baik berolahraga maupun kegiatan sehari-hari seperti bekerja di kantor atau jalan-jalan di mall. Bagaimanapun juga, desain adalah soal selera.

Di bagian samping kanan body, terdapat sebuah tombol power yang menambah kesan klasik pada smartwatch ini. Selain untuk menghidup matikan jam, tombol ini juga berfungsi ganda untuk mengganti menu pada antarmuka jam.

Ketika membalikkan jam tangan, kita akan menemukan 4 pin sebagai sarana untuk mengisi daya baterai. Jadi, pastikan untuk membawa kabel charge ketika bepergian dalam waktu berhari-hari karena tidak kompatibel dengan charge micro USB atau USB 3.0 yang universal.

Sementara di bagian tengah, terdapat sensor photoplethysmogram yang akan mendeteksi pergerakan tubuh kita. ketika digerakkan atau menyentuh kulit, seringkali muncul sinar laser berwarna hijau yang menandakan sensor tersebut aktif.

Nah, yang paling penting, sebagai perangkat pendukung aktivitas olahraga, jam tangan pun harus bisa dipakai dalam berbagai kondisi. Untungnya, Garmin vivoactive 3 ini memiliki spesifikasi 5ATM. Yang berarti jam tangan pintar ini cukup aman digunakan untuk berbagai aktifitas yang berhubungan dengan air seperti berenang, arum jeram, mandi, hujan, dan semua aktifitas di air tawar. Namun jangan menggunakannya untuk snorkeling dan diving.

LAYAR

Perbedaan yang mencolok antara jam tradisional dengan Garmin vivoactive 3 adalah pada layarnya yang bisa disentuh untuk mengakses menu. Ukuran layarnya 1,2 inchi dengan resolusi 240×240 pixel. Kualitasnya biasa saja, tidak istimewa karena memang layar ini lebih banyak menampilkan teks. Kamu tidak bisa menonton video di layar ini, sehingga kualitas layar high definition tidak dibutuhkan.

Jenis layarnya adalah transflective memori-in-pixel (MIP) yang menyala setiap saat dengan kaca Glass yang tahan lama.  Saat tidak digunakan, layar akan redup dengan sendirinya untuk menghemat baterai. Sedangkan saat terkena sinar matahari, maka layar secara otomatis akan menyesuaikannya. Kita bisa mengatur tingkat kecerahan layar hingga 100% dimana semakin tinggi, maka konsumsi baterai pun semakin boros.

Teknologi Garmin Chroma Display dirancang untuk mudah dibaca, bahkan di bawah sinar matahari langsung. Jam tangan ini dilengkapi antarmuka Side Swipe, yang memudahkan pengguliran dan navigasi cepat menu dan widget, baik itu menggunakan ibu jari atau telunjuk.

Tampilan antarmuka layarnya cukup simpel. Namun kita bisa melakukan personalisasi tampilan jam tangan dengan pilihan yang cukup banyak, termasuk bisa mendesain tampilan sendiri. Intinya, semua aktivitas yang kamu lakukan akan ditampilkan di layar berukuran mungil berukuran 1,2 inci ini.

Menu yang bisa kamu akses seperti aktivitas olahraga yang dilakukan, informasi kondisi kesehatan, notifikasi pesan masuk, prakiraaan cuaca, kalender serta musik yang sedang didengarkan. Ketika sedang dalam tampilan utama, menggeser ke atas atau bawah akan menampilkan notifikasi pesan yang masuk. Saat menekan dan tahan tombol di sisi kanan selama beberapa detik, maka akan muncul menu utama yang meliputi power, setting kecerahan, GPS, lock, Bluetooth dan wallet.

Sedangkan jika hanya menekan sekali tombol ini, maka akan muncul kegiatan olahraga favorit yang sedang dilakukan selama beberapa waktu terakhir. Juga menu setting yang memuat berbagai macam pengaturan seperti aktivitas terakhir yang dilakukan di My Stats dan history. Untuk pairing, profile, watch face dan lainnya dapat diatur di menu setting.

FITUR Garmin vivoactive 3

Sebagai sebuah smart watch, Garmin vivoactive 3  dibekali dengan fitur yang cukup banyak, terutama untuk mendukung aktivitas olahraga. Seperti sudah disinggung di atas, hampir semua informasi kegiatan olahraga bisa ditampilkan pada jam tangan ini. Dengan lebih dari 15 aplikasi olahraga telah termuat di dalamnya, memudahkan kita untuk melakukan aktivitas kebugaran tubuh.

Apa saja aktivitas olahraga itu? Berdasarkan menu yang tersedia di jam tangan, jenis olahraga yang didukung adalah treadmill, indoor track, bike, bike indoor, walk, floor climb, pool swim, strength (angkat beban), cardio, elliptical, stair stepper, row (dayung), row indoor, golf, ski, snowboard, XC ski, SUP, yoga. Lengkap sekali!

Related Posts
1 daripada 41

Saat berada di luar ruangan, GPS built-in memungkinkan untuk melacak rincian aktivitas yang dipilih  tanpa memerlukan koneksi telepon. Praktis tak perlu ribet. Karena membawa ponsel dengan memasangnya di tangan menggunakan arm band atau di saku celana, bisa mengurangi kenyamanan berolahraga.

Nah, saat berolahraga di luar ruangan itu pula, Garmin vivoactive 3 memiliki LiveTrack yang memberikan ketenangan bagi orang-orang terdekat. Karena mereka bisa melacak aktivitas dan lokasi secara real-time. Mereka kan menerima undangan melalui email, Facebook, atau Twitter dengan link ke halaman web yang menampilkan posisi perangkat vívoactive 3 yang tersambung.

Tak hanya mencatat aktivitas olahraga saja, namun jam tangan ini juga memantau aspek kesehatan tubuh kita. Dengan teknologi denyut jantung berbasis Elevate, Garmin vívoactive 3 bisa memantau aspek-aspek kunci kebugaran dan tekanan untuk menunjukkan bagaimana respons tubuh dalam berbagai keadaan.

Misalnya, bisa memperkirakan usia maksimal dan usia fitness VO2 pengguna, karena ini adalah 2 indikator kebugaran fisik yang seringkali dapat meningkat seiring berjalannya waktu dengan olahraga teratur. Fitur tersebut juga mampu melacak variabilitas denyut jantung atau HRV (heart rate variability) yang digunakan untuk menghitung dan melacak tingkat stres.

Elevate, pengukur denyut jantung melalui pergelangan tangan dari Garmin, akan memantau 24 jam sehingga pengguna dapat mengakses fitur pemantauan kebugaran, termasuk VO2 max dan usia kebugaran, sehingga memberikan data berharga bagi pengguna dalam memantau perubahan kebugaran pribadinya. Kenaikan aktivitas akan menjadikan angka-angka tersebut semakin bagus seiring waktu.

Saat dipakai secara terus menerus, maka data yang ditampilkan lebih akurat. Seperti mengecek jumlah kalori yang dihasilkan setelah berolahraga, mengukur waktu tidur, mengatur berat badan, kadar stres, detak jantung, kadar oksigen dan lainnya.

Asyiknya lagi, jam tangan ini memiliki lemampuan untuk melihat tingkat stres terkini dari pergelangan tangan dan stres dalam jangka waktu lebih panjang di Garmin Connect. Sehingga memungkinkan kita untuk mengidentifikasi pola-pola yang terjadi dan mempertimbangkan perubahan gaya hidup agar dapat menghindari atau menghadapi situasi penyebab stres dengan lebih baik. Ditambah dengan adanya pengatur waktu relaksasi “Four-Fold Breath” semakin membantu kita menyeimbangkan stres dan waktu istirahat. Keren, kan?

APLIKASI

Nah, agar bekerja dengan maksimal, kamu perlu mengunduh aplikasi Garmin Connect baik untuk smartphone berbasis Android maupun iPhone dari Apple. Setelah itu, menghubungkan dengan jam tangan melalui koneksi Bluetooth dan ANT +. Memantau kinerja aktivitasmu pun menjadi semakin nyaman di layar smartphone.

Sepanjang hari, Garmin vivoactive 3 otomatis menyinkronkan dengan aplikasi mobile Garmin Connect untuk menyimpan statistik. Di Garmin Connect, kamu bisa melihat workout, aktivitas latihan beban, tingkat stres, dan pola tidur yang ditampilkan melalui grafik terperinci. Untuk meningkatkan motivasi berolahraga, kita juga bisa berlomba menyelesaikan tantangan dan terhubung dengan pengguna lainnya.

Dan agar kemampuan jam tangan semakin kaya, kita bisa memanfaatkan layanan di toko Connect IQ untuk menambah berbagai fitur di Garmin vivoactive 3. Kamu perlu melakukan registrasi terlebih dulu untuk bisa mengakses layanan toko Connect IQ atau menghubungkan dengan layanan media sosial. Setelah masuk ke toko, kamu bisa mengunduh aneka ragam tampilan jam, widget dan aplikasi.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba antara lain bisa mengawasi ketika pesanan Uber tiba. Walaupun ini tidak bisa lagi dinikmati di Asia Tenggara, karena Uber telah menjual operasional layananya ke Grab. Tapi tenang, masih banyak aplikasi lain yang bisa dicoba seperti menyalakan lampu di rumah dengan aplikasi SmartThings jika perangkat elektronik di rumah sudah mendukung konektivitas Internet of Things. Kemudian plikasi AccuWeather MinuteCast untuk mengetahui kapan hujan akan dimulai.

Tapi yang paling penting, kamu dapat menggunakan aplikasi gratis Face It untuk membuat personalisasi tampilan perangkat yang unik sesuai karakter kamu. Cukup unduh aplikasinya, pilih gambar dari pustaka foto, buat penyesuaian, dan atur sebagai tampilan jam tangan.

KESIMPULAN

Garmin vivoactive 3 menghadirkan fitur yang lengkap. Tak hanya bisa menghitung langkah, memantau kualitas tidur, ataupun menghitung denyut jantung saja. Tetapi bisa melacak beragam olahraga mulai dari yang paling sederhana seperti berjalan hingga yang kompeks seperti berenang, yoga, dan sebagainya.

Penampilan desain jamnya biasa saja. Walau tidak istimewa, cukup baik dan bisa dibawa ke berbagai suasana. Kinerja baterai juga memuaskan, tidak perlu repot-repot mengecas tiap hari. Karena masa pakai baterai bisa tahan sampai 7 hari dalam mode smartwatch, namun hanya 11 jam jika kita mengaktifkan mode GPS secara terus menerus. Untuk penggunaan harian berdasarkan pengamatan saya, rata-rata baterai bertahan sekitar 4 sampai 5 hari.

Dalam hal konektivitas, ketika saya menggunakan Asus Zenfone 4 Selfie Pro, sangat sulit untuk terhubung. Namun saat mencoba di HTC One M9 yang lebih jadul, ternyata sangat cepat. Hal ini perlu menjadi catatan untuk bagi Garmin untuk lebih memperluas kompatibilitas dengan perangkat smartphone yang ada, walaupun bisa jadi ini bermasalah di ASUS-nya.

Secara umum, sebagai jam tangan pintar,  Garmin vivoactive 3 mampu melakukan tugasnya dengan sangat baik. Fitur-fitur yang tersemat di dalamnya  sangat diandalkan untuk mendukung aktivitas olahraga. Sehingga memang cocok untuk dipakai oleh pengguna yang aktif.

Saat diluncurkan di pasar pada akhir Desember 2017 yang lalu, harga ritel untuk tipe stainless adalah Rp 4,999 juta dan tipe hitam/slate dibanderol Rp 5,499 juta yang bisa dibeli diUrban Republic, Erafone Mega Store, Erafone. Namun seiring dengan waktu, harganya pun semakin turun. Misalnya saat mengecek di situs wearinasia, harga jualnya saat ini menjadi Rp3,9 juta. Perbedaannya cukup signifikan dibanding harga saat peluncuran, sehingga jauh lebih terjangkau.

Kendati harga menjadi lebih terjangkau, bukan berarti Garmin bisa lenggang kangkung. Karena ada kompetitor di kelas yang sama yaitu Samsung Gear S3 yang juga cukup tangguh dengan merek lebih populer. Pengguna yang budgetnya terbatas, bahkan bisa saja memilih Xiaomi Amazfit  yang harganya hanya separuh dari Garmin vivoactive 3. Tapi bagaimanapun juga, pilihan tergantung pada masing-masing pengguna yang memiliki preferensi beragam.

78%
Keren!

Review Garmin vivoactive 3

Buat kamu yang aktif dengan berbagai kegiatan dan ingin terus memantau aktivitas olaraga serta kondisi kesehatan, jam tangan Garmin vivoactive 3 ini layak dimiliki.

  • Design
  • Fitur
  • Kinerja
  • Daya tahan

 Spesifikasi Garmin vivoactive 3

Bahan Lensa Gorilla Glass 3
Bahan Rangka stainless steel
Materi kotak polimer diperkuat serat dan stainless steel
Bahan tali Silikon
Ukuran  fisik 43.4 x 43.4 x 11.7 mm
127-204 mm lingkar
Berat 43.0 g
Ketahanan air 5 ATM
Layar 1.2″ (30,4 mm) diameter, resolusi 240 x 240 pixels
Transflective memori-in-pixel (MIP), touch screen
Konektivitas ANT + ® dan Bluetooth® Pintar
Kompatibilitas perangkat iPhone®, Android
Sensor GPS, GLONASS, Garmin Elevate, Altimeter barometrik, Kompas elektronik, Akselerometer, Termometer
Masa pakai baterai Mode GPS:Hingga 11 jam
Mode Pintar: Hingga 7 hari
Memori/Riwayat 7 kegiatan yang terukur waktunya, 14 hari data aktivitas pelacakan
Fitur jam Masa/Tanggal, sinkronisasi waktu GPS, Menghemat waktu siang hari otomatis, Jam Alarm, Timer, Stopwatch, Kreator Tampilan jam Face It

 

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More