Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor Samsung Galaxy Fold 2, Spesifikasi Layar Dukung Refresh Rate 120Hz & Input S-Pen

1 715

Smartphone layar lipat pertama Samsung, Galaxy Fold, telah diperkenalkan secara resmi pada Februari 2019 lalu. Meski awalnya mengalami beberapa kendala seperti kualitas layar yang kurang baik, Samsung tetap merilis smartphone tersebut meski tertunda hingga bulan September.

Satu tahun menjelang perilisannya, wajar bila produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut telah menyiapkan suksesornya, Galaxy Fold 2. Rumornya pun sudah mulai bertebaran, baik render desain hingga kini spesifikasi yang cukup detil, membawa peningkatan signifikan pada layarnya.

Bocoran kali ini disampaikan oleh Ross Young, seorang analis yang juga merupakan Founder/CEO dari Display Supply Chain Consultants. Lewat akun Twitter pribadinya, ia memberikan detil kedua layar yang akan dimiliki Galaxy Fold 2, smartphone lipat Samsung berikutnya di tahun 2020.

Baca juga: 5 Fitur Ini Buat Samsung Galaxy M31 Cocok untuk Belajar Daring

Spesifikasi Layar Utama Samsung Galaxy Fold 2

Ross menyampaikan detil spesifikasi layar Galaxy Fold 2 lewat dua tweet terpisah. Untuk layar utama, Galaxy Fold 2 bakal punya layar berdimensi 7,59 inci, sedikit meningkat dari versi sebelumnya di 7,3 inci. Resolusinya juga sedikit lebih tinggi di 2213 x 1689 piksel, menghasilkan kerapatan hingga 372 PPI.

Layar utama Galaxy Fold 2 akan mengadopsi teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO) backplane yang dikembangkan oleh Apple, sudah digunakan pada smartwatch Apple Watch Series 4 & 5 mereka. Lewat teknologi ini, konsumsi dayanya bisa lebih irit 5 sampai 15 persen jika dibandingkan dengan LTPS AMOLED.

Yang tidak kalah menarik, refresh rate-nya juga akan mendukung sampai 120Hz, setara flagship Samsung Galaxy S20 series. Plus, tambahan proteksi ultra-thin glass (UTG) seperti pada Samsung Galaxy Z Flip. Samsung juga akan menggunakan desain kamera punch-hole (Infinity-O), menggantikan notch yang cukup besar di Galaxy Fold versi sebelumnya. Dan bagi pengguna smartphone dengan stylus, layar utama Galaxy Fold 2 bakal mendukung input dari stylus S-Pen milik Samsung.

Layar Depan Galaxy Fold 2 Juga Ditingkatkan

sketsa layar Samsung Galaxy Fold 2
Sketsa desain layar Samsung Galaxy Fold 2 yang dibuat @BenGeskin berdasarkan info dari Ross Young.

Layar luar atau depannya juga mendapat peningkatan cukup tinggi. Jika versi sebelumnya hanya dilengkapi layar kecil 4,6 inci, layar depan Galaxy Fold 2 bakal punya dimensi yang jauh lebih besar di 6,23 inci. Resolusinya 2267 x 819 piksel, menandakan aspek rasio layar yang tinggi nan ramping, dengan refresh rate standar 60Hz. Layar depan ini juga bakal dilengkapi kamera punch-hole untuk kebutuhan video conference tanpa membuka layar utama.

Berbeda seperti Evan Blass atau Roland Quandt, Ross tidak memiliki track record dalam hal memberikan bocoran spesifikasi ponsel, sehingga rumor ini tidak bisa seutuhnya dipercaya. Namun jika memang benar, maka peningkatan yang dibawa cukup mengesankan, membuat Samsung Galaxy Fold 2 sangat layak untuk dinantikan. Pastinya, bagi kamu yang punya budget lebih untuk membeli smartphone ya, mengingat versi pertama Galaxy Fold dibanderol seharga Rp30,8 juta saat dirilis resmi di Indonesia.


Beli produk Samsung di:

 Eraspace (Erafone) Lazada.co.id Urban Icon Shopee