Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 Fitur Ini Buat Samsung Galaxy M31 Cocok untuk Belajar Daring

0 9.736

Tren belajar via daring atau yang biasa disebut e-learning, saat ini semakin marak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun saat ini menggalakkan program e-learning sebagai solusi agar pelajar bisa tetap #stayproductive meski kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Umumnya, pelajar mengakses aplikasi belajar, melalui smartphone mereka masing-masing.

Namun, untuk proses belajar online yang optimal ternyata ada fitur yang dibutuhkan. Misalnya, dengan baterai awet, memori luas, dan kamera yang memiliki resolusi mumpuni untuk bertatap muka melalui aplikasi video conference. Untuk itu, tim Gizmologi rangkum beberapa fitur unggulan dari Samsung Galaxy M31, yang bisa membantu kamu para pelajar untuk bisa tetap #stayproductive belajar.

1. Baterai 6.000 mAh, Tahan Lama Untuk Akses e-Learning

Baterai Samsung Galaxy M31
Dengan baterai 6.000 mAh, akses e-learning lewat Samsung Galaxy M31 bisa lebih leluasa.

Saat ini ada cukup banyak pilihan aplikasi e-learning yang dapat digunakan oleh para pelajar, dengan beberapa yang sudah cukup dikenal bahkan direkomendasikan oleh Kemendikbud seperti Rumah Belajar, G suite for education, Ruang Guru, Zenius, Quipper, dan Kelas Pintar. Masing-masing aplikasi punya metode pembelajaran intuitif, yang membuat pelajar lebih betah untuk mendapatkan ilmu baru.

Untuk itu, dibutuhkan smartphone yang punya daya tahan baterai awet seharian. Samsung Galaxy M31 punya baterai besar berkapasitas 6.000 mAh yang dapat bertahan hingga 26 jam untuk menyimak video streaming pelajaran, jadi nggak perlu khawatir smartphone kehabisan baterai di tengah-tengah proses belajar atau pas lagi akses kelas digital. Ketika daya sudah hampir habis, proses pengisiannya cepat berkat dukungan fitur fast charging 15 Watt, tak perlu menunggu lama hingga kamu bisa kembali akses aplikasi belajar online.

2. Kamera Depan 32MP yang Jernih

Selain digunakan untuk belajar, smartphone juga biasa digunakan sebagai media bertatap muka secara digital. Beberapa sekolah menerapkan sistem absensi melalui video conference call, juga menampakkan kehadirannya di waktu belajar tertentu. Agar dapat terlihat jelas, dibutuhkan smartphone yang punya kamera depan berkualitas.

Kamera depan beresolusi 32MP milik Samsung Galaxy M31 dapat merekam video dengan resolusi 4K 30fps sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan juga terdapat fitur super steady yang membantu merekam video dengan stabil. Hal ini sudah sangat cukup untuk digunakan pelajar saat memerlukan absensi digital, serta berinteraksi dengan guru mereka lewat aplikasi seperti Google Meet. Pihak pengajar akan dapat melihat kehadiran dengan jelas dan mudah.

3. Memori Besar Untuk File Tugas Sekolah

Ketika hampir semuanya dilakukan lewat smartphone, risiko memori cepat penuh pasti tak bisa dihindari. Install beragam aplikasi e-learning, mengunduh dokumen tugas, sampai mengumpulkan tugas lewat grup WhatsApp dan lainnya. Pelajar membutuhkan memori yang luas agar proses pembelajaran bisa terus lancar selama masa belajar di rumah.

ROM 128GB pada Samsung Galaxy M31 bisa dibilang sangat luas untuk kebutuhan penyimpanan tugas, materi pelajaran, file presentasi, video dan lainnya. Bahkan jika dirasa masih kurang luas, ada slot kartu memori hingga 512GB.

4. Focus Mode Untuk Konsentrasi Belajar

Terkadang susah bagi pelajar untuk bisa fokus mengerjakan tugas atau melakukan proses belajar online. Sedikit-sedikit, muncul notifikasi dari media sosial, dapat mention dari teman di Twitter atau Instagram. Akhirnya tugas nggak selesai-selesai dikerjakan.

Karena itu fitur Focus Mode dan Digital Wellbeing di Samsung Galaxy M31 bisa dimanfaatkan. Fitur ini dapat mematikan notifikasi aplikasi yang berpotensi mengganggu proses belajar, kecuali notifikasi urgent seperti telepon dari orang tua, pesan dari pengajar dan sebagainya. Waktu mengerjakan tugas jadi lebih efektif lewat fitur ini dan pelajar bisa mencapai learning goal yang diinginkan.

Caranya adalah melalui pengaturan menu setting di Samsung Galaxy M31, pada bagian Digital Wellbeing dan Parental Controls. Setelah itu, geser tampilan menu ke atas dan temukan ikon Focus Mode. Pilih salah satu opsi antara Work Time atau Me Time, atau pengguna juga bisa memberikan nama sendiri untuk mode yang dipilihnya misalnya “Study Time”.

Kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang dibutuhkan, pertama pengguna harus masuk ke menu Settings – Digital Wellbeing and parental control, pilih dulu via tab “Focus mode” yang diinginkan dengan memilih menu “add”. Setelah itu tentukan aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk tetap fokus belajar. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca tutorial mengaktifkan Focus Mode di Samsung Galaxy.

5. Multitasking Nyaman dengan Layar Besar

Multitasking Samsung Galaxy M31
Jalankan dua aplikasi sekaligus lewat layar besar Samsung Galaxy M31.

Menggunakan tampilan antar muka terbaru, Samsung Galaxy M31 sudah menjalankan One UI berbasis Android 10. Sistem operasi terbaru ini sudah mendukung tampilan picture-in-picture, jadi pelajar bisa menonton konten video belajar di YouTube sambil mengerjakan tugas lewat aplikasi Office.

Berbagai macam aplikasi bisa dijalankan dengan lancar secara bersamaan berkat RAM 6GB yang luas, ditambah layar besar SuperAMOLED 6,4 inci yang membuat proses menjalankan dua aplikasi masih nyaman dan terlihat jelas. Ketika proses belajar selesai, dan ingin melakukan sedikit refreshing di halaman rumah saat sore hari sambil menonton serial favorit, Samsung Galaxy M31 cocok digunakan, dengan layar Super AMOLED mampu menyajikan kualitas gambar yang memanjakan mata. Selain itu, kualitas kecerahan tidak akan terpengaruh cahaya luar sehingga warna dan gambar yang disajikan tetap nyaman

Itulah lima fitur yang bisa diberikan dari Samsung Galaxy M31 untuk menunjang kegiatan belajar online atau e-learning untuk para pelajar di rumah, agar tetap lancar dan #stayconnected.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia