Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips: Mengaktifkan Focus Mode di Samsung Galaxy Saat Bekerja & Belajar #DiRumahAja

0 9.723

Sudah tiga minggu pemerintah mengajurkan #dirumahsaja bahkan sekarang sudah masuk masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk menekan penyebaran virus corona. Bekerja dan belajar pun dilakukan di rumah. Tapi tak jarang, ada gangguan yang membuat tidak bisa konsentrasi. Nah, kamu bisa mencoba fitur focus mode Samsung.

Saat menerapkan physical distancing dan tidak keluar rumah, teknologi bisa menjadi solusi. Misalnya kegiatan rapat, press conference, seminar, dan workshop bisa memanfaatkan aplikasi video conference seperti Zoom, Google Hangout, Skype Meet Now dan lainnya. Kemudian aktivitas belajar mengajar di aplikasi seperti Ruang Guru dan Zenius.

Begitupun biar lebih konsentrasi dalam bekerja maupun belajar, bisa dengan memanfaatkan fitur focus mode Samsung. Fitur ini diyakini dapat membantu pengguna mencapai learning goal selama di rumah. Sehingga bisa menekan keinginan untuk membuka Instagram, ataupun ramainya notifikasi chat di group Whatsapp.
Baca juga: Tips Efektif Kerja di Rumah dengan Memanfaatkan Teknologi

Tentu saja, fitur focus mode ini hanya berlaku bagi pengguna yang memiliki smartphone Samsung Galaxy. Lebih spesifik lagi smartphone terbaru yang sudah memakai antarmuka One UI 2.0 dengan sistem operasi Android 10. Lalu, bagaimana Focus Mode Samsung ini bisa menjadi “Gate Keeper” bagi para pengguna untuk bisa tetap fokus mengejar goals? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah Aktifkan Fitur Focus Mode Samsung

Begini caranya, pertama pengguna harus melakukan pengaturan lewat menu setting di Samsung Galaxy. Masuk pada bagian Digital Wellbeing dan Parental Controls. Setelah itu, geser tampilan menu ke atas dan temukan icon Focus Mode.

Pilih salah satu opsi antara Work Time atau Me Time, atau pengguna juga bisa memberikan nama sendiri untuk mode yang dipilihnya misalnya “Belajar Time”. Pilih mode yang kalian inginkan dengan memilih menu “add”, setelah itu tentukan aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk tetap fokus belajar. Misalnya Internet browser, untuk membantu mencari informasi lebih jauh mengenai suatu teori, atau aplikasi edukasi berbasis digital.

Ketika sudah ditentukan, pengguna tinggal memilih start. Voila! Hanya aplikasi yang diijinkan saja yang akan dapat digunakan ketika mode “Belajar Time” dipilih sehingga bebas gangguan. Jika sudah selesai tinggal pilih akhiri Focus Mode dan semua aplikasi bisa kembali digunakan.

focus mode samsung galaxy
Aplikasi dan game tidak bisa diakses selama fitur Focus Mode Samsung diaktifkan.

Untuk mengakses Focus Mode setelah melakukan pengaturan, cara cepat untuk mengakses Focus Mode, cukup dengan 4 langkah berikut: buka fitur quick settings -> geser ke kiri -> cari ikon Focus Mode -> pilih mode yang diinginkan -> aktifkan.

Bagi para orang tua yang ingin memanfaatkan fitur ini agar anaknya tetap fokus belajar, ponsel Samsung juga memiliki opsi app timers yang memberikan batasan pemakaian aplikasi pada jangka waktu tertentu. Nah, bekerja maupun belajar dengan fitur Digital Wellbeing dan Focus Mode dapat membantu pengguna lebih konsentrasi saat di rumah. Sehingga ampuh untuk menghasilkan proses belajar yang efektif maupun bekerja yang produktif.

Tentunya ini perlu kesadaran dan komitmen juga dari para pengguna. Karena jika tidak disiplin, maka fitur bagus seperti ini juga bakal sia-sia belaka.