Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Skype Meet Now Memungkinkan Video Conference Tanpa Registrasi dan Download Aplikasi

0 11.092

Wabah pandemi Covid-19 membuat pengguna internet lebih sering bertatap muka secara virtual dengan orang di luar rumah melalui aplikasi video konferensi. Ragam aplikasi tersedia, namun yang paling populer saat ini adalah Zoom, yang punya segudang fitur menarik seperti screen sharing dan kemampuan ubah latar belakang partisipan.

Padahal, jika ditarik mundur, aplikasi Skype milik Microsoft sudah hadir sebagai solusi video call yang ada lama bahkan sebelum era ponsel Android ada. Nah, agar bisa bersaing dan merebut kepopuleran milik Zoom, beberapa penyedia layanan video conference seperti Skype berlomba merilis fitur-fitur baru yang bisa meningkatkan daya tarik dan jumlah pengguna. Awal bulan ini, Skype meluncurkan Meet Now.

Baca juga: Office 365 Berubah Menjadi Microsoft 365, Bawa Fitur Editor Canggih

Skype Meet Now, Adakan Konferensi Video Instan

Skype Meet NowWalaupun kaya fitur, aplikasi Zoom membutuhkan aplikasi dan registrasi akun terlebih dahulu untuk menggunakanya. Wajar, sih, yang lain juga biasanya seperti itu. Selain itu, keamanan dan privasi juga menjadi isu yang saat ini menjangkiti Zoom. Nah, dengan Sype Meet Now, Microsoft mengklaim hanya memerlukan tiga kali klik untuk memulai rapat atau konferensi video.

Jika kamu telah memiliki aplikasi Skype (yang umumnya hadir di semua perangkat Windows 10 PC), tautan Meet Now yang sudah terbuat akan terbuka lewat aplikasi secara otomatis. Namun yang menarik, pengguna bisa memulai sebagai host dengan maupun tanpa akun Skype, plus tanpa aplikasi Skype sekalipun, alias langsung dari peramban (browser) yang mendukung seperti Microsoft Edge dan Google Chrome.

Lalu bagaimana cara memulainya? Kamu bisa klik tombol “Meet Now” di dalam aplikasi Skype, atau mulai rapat tanpa aplikasi/langsung dari peramban lewat tautan ini. Pilih “Buat rapat gratis”, bagikan tautan ke rekan kerja atau teman, dan kamu bisa langsung memulai panggilan. Skype akan menampilkan tampilan chat box dengan fitur kirim file, rekaman audio, kontak bahkan polling.

Skype Meet Now
Tampilan saat akan memulai sesi Meet Now dalam Skype.

Fitur yang ditawarkan juga tak kalah lengkap. Selain kemampuan untuk mute mikrofon dan video, sesi rapat bisa direkam untuk dilihat kembali setelah rapat selesai. Rekaman pembicaraan akan tersimpan selama 30 hari, sementara media yang dibagikan di kolom chat akan tersedia dalam kurun waktu yang lebih lama.

Namun, Skype Meet Now tidak bisa mengganti latar video seperti yang menjadi andalan Zoom. Untungnya masih ada opsi background blur yang setidaknya bisa menyamarkan latar kamar yang berantakan, misalnya.

tampilan telepon skype meet now

Microsoft sendiri tidak memberikan keterangan akan jumlah partisipan maksimal dalam satu sesi rapat Skype Meet Now—sepertinya sama dengan rapat biasa, alias tidak lebih dari 50 orang. Fitur ini dirilis dengan tujuan utama mempermudah masyarakat untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga dengan mudah.

Selama bulan Maret 2020, Skype mengalami pertumbuhan pengguna hingga 70%, mencapai 40 juta pengguna harian. Fitur teleponnya juga berkembang pesat 220%. Sembari menjaga jarak fisik (physical distancing), jangan lupa untuk selalu terhubung dengan orang terdekat ya.