RUN System Tawarkan Digitalisasi UMKM Lewat Modul ERP Sederhana

Jakarta, Gizmologi – Memang tak dapat dipungkiri bila adanya digitalisasi teknologi telah mempermudah berbagai kalangan bisnis agar bisa bertahan selama pandemi, baik kelas enterprise hingga skala kecil seperti UMKM. Berbagai perusahaan penyedia solusi bisnis juga meyakini hal tersebut, termasuk RUN System yang sediakan solusi ERP terintegrasi.

Upaya digitalisasi diyakini menjadi elemen penting bagi setiap bisnis termasuk UMKM, untuk bertahan melewati konsidi perekonomian yang sedang tidak stabil seperti sekarang ini. Dalam sebuah kesempatan, Menparekraf Sandiaga Uno pun mengatakan bila UMKM yang bisa bertahan saat pandemi adalah mereka yang telah berhasil beradaptasi digital.

Baca juga: Sandiaga Uno Paparkan 3 Tantangan yang Dihadapi UMKM Masa Kini

Sementara itu, berdasarkan survei Digitalisasi UMKM di Tengah Pandemi COVID-19 rilisan KIC (Juni 2020), diketahui ada sekitar 82,9% UMKM di Indonesia yang mengalami dampak negatif dari pandemi, dengan rata-rata keluhan penurunan omzet lebih dari 30%. 62,6% di antaranya optimis dapat bertahan lebih dari 1 tahun menghadapi krisis pandemi.

Digitalisasi UMKM Jadi Kunci Bertahan Selama Pandemi

RUN System

Komisaris RUN System, Kenneth Li mengatakan bila pelaku usaha telah melakukan beragam usaha dengan memanfaatkan platform yang ada. Termasuk menambah saluran pemasaran dan migrasi ke kanal digital agar bisnis tetap berjalan. Mengingat kondisi pandemi yang tak kunjung reda.

Tentunya, kondisi tersebut belum ideal, mengingat pemerintah masih berhadapan dengan dua tantangan sulit, yaitu penanganan pandemi COVID-19 serta upaya pemulihan ekonomi yang menjadi dampaknya. Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, Indonesia sudah berada dalam kondisi resesi ekonomi sejak kuartal II 2020.

Kenneth menambahkan, upaya digitalisasi lain yang bisa dilakukan UMKM adalah digitalisasi arus kas, manajemen dan inventori. “Dengan demikian, pelaku usaha dapat berfokus kepada inti bisnis mereka dan membuat strategi yang relevan untuk bisnisnya,” jelas Kenneth melalui sebuah rilis yang diterima Gizmologi (9/8).

Penerapan solusi Enterprise Resource Planning (ERP) dinilai Kenneth dapat menjadi salah satu alternatif digitalisasi UMKM saat ini. Di mana solusi yang sama juga umum digunakan oleh perusahaan berskala besar. ERP sendiri merupakan sekumpulan perangkat lunak yang berperan mengintegrasi dan otomasi proses bisnis yang ada dalam lingkup perusahaan.

RUN System Tawarkan Solusi ERP Sederhana Bagi UMKM

RUN System

Dengan memanfaatkan sistem ERP, pelaku bisnis termasuk UMKM bisa menghemat waktu dalam mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan menafsirkan data dari banyak aktivitas bisnis. Termasuk keuangan, sumber daya manusia, pengadaan, distribusi dan departemen lainnya.

RUN System sendiri memberikan contoh penerapan solusi ERP sederhana yang dapat diadopsi oleh UMKM. Yaitu iKAS, sebuah produk aplikasi point of sales (POS) rancangan RUN System untuk bantu pengusaha kelola bisnisnya secara lebih mudah.

“Dengan adopsi sistem yang sifatnya scaled down dan terkustomisasi, UMKM bisa mendapat manfaat dari sistem ERP sederhana RUN System yang memungkinkan bisnis mereka untuk terus bertahan tanpa transaksi tatap muka,” tambah Kenneth.

RUN System sendiri merupakan startup asal Indonesia yang tawarkan beragam modul ERP, baik untuk perusahaan skala besar, menengah dan kecil serta pelaku UMKM. Didirikan pada tahun 2014 di Yogyakarta, ditawarkan biaya bulanan yang terjangkau serta tampilan antarmuka yang mudah dioperasikan.

Tinggalkan komen