Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Bocorkan Jadwal Rilis Galaxy S21 Series, Meluncur 14 Januari

1 1.165

Semakin dekat dengan awal tahun 2021, semakin banyak pula rumor bermunculan terkait flagship terbaru Samsung. Setelah Galaxy Note20 Ultra, giliran Samsung Galaxy S21 series yang bakal hadir mengisi kuartal pertama tahun depan, hadir sebagai suksesor flagship awal tahun mereka. Kabarnya, tahun depan bakal hadir lebih cepat dari biasanya.

Setelah foto render bermunculan, kali ini beberapa spesifikasi bahkan sampai tanggal perilisannya pun telah diketahui. Bukan sekadar rumor atau bocoran dari sumber yang tepercaya, malah dari salah satu pihak Samsung sendiri. Seperti biasa, masa pre-ordernya bakal diadakan tak lama setelah Galaxy S21 series diperkenalkan secara global.

Dari informasi yang beredar sebelumnya, Samsung bakal hadirkan Galaxy S21 series dalam tiga varian; Galaxy S21, Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra. Untuk tanggal peluncurannya sendiri, Android Authority berhasil dapatkan informasi eksklusif ini, langsung dari Samsung Experience Store terbesar di Indonesia. Tak lama setelah tahun baru, bahkan sudah bisa melakukan pemesanan mulai sekarang.

Baca juga: Inilah Jadwal Pembaruan One UI 3.0 untuk Smartphone Samsung

Galaxy S21 Series Hadir di India Akhir Januari

Samsung Galaxy S21
Samsung Galaxy S21

Dari informasi yang didapat oleh Android Authority, Samsung akan memperkenalkan smartphone flagship terbaiknya di tanggal 14 Januari mendatang. Setelah diperkenalkan secara global, Samsung Galaxy S21 series bakal mulai dijual pada akhir bulan Januari, tepatnya di tanggal 29. Stoknya sendiri baru sampai di India satu minggu lepas perkenalan global.

Konsumen di India bisa melakukan blind pre-order dengan membayar INR2,000 bila menginginkan pengiriman dan ketersediaan tercepat. Selain itu, pihak Samsung Store juga mengonfirmasi spesifikasi yang telah beredar saat ini, mulai dari varian warna sampai spesifikasi kamera beserta prosesor. Pilihan warnanya berbeda dari Galaxy S20 series.

Samsung Galaxy S21 Plus
Samsung Galaxy S21 Plus

Untuk Samsung Galaxy S21, bakal ada opsi warna gray, pink, purple dan white. Sementara Galaxy S21 Plus gantikan warna gray dan white menjadi silver dan black. Dan dua warna tersebut menjadi dua pilihan warna dari Galaxy S21 Ultra, seperti yang sudah bisa dilihat dari foto-foto render sebelumnya. Desain kameranya terlihat sangat berbeda, dibuat menyatu hingga sudut bodi belakangnya.

Bakal Gunakan Chipset Exynos 2100

Samsung Galaxy S21 Ultra
Samsung Galaxy S21 Ultra

Pada bagian kamera, yang dikonfirmasi adalah penggunaan sensor 108MP di Galaxy S21 Ultra. Sensor tersebut bakal ditemani oleh dua sensor 10MP, di mana salah satunya bakal mendukung pembesaran optik hingga 10 kali. Samsung berikan laser autofocus, untuk hilangkan isu fokus yang cukup mengganggu di Galaxy S20 Ultra.

Sementara sensor keempat belum disebutkan, meski rumor sebelumnya sebutkan bila bakal menjadi sensor 12MP ultra wide-angle. Dan untuk seluruh unit Samsung Galaxy S21, Samsung Store di India mengonfirmasi bila ketiganya bakal gunakan chipset Exynos 2100. Bukan Snapdragon 888 yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu. Kemungkinan besar, situasinya bakal sama seperti di Indonesia.