alexa

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 888, Chipset Smartphone Flagship 2021

Setiap tahunnya, Qualcomm rutin mengadakan sebuah acara di mana diperkenalkan beragam teknologi terbarunya, yang bakal digunakan di produk-produk elektronik mendatang. Namun Snapdragon Tech Summit kali ini berbeda, karena sepenuhnya diadakan secara digital. Dalam acara tersebut, Snapdragon 888 diresmikan.

Ya, Qualcomm gunakan format penamaan yang berbeda untuk prosesor terbaiknya tersebut. Bukan Snapdraon 875, melainkan langsung lompat menggunakan angka triple 8. Selama ini, Qualcomm selalu fokus untuk berikan teknologi yang paling mutakhir untuk smartphone. Baru kemudian ke keluarga perangkat dan teknologi lainnya seperti PC, cloud AI serta banyak lagi.

Dirasa menjadi salah satu produk yang paling penting, untuk itulah Snapdragon 888 diperkenalkan lebih dulu di hari pertama gelaran Snapdragon Tech Summit Digital 2020. Spesifikasi lengkap nan detilnya memang belum ada, namun Lekka Motiwala, direktur untuk manajemen produk di Qualcomm Technologies, Inc. mencoba untuk jelaskan beragam fitur yang dibawa.
Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 750G, Chipset Smartphone 5G dengan Gaming HDR & AI

Peningkatan GPU Paling Signifikan di Snapdragon 888

Snapdragon 888

Snapdragon 888 bakal hadir dengan modem 5G generasi ketiga, yaitu Qualcomm Snapdragon X60 5G dengan sistem modem RF. Modem tersebut bakal mendukung seluruh jaringan utama yang butuhkan frekuensi mmWave dan sub-6. Termasuk dukungan lainnya seperti 5G carrier aggregation, multi-SIM global, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Bagi para penggemar mobile gamer, bakal wajib untuk meng-upgrade smartphone-nya kelak Snapdragon 888 sudah dirilis. Pasalnya, Qualcomm mengklaim bila peningkatan pada sektor GPU-nya menjadi yang paling signifikan. Gunakan cip Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga, Qualcomm bakal berikan pengalaman main game dengan framerate mencapai 144Hz. Plus driver GPU yang bisa diperbarui di kemudian hari, layaknya driver GPU pada perangkat PC.

Sementara untuk penggemar dunia fotografi, Qualcomm Spectra ISP yang diusung di Snapdragon 888 juga punya kecepatan gigapiksel yang lebih kencang. ISP ini mendukung fotografi komputasi pada smartphone. Dengan 2,7 gigapiksel tiap detik, maka artinya cip ini bisa tangkap 120 foto resolusi 12MP dalam satu detik, alias 35% meningkat dari generasi sebelumnya.

Bakal Hadir di Flagship Xiaomi dan 11 Merk Lainnya

Snapdragon 888

Pada kesempatan yang sama, turut hadir salah satu petinggi dari brand elektronik yang smartphone-nya bakal jadi salah satu yang pertama gunakan chipset terbaru Qualcomm ini. Ia menyatakan kesiapannya untuk gunakan cip tersebut di flagship terbarunya, yaitu Xiaomi Mi 11. Belum ada informasi lain mengenai perkiraan rilis, desain sampai harganya.

Selain Xiaomi, Qualcomm juga menginformasikan beberapa brand yang dipastikan bakal menjalankan Qualcomm Snapdragon 888. Lengkapnya yaitu ASUS, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, OPPO, Sharp, vivo, Xiaomi dan ZTE.

Ya, menariknya dalam list jenama (brand) di atas, Samsung tidak masuk ke dalam satu dari 14 nama yang dirilis. Ada kemungkinan bila tahun depan mereka bakal sepenuhnya gunakan prosesor Exynos buatan sendiri. Jadi gimana, adakah brand smartphone favorit Gizmo friends yang masuk menjadi salah satu pertama gunakan Snapdragon 888?

Tunjukkan Komen (3)