Samsung Galaxy A32 4G Hadir dengan Layar AMOLED 90Hz & Chipset Helio G80

Sampai saat ini, Samsung Indonesia belum juga kunjung merilis penyegaran untuk smartphone lini Galaxy A series mereka. Justru seri flagship-nya, Galaxy S21 5G sudah rilis lebih dulu. Padahal, di luar negeri sudah dimulai, di mana yang terbaru adalah Samsung Galaxy A32 4G.

Ya, varian 5G dari Samsung Galaxy A32 ini sendiri sudah diresmikan sejak 14 Januari lalu. Bukan di Indonesia, ya, melainkan wilayah Eropa lebih dulu. Nah, ternyata Samsung masih bakal rilis seri yang sama dengan dukungan jaringan 4G saja. Otomatis, chipset-nya dibuat sedikit berbeda, termasuk pada Galaxy A32 4G ini.

Hadir pertama kali di Rusia, Samsung Galaxy A32 4G masih menggunakan chipset dari MediaTek. Meski tak mendukung 5G, Samsung justru berikan beberapa peningkatan yang bisa dibilang penting. Pasalnya, spesifikasi layar serta kameranya ditingkatkan. Bakal terasa lebih menggiurkan terutama di negara yang belum sepenuhnya mendukung jaringan tersebut.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy M02, Andalkan Baterai Besar Harga Sejutaan

Galaxy A32 4G Gunakan Layar AMOLED, Kamera Lebih Baik

Samsung Galaxy A32 4G

Secara tampilan memang sama persis, miliki setup empat sensor kamera belakang yang dibuat rata dengan bodi belakangnya. Dengan begitu, smartphone ini bisa diletakkan di atas permukaan meja secara aman, tanpa perlu takut membuat modul kamera baret. Tak seperti A32 5G, sensor sidik jari tidak ditemukan di sisi samping kanan bodi smartphone.

Hal tersebut karena layar berjenis Infinity-U yang diusung Galaxy A32 4G, sudah gunakan panel Super AMOLED dengan dukungan refresh rate 90Hz. Berdimensi 6,4 ini, layar tersebut juga punya resolusi yang lebih tinggi di full HD+. Sehingga sensor sidik jarinya berada di balik layar, terlindungi oleh proteksi Corning Gorilla Glass 5.

Kamera depan yang diletakkan di dalam notch punya resolusi cukup tinggi di 20MP f/2.2, tanpa autofokus. Sementara di bagian belakang, sensor utama Galaxy A32 4G ditingkatkan secara besaran resolusi, kini menjadi 64MP. Sementara tiga sensor lain yang menemaninya masih sama persis; 8MP ultra wide-angle serta 5MP untuk depth dan macro.

Perbedaan utama lainnya adalah penggunaan chipset MediaTek Helio G80, dari varian 5G yang menggunakan seri Dimensity 720. Helio G80 sendiri diluncurkan sebagai cip khusus smartphone gaming kelas entri hingga menengah. Umurnya sudah satu tahun, dan sudah gunakan proses fabrikasi 12nm.

Sisanya masih sama. Galaxy A32 4G punya baterai besar 5,000 mAh yang mendukung fast charging. Meski mungkin 15W saat ini dirasa kurang, mengingat banyak smartphone kelas entri kini sudah mendukung pengisian cepat 18W. namun setidaknya, port yang digunakan sudah berjenis USB C.

Harga Samsung Galaxy A32 4G di Rusia

Galaxy A32 4G

Denagn bobot hanya 184 gram dan ketebalan 8,4mm, Samsung berikan total empat opsi warna yang bisa dipilih oleh konsumen; Awesome Violet, Awesome Black, Awesome Blue & Awesome White. Tentunya, ketersediaan opsi warna bakal bergantung dengan daerah masing-masing.

Di Rusia, Galaxy A32 4G hadir dalam dua opsi penyimpanan internal dengan RAM 4GB. Varian termurahnya, 64GB dibanderol seharga RUB19,990 (Rp3,6 jutaan). Sementara versi 128GB sedikit lebih mahal di RUB21,990 (Rp4,2 jutaan). Belum ada informasi akan ketersediaannya di Indonesia, baik tanggal maupun varian mana yang tersedia secara resmi.

Tinggalkan komen