Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Tab Active 3, Tablet Tahan Banting dengan S Pen

0 2.917

Mundur ke tahun 2017, Samsung sempat merilis sebuah perangkat tablet yang sanggup digunakan di segala bentuk medan, punya daya tahan fisik yang tinggi untuk para pekerja lapangan. Yaitu Galaxy Tab Active 2, punya desain bodi yang dibuat rugged atau kuat, mirip dengan versi smartphone-nya.

Selang tiga tahun kemudian, generasi penerusnya hadir dengan beragam peningkatan dan spesifikasi yang lebih sesuai. Samsung Galaxy Tab Active 3 mengantongi sertifikasi militer, dirancang tahan air serta gunakan chipset yang sama dengan flagship Samsung rilisan 2018. Bukan untuk konsumen umum, perangkat ini hadir bagi mereka pekerja lapangan yang berada di area menantang.

Lewat sebuah rilis di situs resminya, KC Choi, EVP & Head of Global Mobile B2B Team, Mobile Communications Business, Samsung Electronics mengatakan bila mereka merilis Galaxy Tab Active 3 berdasarkan masukan dari para mitra dan konsumen, fokus untuk membuat produk yang lebih mudah untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

Keunggulan Samsung Galaxy Tab Active 3

Galaxy Tab Active 3

“Cara dunia berbisnis berubah dengan cepat saat kita menjauh dari kantor dan keluar ke lapangan. Galaxy Tab Active 3 tidak hanya lebih tahan lama, tetapi kinerjanya telah ditingkatkan untuk mendukung aplikasi terbaru, untuk produktivitas maksimum,” terang KC Choi.

Didesain untuk lingkungan yang lebih menantang, Samsung Galaxy Tab Active 3 kantongi standar MIL-STD 810H. Dengan case yang termasuk dalam paket pembelian, perangkat ini diklaim aman meski terjatuh dari ketinggian 1,5 meter (& 1,2 meter tanpa case). Dengan sertifikasi IP68, tablet Samsung yang satu ini juga tahan air dan debu.

Dimensi layarnya sendiri cukup kompak di 8 inci, dengan resolusi WUXGA 1200p. Belum AMOLED, masih gunakan panel PLS TFT LCD. Didesain kuat, Galaxy Tab Active 3 punya ketebalan capai 9,9mm, dengan bobot sekitar 420 gram baik untuk varian Wi-Fi dan LTE.

Dilengkapi sensor sidik jari serta fitur face unlock, Samsung gunakan chipset flagship lawas mereka, Galaxy S9, yaitu Samsung Exynos 9810 octa-core hingga clockspeed 2,7GHz. Chipset tersebut cukup bertenaga untuk jalankan fitur Samsung DeX untuk keperluan multitasking layaknya PC di monitor eksternal.

Dipasangkan dengan RAM 4GB, pilihan memori internal 64GB/128GB masih bisa ditambahkan dengan microSD hingga 1TB. Untuk mudahkan penggunaan, layarnya dapat diatur agar lebih sensitif, supaya masih bisa digunakan dengan sarung tangan. Stylus S Pen-nya juga bersertifikasi IP68, supaya bisa corat-coret di kondisi hujan sekalipun.

Untuk keamanan data, Galaxy Tab Active 3 juga bawa fitur Samsung Knox yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan administrasi IT perusahaan, mengatur program dan aplikasi apa saja yang ingin diadakan di perangkat karyawannya. Juga sudah mendukung mode ritel untuk penggunaan toko, dengan sensor NFC agar mudahkan proses pembayaran.

Disiapkan kamera 13MP di belakang dan kamera 5MP di depan, didesain cukup untuk scan dokumen serta video conference. Baterai 5,050 mAh pada perangkat ini bisa diisi dengan cepat lewat teknologi fast charging, maupun POGO pin dengan mode tanpa menggunakan baterai bawaan (untuk keperluan display/toko).

Ketersediaan Samsung Galaxy Tab Active 3

Samsung Galaxy Tab Active 3

Samsung Galaxy Tab Active 3 bakal mulai tersedia sejak hari ini (28/9) di beberapa negara tertentu, terutama di wilayah regional Eropa dan Asia. Belum ada informasi tepatnya negara-negara mana yang bakal dijadikan target penjualan, juga harga dari perangkat ini.

Namun mengacu pada produk-produk generasi sebelumnya, kecil kemungkinan perangkat ini akan dibawa ke Indonesia. Konsumen bisa memilih tablet lain seperti Samsung Galaxy Tab S7, atau Galaxy Tab A7 yang lebih terjangkau. Meski keduanya tidak didesain tahan banting.