Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Z Fold 2 Punya Layar Lebih Besar, Gunakan Ultra Thin Glass

1 5.955

Selain meluncurkan beberapa perangkat wearables dan smartphone Galaxy Note20 series terbarunya, Samsung juga telah menyiapkan sebuah perangkat smartphone lipat terbaru, menerus dari generasi Fold sebelumnya. Perangkat yang satu ini berbeda dengan seri Galaxy Z Flip 5G, yang ternyata sudah diresmikan lebih dulu beberapa waktu sebelum Galaxy Unpacked, membawa pembaruan minor.

Kalau seri sebelumnya dinamakan Galaxy Fold, kini penerusnya hadir dengan nama Samsung Galaxy Z Fold 2. Mungkin supaya penamaan perangkat smartphone lipatnya menjadi lebih senada dengan seri Z Flip. Jika dilihat dari tampilan luarnya, Galaxy Z Fold 2 terlihat jauh lebih sleek dari generasi sebelumnya, yang mungkin bagi sebagian orang nampak seperti produk purwarupa.

Yah, namanya juga perangkat generasi pertama. Dalam peluncurannya, Galaxy Fold mendapatkan isu ketahanan layar yang cukup tinggi, sehingga pengiriman produk harus dimundurkan berbulan-bulan lamanya. Lewat Galaxy Z Fold 2, Samsung tak hanya perbaiki daya tahan layar beserta engselnya, namun juga meningkatkan kualitas layar baik bagian dalam maupun luar.

Baca juga: Samsung Galaxy Note20 Series Diresmikan dengan S-Pen dan Kamera Baru

Layar Galaxy Z Fold 2 Diperbesar dan Diperkuat

Samsung Galaxy Z Fold 2

Dalam Galaxy Unpacked, Samsung menginformasikan jika perangkat ini akan diperkenalkan secara menyeluruh bulan September mendatang. Sementara itu, mereka hanya fokus memberikan informasi mengenai tampilan serta sedikit spesifikasi yang dibawa.

Dari luar, Galaxy Z Fold 2 mengusung desain kamera serupa Galaxy Note20, dengan tampilan layar luar yang jauh lebih besar. Smartphone lipat ini hadir dalam dua varian warna (Mystic Bronze & Mystic Black), serta bagian penutup lipatan (hinge) yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan pengguna.

Layar luarnya kini berdimensi 6,2 inci, gunakan desain Infinity-O lengkap dengan kamera punch-hole. Sebagai pembanding, generasi sebelumnya hanya dilengkapi layar 4,6 inci saja. Ketika dibuka, layar di dalamnya juga sedikit lebih besar di 7,6 inci, gunakan panel Dynamic AMOLED 2X yang mendukung refresh rate 120Hz. Kedua layar sudah mendukung konten HDR10+.

Layar Galaxy Z Fold 2

Bagaimana dengan daya tahannya? Kali ini, Galaxy Z Fold 2 sudah menggunakan lapisan Ultra Thin Glass (UTG) seperti pada Galaxy Z Flip, sehingga daya tahannya tentu sudah meningkat. Gunakan kombinasi material kaca dan metal, ketebalannya berhasil direduksi menjadi 6mm, dengan gap yang lebih tipis ketika sedang terlipat.

Untuk sistem hinge-nya sendiri, Samsung gunakan teknologi dimana terdapat fiber elastis di dalamnya, yang dapat membersihkan debu atau partikel kecil lain ketika dibuka dan ditutup. Mendukung “Flex Mode” seperti Z Flip, perangkat ini dapat dibuka 90 derajat untuk beragam mode penggunaan.

Spesifikasi Lain Galaxy Z Fold 2 Dibocorkan Oleh XDA

Galaxy Z Fold 2

Hanya itu saja yang Samsung informasikan pada acara Galaxy Unpacked 2020, selain rencana untuk merilis Galaxy Z Fold 2 dalam edisi Thom Browne. Namun XDA Developers telah menyebutkan spesifikasi lainnya. Sebut saja penggunaan chipset Snapdragon 865, RAM 12GB LPDDR5 serta penyimpanan 256GB.

Kamera belakangnya sama-sama miliki sensor 12MP, masing-masing dengan OIS f/1.8, ultra-wide f/2.2, serta telefoto 2x optical zoom f/2.4. Sementara di masing-masing layar terdapat kamera 10MP f/2.2 fixed focus. Kapasitas baterainya 4,500 mAh, mendukung 25W fast charging dan 11W wireless charging.

Kurang lebih satu bulan lagi untuk mengetahui detil termasuk harga jual dari perangkat lipat premium dari Samsung yang satu ini. Beberapa pengamat maupun penggemar teknologi memperkirakan harganya bakal mencapai USD2,199, atau sekitar Rp32 juta, mengingat peningkatan yang dibawa cukup banyak.