Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Odyssey G9, Monitor Gaming Canggih dengan Layar Lengkung 1000R

0 1.734

Bermain gim sudah menjadi kebutuhan sehari-hari sebagian masyarakat, terutama dalam masa pandemi untuk mensiasati rasa bosan. Untuk pemain gim kasual, mungkin sudah terpuaskan dengan menggunakan smartphone. Namun bagi yang menginginkan pengalaman lebih imersif, mereka membutuhkan perangkat keras yang memadai. Selain dari perangkat olah grafis seperti CPU, monitor juga tak kalah penting untuk tampilkan visual yang optimal.

Sebagai pemimpin di bidan teknologi, Samsung terus hadirkan inovasi untuk penuhi kebutuhan konsumennya, termasuk para gamers di Indonesia. Kemarin (24/7), Samsung resmi meluncurkan Gaming Monitor Samsung Odyssey G9. Ini adalah monitor khusus gaming pertama di dunia yang hadir dengan lengkungan layar 1000R.

Baca juga: Samsung Super Smart TV 2020 Tawarkan Fungsi Hiburan & Produktivitas

Samsung Odyssey G9 Hadir Untuk Para Gamer Indonesia

Samsung Odyssey G9

Dalam sebuah acara perilisan daring, Ellya, Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia membuka acara dengan menyampaikan pasar industri gim yang cukup besar termasuk di Indonesia. Ia memaparkan, sebanyak 21% pengguna internet bermain gim di PC sepanjang tahun 2020. Indonesia sebagai salah satu market terbesar di Asia Tenggara telah hasilkan pendapatan hingga USD 1,1 milyar pada tahun 2019.

“Semuanya berkompetisi dan berambisi untuk menang, mengharapkan keunggulan teknologi paling maju, mesin game sempurna dengan semua kemampuan yang diinginkan para gamer. Harapan inilah yang dijawab Samsung melalui Odyssey G9, gaming monitor dengan ukuran layar 49 inci yang tawarkan kenyamanan sudut pandang yang luas, lengkungan layar 1000R yang menciptakan pengalaman bermain yang imersif, disertai refresh rate hingga 240Hz dan kualitas gambar sempurna pada resolusi DQHD,” jelas Ellya.

Monitor Samsung Odyssey G9 49” ini juga hadirkan waktu respon yang sangat minim, hanya 1ms. Layarnya sendiri dapat menghadirkan kualitas gambar QLED dalam rasio 32:9 Super Ultra-Wide, memperluas lingkup bidang pandang. Tingkat akurasi warnanya juga cukup tinggi, dengan palet DCI-P3 mencapai 95%.

Dalam peluncurannya, jika dihadirkan seorang pembalap kawakan yang belakangan lebih sering main gim untuk berlatih selama pandemi, yaitu Rifat Sungkar. Ia ditantang untuk mencoba bermain gim balap lewat monitor Samsung Odyssey G9. Ia mengatakan, selama pandemi, latihan balap mobil terus dilakukan setiap hari secara digital lewat gim.

Rifat mengapresiasi kualitas panel QLED yang dimiliki Samsung Odyssey G9. “Ini ditambah refresh rate hingga 240hz yang begitu istimewa karena meminimalisir jeda gambar dan gerakan kabur sehingga visual game lebih halus, sangat mempengaruhi refleks dan pengambilan keputusan sepersekian detik yang menentukan kemenangan atau kekalahan, apalagi untuk game yang penuh dengan karakter bervariasi dan grafik yang intens seperti game balap. Samsung Odyssey G9 memiliki spesifikasi dan desain ekstrim yang diimpikan semua gamer, sebuah perangkat unggul yang berikan janji kemenangan.”

Tidak hadir dalam warna gelap seperti perangkat gaming kebanyakan, eksterior Samsung Odyssey G9 miliki warna putih, didesain futuristic dengan Infinity Core Lightning. Lampu tersebut dapat memancarkan 52 warna berbeda dan lima opsi efek pencahayaan. Monitor ini juga dapat diputar, dimiringkan dan disesuaikan ketinggiannya.

Harga Samsung Odyssey G9 & G7

Samsung Odyssey G9

Lalu berapa harganya untuk sebuah monitor gaming Samsung yang canggih nan futuristik ini? Samsung Odyssey G9 bakal hadir bersama dengan seri G7 yang miliki dimensi 32” & 27”, masing-masing dijual seharga Rp24,999 juta, Rp13,499 juta & Rp11,999 juta.

Pada masa penjualan perdananya, Samsung membuka jalur pre-order dimana konsumen akan mendapatkan satu set aksesoris gaming senilai Rp6 juta. Tersedia mulai 1-14 Agustus 2020 mendatang, monitor ini dapat dibeli di took daring samsung.com/id serta official store di JD.id, Blibli, Shopee dan Bhinneka.