Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Transfer Data Lebih Cepat, Samsung Akan Bawa Quick Share ke Windows 10

0 26

Penggunan komputer Apple Mac dengan AirDrop dapat mengirimkan file dengan cepat ke iPhone. Bagaimana dengan Android? Samsung berencana meluncurkan tiga aplikasi yang nantinya dapat terhubung antara smartphone dan Windows 10 dengan mudah. Dari tiga aplikasi, terdapat nama Quick Share yang akan segera hadir.  Selain itu, dua aplikasi lain yaitu Samsung Free, dan Samsung O akan segera diluncurkan.

Perangkat Apple dapat mengirim file dari iPhone ke Mac atau sebaliknya dengan mudah melalui AirDrop. Sementara di Android, pengguna membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengirim data melalui aplikasi transfer file. Di samping itu, ada beberapa batasan berat dalam fitur ini. Setiap file hanya dibatasi pada 1 GB dan dapat mentransfer 2 GB per hari.

Menurut 9to5google.com, hampir serupa dengan penggunaan AirDrop, Samsung juga dapat menautkan data dan mengirim file antar perangkat. Pengiriman file dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan AirDrop, disebabkan karena perangkat yang terhubung adalah harus pengguna Apple.

Pengiriman File Dapat Dilakukan dengan Cepat Melalui Quick Share

Samsung Quick Share One
Ilustrasi Samsung Quick Share (mobiflip.de)

Memang saat ini, Google sedang mengerjakan aplikasi berbagi file sekitar untuk menggantikan Android Beam. Fitur tersebut akan diintegrasikan ke dalam Layanan Google Play dan akan bekerja secara offline. Jadi, ini tidak akan menjadi bagian dari Android itu sendiri dan akan membutuhkan ekosistem GMS (Google Mobile Services) untuk berfungsi. Selain itu, transfer data melalui Bluetooth yang kecepatannya cukup lambat.

Nah, Samsung Quick Share memungkinkan perangkat Galaxy untuk berbagi gambar, video, dan dokumen dengan cepat ke laptop Windows 10 dan komputer desktop. 

Ponsel sebelumnya harus sudah menggunakan user interface Samsung yaitu, One UI 2. Pengguna nantinya dapat berbagi konten melalui Wi-Fi Direct, Bluetooth, atau dengan perangkat yang didukung oleh platform SmartThings Samsung. melaporkan bahwa Quick Share sudah tersedia di beberapa perangkat Windows 10. 

Rencana Samsung Ke Depan

Menurut xda-developers, Samsung juga akan merilis Samsung Free untuk Windows 10. Aplikasi ini akan menawarkan akses acara TV, artikel berita, dan gim dalam sekali sentuh yang mudah diakses.

Misalnya, di bagian Samsung Free’s Watch, pengguna akan mendapatkan akses ke pilihan saluran TV dari Samsung TV Plus, layanan yang baru-baru ini diluncurkan di perangkat seluler. Pada bagian baca akan menampilkan berita utama terbaru dari berbagai sumber berita, sedangkan bagian mainkan akan menyertakan game gratis.

Sebelumnya, Samsung sudah merilis fitur Quick Share for Mobile bersama ponsel seri Galaxy S20. Seperti halnya AirDrop, Quick Share bisa mengirim berkas antar perangkat Galaxy melalui Wi-Fi secara peer-to-peer. Belum ada info pasti mengenai perilisan Fitur Quick Share yang akan ditambahkan Samsung ke Windows 10. Jika peluncuran ini cepat terealisasi, maka ini akan menjadi angin segar bagi pengguna Android.