Fitur Samsung RAM Plus Bakal Hadir Lewat Software Update ke Seri Lainnya

Jakarta, Gizmologi – Selain kapasitas RAM smartphone flagship yang kini bisa mencapai belasan gigabyte, kini tak sedikit vendor smartphone yang punya ‘siasat’ untuk perluas ukurannya jadi jauh lebih besar. Salah satunya Samsung, lewat sebuah fitur yang mereka sebut dengan “RAM Plus”.

Di Indonesia sendiri, fitur serupa dipopulerkan lebih dulu oleh OPPO lewat “RAM Expansion”. Dengan penamaan mirip, penjelasan mudahnya adalah mengambil kapasitas memori penyimpanan internal yang tidak terpakai sebagai virtual RAM. Supaya proses multitasking bisa lebih lancar, tak perlu khawatir bakal lemot ketika harus jalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.

Pada smartphone Samsung sendiri, fitur RAM Plus pertama kali ditemukan pada seri mid-range terbarunya, yaitu Galaxy A52s 5G. Lewat sebuah software update, RAM Plus dapat memperluas kapasitas RAM Galaxy A52s dari 8GB menjadi 12GB. Di mana 4GB dari kapasitas tersebut merupakan virtual memory, bisa dilihat pada menu Settings – Battery and device care – Memory.

Kehadiran RAM Plus di Galaxy A52s kemudian menghadirkan banyak tanya bagi pengguna seri smartphone Samsung lainnya. Pasalnya, RAM Expansion di smartphone OPPO juga dihadirkan ke seri yang sudah diluncurkan sebelumnya lewat pembaruan perangkat lunak, alias software update. Kabar baiknya, RAM Plus bakal hadir ke seri-seri terdahulu.

RAM Plus Hadir di Galaxy Z Fold 3 & A52 5G

Samsung RAM Plus
Tampilan fitur RAM Plus di Galaxy A52s 5G (Sumber: sammobile)

Dikutip dari SamMobile, RAM Plus baru saja dihadirkan ke seri mid-range lainnya yaitu Galaxy A52 5G (tanpa huruf “S” alias varian yang absen hadir secara resmi di Tanah Air). Selain itu, pengguna Galaxy Z Fold3 juga dikabarkan mendapat pembaruan perangkat lunak yang sama.

Sebagai informasi, Galaxy Z Fold3 sudah dilengkapi dengan RAM ekstra besar di 12GB. Sehingga ditambah dengan fitur RAM Plus, kapasitas totalnya bisa naik menjadi 16GB. Ya, memang, tak seperti RAM Expansion di OPPO, pengguna tidak bisa memilih seberapa besar ukurannya, terbatas di 4GB saja.

Sehingga meski Samsung tak umumkan secara resmi, bisa diasumsikan bila fitur ini juga bakal sambangi seri kelas menengah dan flagship lainnya. One UI 4 Beta berbasis Android 12 sendiri belum membawa fitur serupa, namun tidak berarti bakal absen di pembaruan versi berikutnya.

Mengikuti Langkah Vendor Lain Untuk Perluas RAM

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Tingkat keefektifan fitur RAM Plus pada smartphone Samsung sendiri masih dipertanyakan. Meski secara logika bisa buat proses multitasking lebih mulus, Android secara umum juga mempelajari kebiasaan penggunaan, dan menghemat konsumsi daya sesuai kebutuhan tiap orang.

Dengan begitu, aplikasi yang dirasa tak terlalu sering dibuka atau berjalan lama di belakang, bakal dihentikan untuk menghemat kinerja chipset. Yah setidaknya fitur tersebut bisa dimanfaatkan bagi kamu yang membeli smartphone Samsung memori besar. Memiliki kapasitas penyimpanan 128GB ke atas, misalnya.

Selain Samsung, vivo juga terapkan sistem penambahan virtual RAM serupa, alias tidak bisa ditentukan kapasitasnya sesuai kehendak. Sementara OPPO dengan Reno6 series bisa menentukan kapasitas penyimpanan yang ingin ditambahkan. Mulai dari 3GB sampai 7GB (khusus di OPPO Reno6 Pro 5G), sehingga kapasitas total bisa menjadi 19GB.

Tinggalkan komen