Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

SHAREit Kembali Masuk Daftar 10 Aplikasi Terbaik Indonesia 2020

1 640

Dikenal sebagai aplikasi yang bisa berikirim file secara cepat antar smartphone, aplikasi SHAREit kini telah berkembang menjadi sebuah platform penyedia konten digital global. Dengan banyaknya jumlah pengguna serta unduhan, aplikasi ini berhasil pertahankan posisinya di 10 aplikasi terbaik yang paling banyak diunduh di Indonesia.

Ya, ini adalah tahun ketiga bagi SHAREit, berhasil pertahankan posisinya dalam jajaran yang cukup bergengsi tersebut. Meski saat ini persaingan pasar aplikasi mobile tengah semakin ketat, terutama seiring dengan adanya pandemi yang sudah hadir sejak awal tahun 2020 kemarin. Di mana lebih banyak pengguna smartphone yang mencari hiburan dengan mengunduh aplikasi.

Menurut laporan State of Mobile 2021 yang dirilis oleh firma riset AppAnnie, SHAREit masih menempati peringkat ke-10 sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh, sepanjang tahun 2020. Informasi tersebut mengukuhkan posisi SHAREit di antara 6,32 milir jumlah unduhan aplikasi di Tanah Air.

Baca juga: SHAREit: Tren Konsumsi Konten Digital Meroket Sepanjang 2020

Pandemi Mengubah Kebiasaan Masyarakat Akses Aplikasi Mobile

Aat Pangestu Hadi - SHAREit
Aat Pangestu Hadi, Country Sales Director, SHAREit Indonesia.

Aat Pangestu Hadi, Country Sales Director SHAREit Indonesia mengatakan pihaknya telah memetik pelajaran bila pandemi dan pembatasan sosial telah mengubah cara masyarakat dalam mengkonsumsi perangkat mobile. “Pengguna kami di Indonesia yang aktif menggunakan fitur file transfer juga memiliki ketertarikan terhadap konten, yang kini tersedia di platform SHAREit,” tambahnya lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (27/1).

Informasi lain yang juga bisa didapat dari laporan rilisan AppAnnie, sebutkan bila adanya pandemi telah percepat adopsi aplikasi mobile, hingga 2 – 3 tahun lebih cepat di banyak negara berkembang. Secara global, tercatat 218 miliar unduhan aplikasi di tahun 2020 sendiri, naik 7% year-on-year (YoY).

Sementara dari laporan lain oleh Google, Temasek dan Bain & Co menunjukkan bila 1 dari 3 orang telah mencoba layanan digital baru karena terjadinya pandemi, dan 94% dari mereka berniat untuk melanjutkan kebiasaan baru tersebut. Hal serupa juga tercermin dari laporan State of Mobile 2021 milik AppAnnie, sebutkan rata-rata orang Indonesia habiskan waktu 4,4 jam per hari dengan smartphone mereka.

Namun di 2020, durasi rata-rata meningkat menjadi 5,2 jam di tahun 2020, alias lebih tinggi dari rerata global yaitu 4,2 jam per user setiap harinya. Dengan jumlah 1,8 miliar pengguna global dan lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan, SHAREit punya visi untuk hadirkan kesetaraan akses terhadap konten digital di seluruh dunia.

SHAREit Bakal Perkuat Bisnis Secara Global

SHAREit

Indonesia sendiri termasuk salah satu negara dengan basis pengguna terbesar bagi SHAREit, dan pihaknya telah habiskan banyak waktu serta investasi untuk pelajari kebutuhan konten dan konsumsi pengguna lokal. Hal tersebut agar mereka dapat menyesuaikan dengan budaya dan kebiasaan pengguna pasar.

SHAREit akan berkomitmen untuk hadir sebagai aplikasi tepercaya yang bisa berikan konten berkualitas, serta hiburan yang beragam seperti video dan gim. Mereka percaya bahwa konten digital dapat diakses oleh semua orang, dan akan berdedikasi untuk bangun platform konten berkualitas tinggi. Guna hubungkan pengguna dan konten, tak hanya di Indonesia, namun juga secara global.

Ke depannya, SHAREit bakal perluas bisnis di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, Afrika Selatan, Rusia dan pasar negara berkembang lainnya. Tim global juga akan diperkuat demi hadirkan layanan terbaik bagi para pengguna, dan menyuguhi mereka dengan teknologi inovatif.