Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Grab Ventures Velocity Bimbing 5 Startup, Berdayakan UKM Selama Pandemi

0 212

Sebagai salah satu aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia, Grab mengumumkan jika telah memilih lima finalis startup dalam program Grab Ventures Velocity Angkatan 3. Grab memfokuskan program kali ini sesuai dengan pemerintah Indonesia, yaitu memperkuat dukungan terhadap sektor UKM. Hal tersebut diharapkan dapat membuat para pengusaha UKM untuk bangkit dengan ketahanan yang lebih baik pasca pandemi.

GVV adalah sebuah program scale up dari Grab yang bertujuan untuk tingkatkan kualitas startup tanah air, lewat pemberian bimbingan serta akses pasar, dorong ekonomi digital yang juga termasuk sebagai upaya pemerintah. Sebelumnya, program GVV telah dorong pertumbuhan 15 startup yang menjadi solusi bagi tantangan yang dihadapi konsumen sehari-hari melalui teknologi. Hingga Maret 2020 kemarin, lulusan Grab Ventures Velocity telah berdayakan lebih dari 117 ribu pengusaha mikro.

Baca juga: GrabFood Salurkan Bantuan ke Tenaga Medis dan Mitra Pengemudi

Grab Ventures Velocity Angkatan 3 Ubah Fokus Utama

konferensi virtual grab velocity ventures

Kurang lebih 80% startup di Asia & 60% usaha kuliner di Indonesia telah terkena dampak negatif dari pandemi Covid-19 saat ini. Kondisi tersebut jadikan Grab Ventures Velocity untuk sesuaikan fokus ke satu jalur, yaitu Program Dukungan Usaha Kuliner dari tema besar “Memberdayakan Pengusaha Mikro”. Grab telah memilih startup yang dapat mendukung operasional usaha kuliner dan membantu mereka dalam mempertahankan bisnisnya dengan teknologi. Telah dipilih lima startup dimana keempatnya berasal dari Indonesia, dan satu startup dari Singapura.

Melalui konferensi pers virtual, Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI mengatakaan jika UKM adalah salah satu sektor dengan dampak terbesar dari pandemi. Dan untuk membantu keberlangsungan UKM sudah menjadi salah satu fokus utamanya. Ia berharap finalis GVV Angkatan 3 dapat memberikan solusi digital bagi para UKM, terutama di bidang kuliner.

Berikut adalah daftar startup yang terpilih dalam Grab Ventures Velocity Angkatan 3:

  • Luna POS sediakan solusi kasir, manajemen inventaris dan akunting berbasis cloud. Solusi ini diharapkan dapat bantu usaha kuliner untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk pekerjaan administrasi, dan fokus pada inti bisnis.
  • KliknClean memberikan solusi pembersihan total untuk usaha kuliner, termasuk menggunakan desinfektan, pengendalian hama dan fogging untuk cegah penyebaran virus atau bakteri.
  • Printerous berikan solusi percetakan dan juga pengepakan bisnis makanan dan minuman, serta membuat desain khusus untuk perkuat upaya branding seperti kemasan, menu dan lainnya.
  • GetCraft dapat menghubungkan kreator seperti influencer, fotografer atau penulis dengan usaha kuliner yang ingin membuat strategi pemasaran serta mempromosikanya. Juga berikan akses ke artikel, webinar dan riset terbaru terkait strategi dan kampanye pemasaran terdepan.
  • Workmate sediakan solusi tenaga kerja digital, berikan usaha kuliner kemampuan untuk kelola sumber daya dan manajemen tenaga kerja sepenuhnya lewat satu platform.

lima startup terpilih grab ventures velocity angkatan 3Kelima startup yang telah terpilih akan memperoleh bimbingan untuk perkuat model bisnis di tengah masa pandemi. Mereka dapat menguji layanannya ke basis merchant GrabFood, dimana merchant yang tertarik bisa mendaftarkan dirinya kepada Grab yang kemudian disambungkan ke layanan dari startup tersebut.

Program akan berlangsung selama 16 minggu, baru setelahnya akan diadakan pitching kepada Grab. Startup yang berhasil akan dapatkan kesempatan untuk berkolaborasi bersama dalam bentuk kemitraan komersial dengan Grab.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia menambahkan, “kami berharap bahwa Grab Ventures Velocity Angkatan 3 juga dapat mempererat kerja sama kami dengan pihak pemerintah dan bersama-sama bangkit dari kondisi ini.”