Jakarta, Gizmologi – Sebagai penyedia solusi omnichannel commerce, Sirclo Group memulai langkah optimis di tahun 2023. Terlebih jelang satu dekade, solusi SIRCLO telah menjangkau beragam layanan menyeluruh bagi brand atau pemilik merek, distributor, pelaku usaha, hingga konsumen.
“Sembari melihat kilas balik perjalanan SIRCLO selama sepuluh tahun ke belakang, langkah strategis ini sekaligus menjadi momen perayaan akan evolusi bermakna yang sudah kami lalui,” ungkap Founder dan CEO SIRCLO Group Brian Marshal, Rabu (8/3/2023).
Berbekal layanan yang dihadirkan Sirclo Group, Brian menyampaikan ada beberapa dampak positif bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Tercatat omzet UMKM mengalami kenaikan jumlah transaksi hingga 150% dan mampu menghemat biaya operasional hingga 30% dibandingkan sebelum bergabung dengan Sirclo Group.
Secara dampak sosial ekonomi, konsumen Sirclo Store mampu mempercepat pemenuhan pesanan dua kali lipat. “15% dari seluruh UMKM dalam ekosistem Sirclo Group mampu membuka lapangan kerja. Kami juga menggelar pelatihan bagi UMKM untuk meningkatkam adaptasi digital.”
Ada pun ekosistem super SIRCLO kini dilengkapi dengan beragam solusi yang terbagi berdasarkan 4 (empat) jenis segmentasi pasar antara lain; layanan Sirclo Commerce dan Swift by Sirclo. Kemudian Sirclo Store yang berfokus pada pengembangan bisnis lokal berskala kecil dan menengah melalui toko online yang mampu terintegrasi dengan berbagai kanal penjualan daring.
Kedepannya, inovasi, strategi, dukungan serta sumber daya yang dikembangkan dalam perusahaan diharapkan dapat berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi Indonesia. “Hal ini dapat kami capai dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki dari masing-masing pelaku usaha melalui digitalisasi,” tambahnya.
Baca Juga: Sirclo Bantu Ribuan Pedagang di ITC Bisa Berjualan Online
Sirclo Group Sempat Diterpa Badai PHK

Badai PHK yang terjadi tahun lalu nyatanya masih berlanjut hingga sekarang. Hal tersebut juga dialami startup omnichannel commerce enabler hingga terpaksa melakukan PHK pada 8% jumlah karyawannya.
Saat itu, pemangkasan jumlah pegawai dilakukan dengan alasan untuk kebutuhan adaptasi karena kondisi makro ekonomi. “Sejauh kami bisa melihat ke depan, kami tidak punya rencana. Kami melakukan segala macam upaya agar tidak terjadi lagi,” ungkapnya.
Sirclo diketahui telah melakukan akuisisi beberapa startup. Mulai dari e-commerce produk ibu dan anak Orami, Warung Pintar hingga Bizzy. Tak menutup kemungkinan Sirclo, tetap membuka peluang melakukan aksi korporasi sesuai dengan kebutuhan konsumen.
“Memang sebenarnya aksi korporasi seharusnya bisa membesarkan, melebarkan sayap kapabilitas supaya ekosistem yang didukung makin mendapatkan manfaat. Klien Sirclo makin happy, terbantu,” ungkapnya.
Kini membawa slogan baru ‘Be The Future, Today’ jadi semangat baru SIRCLO Group untuk memberi lebih banyak dampak nyata baik untuk pemilik merek, pelaku usaha hingga konsumen. Kedepannya, inovasi, strategi, dukungan serta sumber daya yang dikembangkan dalam perusahaan diharapkan dapat berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi Indonesia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




