Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

SiriusXM Gelontorkan US$3,5 Miliar untuk Akuisisi Platform Musik Pandora

0 17

Telah menjalin kerjasama yang cukup lama akhirnya SiriusXM mengumumkan membeli firma penyedia layanan audio dan musik online, Pandora. Akuisisi Pandora santer diberitakan membuat SiriusXM menggelontorkan hingga US$3,5 miliar.

Dikutip dari gsmarena.com, sebelum akuisisi Pandora yang resmi diumumkan kemarin waktu AS, SiriusXM pernah menaruh investasi senilai US$480 miliar untuk Pandora. Rumor akuisisi Pandola oleh SiriusXM sendiri sudah mengemukaka sejak Juni 2018. Dengan akuisisi Pandora ini, SiriusXM percaya bahwa keduanya akan bisa menjadi perusahaan hiburan audio terbesar di dunia.

“Bersama, kami akan menghadirkan konten yang lebih baik lagi via radio ke pendengar kami yang setia dan pendengar baru di kedua platform ini (Pandora dan SiriusXM),” ungkap SiriusXM dalam keterangan di situsnya.

Akuisisi Pandora tidak mengubah banyak hal bagi pendengar kedua platform ini. Keduanya masih akan tetap menawarkan update dan konten baru melalui kanal yang mereka punyai selama ini.

Sebelum merger ini pun, SiriusXM merupakan investor Pandora. Foto oleh Twitter.com

Bagi SiriusXM sendiri, akuisisi Pandora merupakan transaksi yang menarik bagi perusahaan mereka sebab membuat keduanya sanggup memberikan konten yang lebih baik lagi.

Akuisisi Pandora ini pun, menurut SiriusXM, tidak akan mengubah apa pun perihal skema berlangganan bagi pendengar SiriusXM mau pun Pandora untuk saat ini. Perubahan konten pun belum akan ada perubahan menyusul akuisisi Pandora ini.

Bahkan, baik SiriusXM dan Pandora akan tetap menjalankan usaha mereka dengan tawaran konten ke pelanggan melalui kanal atau merk masing-masing. Penggabungan dua perusahaan audio ini diharapkan bisa menguntungkan bagi pendengar dan seniman sebab mewadahi keduanya menikmati layanan konten yang lebih menarik lagi.

Baca juga: BBC Sounds Hangatkan Persaingan Aplikasi Music Streaming, Sanggupkah Bertahan?

Tak pelak akusisi Pandora ini bakal meramaikan persaingan pasar layanan audio streaming yang bernilai sekitar US$30 miliar, yang didominasi oleh Spotify. The Wall Street Journal menulis pembelian Pandora ini akan membantu Sirius dalam memperluas bisnisnya di luar menawarkan audio satelit ke pemilik mobil, tempat dimana audio jenis ini didengarkan. Di lain pihak, merger dengan Pandora ini akan menguatkan cengkeraman firma ini agar bisa tetap bersaing melawan Spotify dan Apple Music.