Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jajaran Smart TV Samsung 2021 yang Semakin Canggih

0 6.317

Sebagai perangkat yang kini punya semakin banyak fungsi, Samsung terus meningkatkan kemampuan jajaran lini smart TV mereka. Berikan teknologi yang semakin canggih, tentunya dengan desain yang makin ke sini, makin mudah untuk digabungkan dengan interior rumah supaya lebih senada.

Mengawali bulan Maret 2021, Samsung baru saja mengadakan sebuah acara daring bertajuk “Samsung Virtual Unbox & Discover”. Bukan, bukan video unboxing seperti yang kami buat secara regular, melainkan lebih mempertunjukkan perkembangan dari masing-masing seri smart TV Samsung. Dan juga mengenalkan teknologi baru untuk tingkatkan produktivitas, cocok bagi mereka yang bekerja dari rumah.

James Fishler, Senior VP, Home Entertainment Division, Samsung Electronics Amerika mengatakan bila teknologi yang awalnya sekadar “nice to have”, kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan selama satu tahun terakhir. Hal tersebut karena rumah sudah memiliki banyak fungsi—sebagai kantor, sekolah, gym dan lebih banyak lagi.

“Peran televisi dalam kehidupan kita telah berkembang—dan pada tahun 2021, Samsung terus mendefinisikan ulang peran televisi di seputar kebutuhan dan passion konsumen,” tambah James. Menjadi produsen TV global nomor satu selama 15 tahun berturut-turut, kini Samsung hadirkan penyegaran di hampir semua lini smart TV-nya. Mulai dari The Frame hingga Neo QLED.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Samsung Multi Experience Store Dibuka di Senayan Park Mall

Unggulkan Seri Smart TV Micro LED dan Neo QLED

smart tv Samsung Neo QLED
Samsung Neo QLED

Kedua jenis smart TV dengan panel yang mutakhir ini sejatinya sudah diperkenalkan sejak awal Januari dulu, dan keduanya memiliki pendekatan yang berbeda. Samsung Neo QLED menggunakan lampu LED individual yang berukuran 1/40 kali ukuran konvensional. Sehingga bisa berikan kendali pencahayaan lebih baik, hitam lebih pekat, plus teknologi upscaling.

Hadir dalam ukuran mulai 50 hingga 85 inci serta opsi resolusi 8K, Samsung Neo QLED juga cocok untuk bermain gim, dengan response time 5,8ms dan refresh rate 120fps. TV Samsung telah menjadi partner Xbox Series X di Amerika Serikat, plus bekerja sama dengan AMD untuk kembangkan teknologi Freesync Premium Pro dan HDR untuk gaming.

Sementara untuk seri Micro LED sendiri sudah tersedia sejak 2018, dijuluki “The Wall” karena bisa dikonfigurasi hingga 292 inci. Namun pada tahun ini, Samsung hadirkan desain bezel tipis dengan ukuran maksimal 110 inci. Bawa fitur 4Vue untuk tonton empat konten berbeda secara bersamaan.

Perbarui Smart TV Samsung The Premiere & The Terrace

Pada waktu yang sama, selain dua seri di atas, Samsung juga unggulkan seri The Frame yang bisa di-mix and match dengan interior rumah. Televisi pintar Samsung satu ini bisa diberi bingkai, dan bakal menyerupai bingkai foto asli berkat ketebalannya yang hanya 24,9mm dan bisa tampilkan koleksi seni dari 1,400 seniman di dunia.

Samsung The Premiere

Sementara Samsung The Premiere hadir bagi mereka yang merindukan pengalaman nonton film di bioskop. Menjadi proyektor triple laser pertama dengan resolusi 4K, varian terbarunya punya bodi minimalis dengan sudut membulat dan lapisan kain. Agar lebih cocok dipadu padankan bersama obyek interior ruangan lainnya.

Ingin menonton acara favorit di luar ruangan? Samsung juga berikan solusi lewat The Terrace, smart TV yang memang dirancang untuk penggunaan outdoor. Perangkat ini dirancang tahan cuaca, punya sertifikasi IP55 sehingga terlindung dari cipratan air serta debu.

Samsung The Terrace TV

The Terrace menjadi smart TV Samsung yang cocok untuk diletakkan di taman belakang rumah, bahkan tetap aman meski diletakkan di dekat kolam renang sekalipun. Dan pada musim panas nanti, bakal ada varian baru yaitu “Full Sun” 75 inci. Varian tersebut dirancang untuk tahan dari terik sinar matahari langsung—sepertinya cocok untuk cuaca panas di ibukota.

Berikan Pilihan Untuk Produktivitas dan Bermain

Samsung Smart Monitor

Samsung juga menghadirkan sebuah “Smart Monitor” yang gabungkan kemampuan sebuah perangkat monitor dan TV. Kompabilitasnya sangat lebar, bisa tersambung lewat Wi-Fi, Bluetooth, Wireless DeX bahkan Apple AirPlay 2, sehingga konsumen bisa menonton serial favorit dari Apple TV ke smart TV milik Samsung ini.

Saat membutuhkan monitor kedua, tinggal sambungkan Smart Monitor ke perangkat seperti PC, Mac hingga smartphone sekalipun. Dan Ketika sedang ingin akses hiburan, pengguna hanya perlu menyalakan platform smart TV Samsung, dan menikmati konten layaknya TV canggih lainnya.

Selain monitor untuk segala keperluan, Samsung juga perbarui seri monitor gaming mereka, Odyssey G9 yang telah rilis tahun kemarin. Tahun ini, monitor tersebut bakal gunakan layar Quantum MiniLED, serta diberikan fitur-fitur gaming tambahan. Semakin memanjakan para gamer ditambah layar lengkung hingga 1000R.

Rilis Perangkat Home Theater dengan 3D Audio

Samsung Q Series soundbar

Untuk mengakomodir tampilan visual yang memukau, Samsung juga berikan pilihan perangkat home theatre dengan kualitas audio terbaik. Lewat lini Q Series 2021, perangkat audio tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi eksklusif Samsung, yang disebut dengan Q-Symphony.

Teknologi tersebut sinkronkan audio dari smart TV Samsung, berikan suara 3 dimensi yang disempurnakan. Soundbar-nya juga bakal mengukur lingkungan ruangan untuk proyeksikan audio ke arah yang dibutuhkan. Mendukung fitur Tap Sound untuk pindahkan musik dari smartphone ke soundbar dengan sekali ketuk, dan mendukung asisten suara Bixby.

Seluruh perangkat elektronik rumah terbaru dari Samsung ini bakal hadir secara bertahap sepanjang tahun 2021. Di Indonesia sendiri, konsumen dapat mencoba atau experience langsung masing-masing lini seri perangkat smart TV Samsung dengan mengunjungi Samsung Multi Experience Store yang ada di Senayan Park, Jakarta.

Tinggalkan komen