Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Spotify Mixes Hadir Berikan Rekomendasi Musik Personal ke Penggunanya

0 417

Sebagai salah satu metode untuk menghibur diri di kala pandemi, platform streaming musik kini lebih banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Spotify, sebagai salah satu penyedia, mencoba untuk berikan sentuhan yang lebih personal. Lewat fitur Spotify Mixes yang baru saja diluncurkan 31 Maret lalu.

Dibandingkan dengan platform lain sejenis, Spotify memang dikenal unggul dengan kumpulan playlist-nya yang lebih banyak dan terasa personal. Terutama playlist mingguan yang dibuat khusus memanfaatkan algoritma dari musik yang kita putar setiap harinya. Spotify Mixes dibuat untuk berikan pengalaman mendengarkan lagu yang lebih personal lagi, agar bisa temukan lagu dari artis lain.

Dalam sebuah rilis pada blog resminya, Gustav Soderstrom, Chief R&D Officer di Spotify menyebutkan bila saat ini telah ada 345 juta pengguna aktif yang mendapatkan playlist personal invididu. Sementara setiap harinya, ada setengah triliun aktivitas, mulai dari pencarian, sesi mendengar, atau pemberian like di Spotify.

Baca juga: Spotify Gulirkan Fitur Sortir Lagu Berdasarkan Mood & Genre

Spotify Mixes Merupakan Pengembangan Fitur Daily Mix

Spotify Mixes

Seluruh aktivitas tersebut tercatat dan dimanfaatkan oleh pihak internal untuk membangun sebuah sistem kecerdasan buatan berbasis machine learning. Tujuannya? Untuk berikan akurasi selera lagu, seperti yang dihadirkan lewat Spotify Mixes. “Ini memberi kami kemampuan untuk mendorong penemuan dengan cara yang belum pernah dilihat audio sebelumnya,” tambah Gustav.

Spotify Mixes adalah pengembangan dari playlist Daily Mix, di mana tiap harinya Spotify berikan enam playlist khusus yang masing-masing terdiri dari genre artist serupa. Lewat Spotify Mixes, pengguna bakal mendapatkan playlist lain dalam tiga kategori; artist mix, genre mix dan decade mix. Alias sesuai dengan artis favorit, genre favorit maupun kumpulan lagu di satu masa yang sama.

Pilhan tersebut dinilai Spotify sebagai penawaran yang lebih fokus dan personal untuk setiap penggunanya, berikan kesempatan kepada mereka untuk temukan lagu baru yang bakalan cocok, langsung dari smartphone. Setiap playlist atau mix dirancang atas kebiasaan kita mendengarkan lagu, artis, genre dan tahun rilis lagi yang didengar.

Tersedia Untuk Pengguna Gratisan & Premium

Spotify Mixes

Seperti personal mix lainnya, Spotify Mixes ini bakal diperbarui secara rutin, dan berkembang sesuai dengan musik yang kita dengar. Sehingga kalau dirasa masih belum akurat, yang perlu dilakukan hanyalah dengan menggunakannya untuk dengarkan lagu sesuai selera, agar dapat membangun machine learning milik Spotify.

Fitur ini sudah mulai digulirkan sejak akhir bulan lalu. Dan tak hanya untuk pengguna Premium, pengguna Spotify gratisan juga bisa menikmati Spotify Mixes. Untuk mengaksesnya, cukup dengan membuka aplikasi, lalu akan ditampilkan di halaman paling depan, bagian “Made For You”.

Selain itu, Spotify juga mengubah sedikit tampilan depan aplikasinya, dengan menambah sebuah pintasan baru yaitu “recently played”. Berada di sebelah tombol pengaturan, pengguna dapat melihat histori lagu atau playlist apa saja yang telah diputar saat-saat sebelumnya.

Tinggalkan komen