Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Qualcomm Snapdragon 678 Bawa Peningkatan Minor, Gunakan Modem LTE

0 3.212

Setelah umumkan chipset terbaiknya beberapa waktu lalu, perusahaan produsen chipset smartphone ternama, Qualcomm kali ini rilis cip untuk kelas menengah. Tak ditujukan untuk smartphone flagship, namun lebih ke kelas mid-range yang bahkan belum mendukung jaringan 5G. yaitu Qualcomm Snapdragon 678, penerus dari seri 675.

Snapdragon 678 adalah cip terbaru dari Qualcomm yang hadir di akhir tahun 2020, membawa beberapa pembaruan dari seri sebelumnya. Sebenarnya pembaruan tersebut tergolong minor, karena masih gunakan arsitektur CPU yang sama. Meski memang, Snapdragon 675 sudah bisa dibilang cukup bertenaga saat dirilis pada 2018 lalu, dan juga dikenal hemat daya.

“Kami diposisikan secara unik untuk mendukung OEM dalam hadirkan perangkat generasi berikutnya, dengan fitur dan kinerja sesuai permintaan,” kata Kedar Kondap, VP, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. dalam sebuah rilis pada situs resminya. Ia menambahkan, Snapdragon 678 hadir untuk berikan kemampuan yang cukup bagi kebutuhan hiburan sehari-hari.
Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 888, Chipset Smartphone Flagship 2021

Clock Speed CPU di Snapdragon 678 Ditingkatkan

Snapdragon 678

Tiga poin utama yang ditekankan adalah kecepatan, koneksi yang andal plus masa pakai baterai tahan lama. Qualcomm sendiri menjabarkan peningkatan performa yang dibawa oleh Snapdragon 678. Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, cip Qualcomm Kryo 460 CPU-nya kini punya clock speed yang lebih tinggi, mencapai 2,2GHz. Sementara kartu grafis Qualcomm Adreno 612-nya juga ditingkatkan (tanpa penjabaran lebih detil).

Sementara sisanya masih sama, membawa ISP Qualcomm Spectra 250L yang sama dari Snapdragon 675. Dengan begitu, Snapdragon 678 mendukung fitu Dynamic Photography & Videography, dimana dapat mendukung hingga tiga sensor 48MP dengan zero shutter lag. Ditambah AI Engine generasi ketiga yang bisa tingkatkan hasil foto low-light plus efek bokeh di mode potret.

Pabrikan smartphone yang gunakan chipset ini juga bisa hadirkan fitur kamera canggih lainnya seperti tambahan laser autofocus sampai 5x optical zoom. Dan untuk para mobile gamer, peningkatan clockspeed CPU serta GPU-nya diklaim bisa berikan visual dengan frame-rate tinggi, mendukung game engine seperti Unity, Messiah, NeoX dan Unreal Engine 4.

Snapdragon 678 Masih Gunakan Modem LTE

Snapdragon 678

Sama seperti sebelumnya, Snapdragon 678 masih gunakan modem Snapdragon X12 LTE, yang artinya belum mendukung jaringan 5G sama sekali. Meski begitu, modem ini sudah cukup kencang dalam hal kecepatan unduh dan unggah, masing-masing hingga 600 Mbps dan 150 Mbps. Mungkin tidak akan menjadi masalah di beberapa negara berkembang yang belum implementasi 5G.

Dalam hal fabrikasi juga tidak berubah. Namun lagi-lagi, Snapdragon 675 yang rilis 2018 lalu sudah cukup efisien daya berkat proses fabrikasi 11nm. Sehingga tak kaget bila Snapdragon 678 diklaim hemat daya. Di Indonesia sendiri, tak banyak smartphone yang pernah dirilis gunakan Snapdragon 675. Dari Samsung hanya satu yaitu Galaxy A70, sementara vivo produksi tiga smartphone dengan chipset serupa.

Masing-masing yaitu vivo V15 Pro, vivo V17 Pro dan vivo V19. Ketiganya sama-sama menggunakan Snapdragon 675, dan memiliki kemampuan kamera yang cukup baik di kelasnya. Belum ada informasi mengenai merek smartphone mana yang bakal implementasi cip terbaru Qualcomm ini untuk pertama kalinya, maupun informasi kapan mulai tersedia bagi mereka.