Sony Sudahi Fitur Pesan Online, Jadi Akhir Hayat PS Vita?

Keberadaan Playstation (PS) Vita, konsol handheld terakhir produksi Sony, sepertinya memang sudah tidak diharapkan lagi. Keputusan paling baru Sony untuk konsolnya tersebut ialah menyudahi fitur pesan online per 28 Juni 2021. Artinya, gamer yang memiliki PS Vita sudah tidak dapat menggunakan fitur tersebut di dalam konsol untuk berkomunikasi dengan gamer lain.

Akan tetapi Sony masih memberi kesempatan para gamer PS Vita untuk mengakses pesan yang sudah terkirim dalam sistem. Caranya dengan memanfaatkan fitur pesan yang justru terdapat di Playstation 4 dan Playstation 5, yang terdapat pada Playstation App. Kebijakan tersebut seolah menyiratkan bahwa Sony ingin gamer berhenti bermain lewat konsol handheld dan beralih ke konsol utama mereka.

Apa yang dilakukan Sony sebenarnya sudah diumumkan sejak awal tahun ini. Tepatnya pada bulan Maret 2021, ketika mereka mengumumkan untuk mengakhiri keberadaan fitur Playstation Communities. Langkah yang disambut kekecewaan dari gamer loyal konsol ini di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Rekomendasi 10 Judul Game untuk Dibeli Saat Steam Summer Sale 2021

Akses Library Game PS Vita Juga Disudahi

PS Vita
Scorge Bringer jadi judul game baru untuk PS Vita yang dibuat developer indie.

Menyudahi layanan pesan online sebagai salah satu fitur PS Vita bukan satu-satunya keputusan Sony. Mereka juga menghapus kesempatan gamer untuk mengakses layanan Game Library, Parties, Friends, Trophies, dan Profile Information di website MyPlaystation. Semua dibabat habis tanpa menyisakan kesempatan gamer untuk terus berada di platform tersebut.

MyPlaystation sendiri dibuat terpisah dari website utama Playstation. Dimana pengguna dapat mengatur informasi akun PSN mereka, trofi dan perpustakaan game. Dengan dihapusnya fitur tersebut, gamer jadi tidak dapat menemukan lagi menu aplikasi PS di website. Dan sama seperti fitur pesan, akses profil dan perpustakaan justru dapat dilakukan lewat PS4 dan PS5 ataupun Playstation App.

Lalu akankah ini tahun ini menjadi akhir hayat dari PS Vita? Belum tentu. Sebab nyatanya dukungan untuk melanjutkan perjalanan konsol handheld ini masih dilakukan. Komunitas gamer PS Vita tetap mengembangkan forum. Bahkan developer indie pun masih merilis game baru untuk konsol ini.

Hal yang cukup wajar, mengingat konsol handheld ini dianggap salah satu produk terbaik hingga kini. Berkat sajian visual ciamik dan daftar panjang game menarik. Di pasaran pun, harga unit bekasnya masih berada di atas Rp 2 jutaan.

Tinggalkan komen