Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei P40 Pro+ Bawa Dua Kamera Telefoto OIS 100x Zoom

0 4.222

Kalau tahun lalu Huawei hanya merilis tiga varian seri P30, di tahun 2020, Huawei memutuskan untuk menambah satu lagi produk flagship mereka. Selain Huawei P40 Lite yang sudah diperkenalkan beberapa pekan lalu, disusul P40 & P40 Pro, Huawei juga menghadirkan P40 Pro+, yang hadir dengan spesifikasi kamera lebih gahar.

Lewat Huawei P40 Pro+, Huawei tak hanya menghadirkan satu, namun dua kamera telefoto dengan kemampuan hingga 100x zoom, setara flagship Samsung, Galaxy S20 Ultra. Kecepatan pengisian daya nirkabelnya juga sangat cepat, setara dengan menggunakan kabel.
Baca juga: Huawei Indonesia Donasi Rp32 Miliar untuk Belajar Online Selama Pandemi COVID-19

Fitur Kamera Huawei P40 Pro+

Kamera Huawei P40

Menjadi varian termahal, Huawei P40 Pro+ punya lima kamera di sisi belakangnya, yang Huawei namakan Ultra Vision Leica Penta Camera. Kamera tersebut membawa SuperZoom Array yang belum pernah hadir pada seri flagship Huawei sebelumnya.

Sensor Ultra Vision utamanya beresolusi 50MP, yang merupakan sensor CMOS terbesar dari Huawei saat ini. Dimensinya 1/1.28 inci secara diagonal, lebih besar dari Galaxy S20 Ultra sekalipun dengan resolusi lebih tinggi. Sensor tersebut mendukung teknologi penggabungan piksel (pixel bining), hasilkan foto 12,5MP dengan ukuran piksel 2,44um. Full Pixel Octa PD autofocus mampu hasilkan fokus cepat dalam berbagai kondisi, sedangkan Huawei XD Fusion Engine mampu mengintegrasikan dan memproses data dari berbagai kamera Huawei P40 Pro+ saat pengambilan satu foto, hasilkan peningkatan kualitas gambar.

Arsitektur kamera periskop Huawei P40 Pro+

Berbagai produsen smartphone punya cara tersendiri untuk menghasilkan kualitas foto zoom yang tetap jelas. Huawei P40 Pro+ punya dua kamera untuk kebutuhan tersebut; kamera 8MP f/2.4 72mm (3x optical), dan 8MP f/4.4 240mm (10x optical) berjenis periskop. Desain persikop baru digunakan agar mampu mencerminkan cahaya 5 kali, untuk hasil foto lebih terang. Kedua kamera dilengkapi OIS, membuat P40 Pro+ punya total tiga kamera yang dilengkapi stabilisasi optikal, selain kamera utamanya. Dengan kombinasi kamera tersebut, P40 Pro+ punya kemampuan digital zoom hingga 100x, yang diklaim lebih baik dari kompetitornya.

Kamera keempat adalah ultra-wide, 40MP f/1.8 Cine Lens, dan yang terakhir merupakan kamera Time of Flight (ToF) untuk kebutuhan rekam jarak objek (depth sensor). AI Auto White Balance bekerja dengan sensor Multi-spectrum Color Temperature untuk meningkatkan akurasi warna hingga 45%.

Untuk perekaman video, sensor ultra-wide 40MP pada P40 Pro & P40 Pro+ memiliki dimensi 1/1.54 inci, dengan dukungan rasio 3:2. Teknologi penggabungan piksel, SedecimPixel Fusion 16:1 mampu hasilkan piksel super berukuran 4,48um dengan sensitivitas ISO sampai 51,200, memungkinkan pengambilan video 7680 fps ultra slow-motion. Selain efek bokeh real-time, kamera telefotonya juga bisa digunakan saat rekam video. Directional Audio Zoom hadir untuk memperjelas sumber suara objek yang diperbesar ketika sedang merekam lewat kamera Huawei P40 Pro+.

Huawei Golden Snap pada P40 series

Di sisi software, Huawei memberikan sebuah fitur baru yang menarik dan tersedia di seluruh lini P40 series, yaitu Huawei Golden Snap. Dibantu oleh kecerdasan buatan (AI), fitur ini mampu menghapus refleksi atau pantulan sinar kaca dalam gambar, menghapus objek yang tidak perlu, serta memilih frame yang tepat baik sebelum maupun sesudah foto diambil. Fitur ini serupa dengan Top Shot milik Google, yang diperkenalkan pertama kali pada Pixel 3, hanya saja lebih lengkap.

Spesifikasi & Harga Huawei P40 Pro+

Warna Huawei P40 Pro+

P40 Pro+ sama-sama memiliki layar octa-flex 6,58 ini yang mendukung refresh rate 90Hz, serta standar warna DCI-P3 HDR color gamut. Chipset Kirin 990 5G juga digunakan untuk olah data gambar dari kelima kameranya, plus RAM 8GB serta storage 512GB. Huawei P40 Pro+ mulai dijual pada bulan Juni 2020 mendatang, dengan harga mulai 1399 Euro (Rp24 jutaan).

Baca juga: Huawei Hadirkan Aplikasi Logistik dan Penyedia Telekomunikasi Lokal di AppGallery

Punya baterai berkapasitas 4200 mAh, Huawei P40 Pro+ dapat diisi daya secara cepat hingga 40 watt, baik dengan kabel USB-C maupun secara wireless. Untuk mencegah panas, smartphone ini punya sistem pendingin 4-in-1 SuperCool. Dan tentunya, tanpa layanan Google, melainkan digantikan oleh Huawei Mobile Services (HMS). Huawei terus berusaha untuk meningkatkan ketersediaan aplikasi pada Huawei AppGallery, agar pengguna tak merasa kekurangan ketersediaan aplikasi.


Beli smartphone Huawei di:

SHOPEE BLIBLI LAZADA ERASPACE  JD.ID