alexa

Spotify Blend, Gabungkan Selera Musik 2 Pengguna dalam Sebuah Playlist

Jakarta, Gizmologi – Menjadi platform streaming musik paling populer di kalangan masyarakat, Spotify kini telah berhasil meraih 165 juta subscriber dalam kurun waktu satu tahun belakangan, meraih total 365 juta pengguna aktif bulanan. Untuk tingkatkan pengalaman penggunaan, fitur baru terus diluncurkan, kali ini bernama Spotify Blend.

Dalam beberapa bulan terakhir, telah banyak fitur baru yang dihadirkan agar penggunanya dapat menikmati pengalaman mendengarkan musik lebih baik bersama. Mulai dari group session sampai family mix, sebuah playlist yang otomatis terbuat dengan konten lagu yang dicampurkan dari seluruh selera musik pengguna Spotify Family.

Untuk fitur Spotify Blend sendiri, hadir dalam bentuk playlist serupa Family Mix. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk gabungkan (blend) selera musik dua pengguna ke dalam sebuah playlist. Berbeda dengan playlist kolaboratif, Spotify bakal secara otomatis menambahkan lagu dalam Spotify Blend. Sebelumnya, sejumlah pengguna telah diberikan kesempatan untuk mencoba dalam versi beta.

Baca juga: Fitur Baru Spotify Music + Talk Hadir di 15 Negara Termasuk Indonesia

Latar Belakang Terbentuknya Fitur Blend

Spotify Blend

Dalam sebuah rilis pada situs resminya, Arjun Narayen, Product Manager, Spotify mengatakan bila Spotify Blend adalah salah satu produk pertamanya yang dikembangkan untuk personalisasi multi pengguna. Bantu ciptakan pengalaman menyenangkan, terutama momen ketika kedua pengguna dapat menemukan artis dan lagu yang sama-sama disukai dan membuat mereka terikat.

Arjun pun menceritakan sebuah cerita terkait inspirasi yang memunculkan Spotify Blend. Dalam sebuah perjalanan ke Thailand, ia mencoba untuk berkomunikasi bersama pengemudi taksi. Meski terkendali bahasa, keduanya dapat tersambung melalui sebuah musik yang diputar lewat kabel aux ke kendaraan tersebut, di mana saat itu Arjun memutar lagu milik Daft Punk.

“Luar biasa melihat musik memecah hambatan bahasa dan membantu kami terhubung dengan seseorang yang hampir tidak bisa kami ajak bicara,” tambah Arjun. Yang menjadi nilai jual dari fitur Spotify Blend adalah bagaimana algoritma Spotify bisa gabungkan daftar jenis musik dari dua pengguna berbeda.

Pengguna dapat membuat playlist spesial ini dengan menggabungkan selera akun mereka ke teman dekat atau orang tersayang, kemudian mengirimkan hasil playlist tersebut. Bagian yang menyenangkan menurut Spotify adalah efek kejutan saat pengguna lain menerima playlist. Di mana nantinya kedua pihak dapat membahas musik yang ada, serta selera musik masing-masing.

Cara Membuat Playlist Spotify Blend

Spotify Blend

Setelah dihadirkan untuk sejumlah pengguna terbatas sejak awal musim panas tahun ini, Spotify Blend mulai resmi hadir untuk semua pengguna baik smartphone Android & iOS, serta pengguna gratisan dan Spotify Premium. Tampilannya pun sudah ditingkatkan, dengan beberapa penyempurnaan.

Setiap playlist Spotify Blend kini dilengkapi dengan cover art baru sebagai penanda lebih mudah. Masing-masing playlist juga dilengkapi skor “taste match” untuk informasi preferensi tiap pengguna, serta data yang bisa dibagikan lewat grafis, cocok bila ingin dibagikan ke media sosial seperti Instagram Stories.

Ingin mencoba fitur baru Spotify Blend? Mudah saja, cukup temukan pintasan untuk buat Blend pada tampilan awal, di bagian “Made for You”. Kalau tidak ada, cukup lakukan pencarian dengan keyword “Blend”, pilih opsi yang muncul di paling atas, kemudian undang temanmu yang juga gunakan Spotify tentunya.

Dalam tahap ini, kamu tidak bisa secara langsung memilih teman dari daftar following maupun dengan ketik username, melainkan membagikan sebuah link untuk dikonfirmasi ke pengguna lain. Setelah dikonfirmasi, barulah muncul sebuah playlist baru dengan cover art yang sesuai. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen