Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kelas Pintar dan Oxygen Hadirkan Aplikasi Belajar Melalui Android TV

0 62

Saat ini smart TV berbasis Android semakin diminati konsumen. Karena menyajikan konten yang lebih bervariasi. Tak hanya untuk hiburan dan informasi, kini Android TV juga bisa menjadi perangkat pendukung pendidikan anak-anak. Hari ini (17/2), Kelas Pintar berkolaborasi denggan penyedia layanan internet Oxygen.id menghadirkan aplikasi edukasi di platform Android TV.

Dengan cara baru ini, pengguna Kelas Pintar kini bisa belajar dan latihan SOAL menggunakan Android TV. Akses melalui televisi pintar ini melengkapi aplikasi Kelas Pintar yang sebelumnya telah tersedia melalui perangkat smartphone, tablet, PC maupun laptop, saat

Baca juga: Google Mulai Gulirkan Pembaruan Android TV 11, Beri Tampilan Baru

Cara Baru Belajar Melalui Android TV

Virtual Launching Kelas Pintar dan
Virtual Launching Kelas Pintar dan Oxygen.id

Dedy Ariansyah, Group Head of Product, Academic, & Technology Kelas Pintar mengatakan dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan solusi pembelajaran yang efektif dan internet yang lancar. “Bagi kami, ini bukan sekadar untuk keleluasan dan kenyaman saja, namun inilah solusi untuk memberikan solusi pembelajaran yang lebih efektif dan tentunya dari segi pengawasan orang tua jauh lebih nyaman,” ungkap Dedy dalam virtual launching di Jakarta (17/02).

Selain itu, Dedy menambahkan kehadiran aplikasi Kelas Pintar yang secara khusus didesain untuk perangkat Android TV, dapat menjawab kekhawatiran orang tua mengenai kesehatan mata anaknya.

“Pada saat pembelajaran jarak jauh anak harus berinteraksi dengan gadgetnya yang cukup lama dan jarak yang dekat. Dengan solusi yang Kelas Pintar tawarkan dapat menjawab kekhawatiran dan siswa dapat berprestasi,” kata Dedy.

Keberadaan aplikasi Kelas Pintar versi Android TV, diharapkan interaksi antara anak dan orang tua semakin dekat dan optimal saat proses pendampingan belajar. Tak hanya itu, adanya aplikasi ini di televisi bisa lebih leluasa, karena ukuran layar yang relatif lebih luas.

Saat ini, Aplikasi Kelas Pintar versi Android TV masih terbatas untuk produk layanan SOAL dari Kelas Pintar. Untuk mengaksesnya pengguna harus mendownload aplikasi Kelas Pintar melalui Google Play Store di Android TV.

Menghemat Pengeluaran Kuota Internet

Ilustrasi Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh Online (Foto: 123rf/Dinis Tolipov)
Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (Foto: 123rf/Dinis Tolipov)

Hal senada disampaikan oleh Mauldi Wirastomo – Head of Product & Solution Dept. Moratelindo. Menurutnya, kolaborasi antara penyedia akses dan konten penting untuk dunia pendidikan Indonesia saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Dengan jaringan kabel optik yang dimiliki Moratelindo sepanjang 58.000 KM, dari ujung barat hingga timur dapat mendukung terhadap dunia pendidikan. Melalui penawaran yang diberikan Oksigen.id dapat menjawab kekhawatiran orang tua untuk pengeluaran paket data dan bisa menggunakan untuk aktivitas internet lainnya seperti bekerja dan menonton TV. “Kelas Pintar, kami membuat akses internet berlangganan menjadi lebih terjangkau dan efisien,” jelas Mauldi.

Baca juga: Bekerja Sambil Pantau Anak di Rumah? Siasati dengan Kamera Pintar

Dalam kolaborasi ini, Kelas Pintar memberikan paket penawaran spesial untuk seluruh pelanggan Oxygen.id. Untuk paket Kelas Pintar 1 bulan, ditawarkan dengan Rp 825 ribu/bulan, pelanggan Oxygen.id kini bisa menikmati Paket Kelas Pintar Regular dan Soal hanya dengan Rp 55.000/bulan.

Sedangkan Paket Kelas Pintar 1 Tahun dapat diperoleh siswa hanya dengan harga Rp.550.000,-/tahun. Harga khusus tersebut bisa diperoleh dengan cara mengakses laman laman resmi Oxygen.id.