Startup Fintech OY! Indonesia Raih Pendanaan Rp443,2 miliar dari SoftBank

Jakarta, Gizmologi – Sektor teknologi finansial (fintech) makin potensial, seiring dengan dorongan untuk mengurangi transaksi dengan uang tunai (cashless) dan beralih ke digital. OY! Indonesia adalah salah satu startup fintech yang meraih keuntungan dari tren tersebut. Bahkan, mereka kini memasuki babak baru dengan memperoleh pendanaan seri A di kuartal 2 tahun 2021 ini.

Pendanaan seri A ini dipimpin oleh SoftBank Ventures Asia (SBVA), perusahaan modal ventura raksasa yang kerap berinvestasi ke beberapa startup dunia. Total suntikan dananya pun cukup menggiurkan, sebesar US$ 30 juta atau setara dengan Rp. 443,2 miliar (nilai tukar Rp14.400/ USD).
Baca juga: Ekspansi Layanan Fintech, Kredivo Bisa Digunakan di Vietnam

Sejak beroperasi pada 2018, OY! Indonesia berkembang pesat sebagai perusahaan financial technology yang berfokus pada money moving untuk mengakomodir segala proses perputaran transaksi finansial bagi seluruh pelaku bisnis di Indonesia. Mereka mengembangkan layanan yang memungkinkan bisnis dari berbagai skala untuk dapat mengirim dan menerima uang baik secara digital (cashless) maupun offline (cash). Kemudahan ini diklaim belum pernah ada sebelumnya kepada customer dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

Layanan Money Movement OY! Indonesia

Fintech OY! IndonesiaOY! Indonesia memposisikan diri sebagai perusahaan bidang money movement yang menyediakan infrastruktur keuangan menyeluruh, baik untuk kebutuhan pembayaran online maupun pembayaran offline/tunai. Startup ini menjadi penjembatan bagi semua pelaku ekonomi, mulai dari pihak konsumen, pemilik bisnis, fintech, serta bank.

Dengan dukungan fitur-fitur yang canggih, perusahaan diklaim memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih mudah, aman, dan nyaman. Sampai saat ini, OY! Indonesia sudah memiliki satu juta pengguna aktif yang tercatat berdasarkan penggunaan aplikasi mobile.

Melalui transformasi dan ekspansi yang berkelanjutan, OY! Indonesia memperkuat layanannya sebagai money movement yang memfasilitasi semua proses keuangan, mulai dari kebutuhan sehari-hari individu hingga kebutuhan bisnis di antara beberapa institusi, mulai dari berbagai bank komersial, bank digital, P2P Lending, e-money, dan perusahaan fintech lainnya.

OY! Indonesia berkontribusi melalui perannya sebagai penghubung terintegrasi antara berbagai lembaga keuangan dan konsumen individu, serta bisnis melalui penyediaan produk keuangan yang mendorong efisiensi dalam transaksi keuangan. Konsumen individu sekarang dapat menghemat waktu dan biaya transaksi; sedangkan pelaku usaha tidak perlu khawatir dengan transaksi keuangan dengan nasabah, melainkan fokus pada aspek lain untuk mendukung pengembangan usaha mereka.

Valuasi OY! Indonesia Capai US$ 100 juta

Dashboard OY Bisnis 1Jesayas Ferdinandus, CEO OY! Indonesia, mengatakan pihaknya sangat antusias dalam menyambut pertumbuhan yang luar biasa dengan total valuasi lebih dari US$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,4 triliun. Hal ini menempatkan OY! Indonesia sebagai startup yang sukses menyandang predikat Centaur atau calon unicorn. Startup mendapat predikat unicorn jika valuasinya sudah mencapai USD 1 miliar, sehingga OY! Indonesia perlu valuasi 10 kali lipat lagi jika menargetkan itu.

Selain SoftBank Ventures Asia, sejumlah investor turut bergabung dalam pendanaan ini yaitu MDI, Pavilion Capital, AC Venture, CCV, Wavemaker, PT SAT, Saison Capital Pte. Ltd., dan Orion Advisors (DST Founders). “Dalam rangkaian pendanaan ini, siap membawa OY! Indonesia ke fase pertumbuhan berikutnya dan memperluas bisnisnya di Indonesia. Kami percaya bahwa pertumbuhan ini harus dilandaskan oleh komitmen dalam mewujudkan visi OY! Indonesia sebagai penyedia infrastruktur agregator money movement terbaik dan terlengkap di Indonesia,” ujar Jesayas.

Selama dua tahun perjalanan pengembangan bisnis ini, OY! Indonesia memperkuat ekspansi bisnisnya melalui pendanaan dari berbagai investor ternama, antara lain Temasek, MDI Ventures (Telkom Indonesia), AC Ventures, Saison Capital Pte. Ltd., Alternate Ventures, PT SAT, dan beberapa investor yang berkontribusi dalam membantu operasional bisnis.

 

“Kami percaya bahwa money movement tidak hanya mewakili peluang pasar yang besar tetapi juga meningkatkan inklusi keuangan di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami mengapresiasi inisiatif yang telah dibangun oleh OY! Indonesia, melalui infrastruktur keuangan di berbagai metode pembayaran online dan offline.” kata Cindy Jin, Partner, SoftBank Ventures Asia.

 

 

Tinggalkan komen