Survei YouGov: Jumlah Pengguna DANA Tumbuh Hingga 40%

Jakarta, Gizmologi – Lembaga Riset dan Konsultasi Pasar YouGov menyebut DANA sebagai dompet digital yang konsisten membukukan pertumbuhan jumlah pengguna. Bahkan sejak bulan Maret 2021 hingga akhir kuartal kedua tahun 2021, DANA telah membukukan 80 juta pengguna baru atau tumbuh sebesar 40 persen.

Hasil ini survei YouGov ke lebih dari 4.000 responden secara nasional. Di mana layanan transfer uang melalui DANA banyak diminati oleh masyarakat.

“Hasil riset ini menunjukkan bahwa semakin banyak masyarakat yang percaya terhadap kemudahan, keamanan, dan kenyamanan yang dihadirkan DANA sebagai solusi terintegrasi dalam memenuhi berbagai kebutuhan transaksi,” ujar CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara dalam keterangannya, pada Jumat (17/9).

Menurutnya, sebagai perusahaan teknologi finansial yang menjadi jembatan bagi seluruh ekosistem, DANA terus berinovasi untuk menghadirkan solusi bagi masyarakat agar eko/nomi digital semakin inklusif.

Diketahui, berdasarkan survei YouGov, DANA terus menunjukkan tren pertumbuhan positif dalam jumlah pengguna, bahkan di kuartal II 2021 mampu tumbuh mencapai 40%. Tingginya pertumbuhan di kuartal ini dipicu pertambahan jumlah pengguna di kalangan muda, yaitu usia 18-24 tahun serta di kalangan usia di atas 35 tahun.

Survei menunjukkan bahwa sebanyak 30% pengguna DANA berusia 18 tahun-24 tahun. Ini menunjukkan luasnya penerimaan terhadap DANA di kalangan generasi muda (Gen Z).

“Hasil ini juga sejalan dengan data kinerja yang telah dirilis DANA yang memperlihatkan pertumbuhan jumlah pengguna DANA dari 50 juta di akhir 2021 menjadi 80 juta di pertengahan Agustus 2021,” sebut Vince.

Baca Juga: Bayar Pajak Lebih Mudah via DANA, Begini Caranya

Fitur Andalan DANA

Ilustrasi DANA 2.0

Selain itu, survei YouGov memperlihatkan bahwa fitur dalam aplikasi DANA yang paling sering digunakan adalah fitur Kirim Uang. Fitur ini digunakan pengguna baik untuk transfer ke rekening bank maupun ke sesama pengguna.

Fitur lain yang juga banyak digunakan adalah pembelian pulsa dan paket data, serta pembayaran tagihan. Hasil ini tidak lepas dari kecenderungan mayoritas responden yang memilih dompet digital untuk transaksi online dan pembelian pulsa telepon.

Hasil survei YouGov juga memperlihatkan, layanan dompet digital, DANA banyak dipilih untuk melakukan transfer uang (25% responden) setelah mobile banking (41% responden) dan transfer melalui ATM (39%). Hal ini membuat presepsi terhadap layanan DANA meningkat, selain aman, responden memilih DANA karena dianggap well-connected (terkoneksi dengan beragam aplikasi dan diterima di mana-mana), user-friendly, dan bebas biaya administrasi.

“Oleh karena itu, pembaruan terus dilakukan untuk memperkaya pengalaman pengguna termasuk menciptakan kolom pencarian untuk transfer yang lebih praktis pada tampilan antarmuka terbaru DANA v.2.0,” kata Vince.

Tinggalkan komen