Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Akhirnya, Sony Tampilkan Konsol Next Gen Playstation 5!

0 1.962

Sony akhirnya memperlihatkan Playstation 5, konsol next gen terbaru mereka dalam reveal event di Youtube. Menariknya, Sony akan merilis konsol ini dalam dua versi, yakni model standar dengan optical drive, serta versi digital yang meniadakan tanpa optical drive. Namun kita harus bersabar karena Sony baru akan Playstation 5 merilis pada liburan mendatang. Atau sekitar bulan Desember 2020.

Desain Playstation 5 terlihat sangat berbeda dengan pendahulunya. Sony membuatnya jadi lebih futuristik dibalut warna dominan putih, berpadu warna hitam. Mendobrak pakem simple and clean yang selama ini dapat dilihat dari generasi Playstation 1 sampai 4. Perpaduan dua warna maupun lekukan desain pada konsol, akhirnya membuat perdebatan tersendiri di kalangan gamer.

Jika diperhatikan lebih seksama. Playstation 5 juga memiliki dimensi berbeda karena penghilangan fungsi optical drive pada versi digital. Menjadikannya terlihat lebih ramping dibanding versi standar yang agak bulky. Perbedaan itu diperkirakan akan membawa pada perbedaan harga yang cukup signifikan, dengan versi digital dijual lebih murah.

Sayangnya Sony belum juga merilis harga Playstation 5. Berkembang analisis tentang harga Playstation 5 akan berada di kisaran $499 atau sekitar Rp 6 juta. Bisa jadi akan lebih mahal ketika nanti resmi masuk ke pasaran Indonesia, sekitar 10 – 20% dari perkiraan tersebut. Nampaknya Sony sedang menghitung angka yang tepat, apalagi melihat dampak pandemi Covid-19 pada tahun ini yang memukul perekonomian dunia.

Baca juga: Sega rilis game gaer micro

Spesifikasi Playstation 5

playstation 5Pada awalnya, Sony belum terlalu jor-joran memeberikan informasi detail spesifikasi dari konsol next gen mereka. Namun seiring waktu, kita dapat melihat apa yang didapat dari Playstation 5 pada saat rilis di musim liburan nanti.

Konsol ini akan hadir dengan CPU eight-core dari AMD Zen 2 dipadukan GPU custom AMD RDNA 2. Custom chip dari AMD mampu menghadirkan potensi daya hingga 10.28 teraflops. Ditambah kemampuan dari SSD Playstation 5 yang menyediakan ruang simpan hingga 825 GB dan kerja mencapai 5.5 GB per detik. Jelas menjadi lompatan kinerja yang jauh dari konsol terdahulu Playstation 4.

Hal itu dapat kita lihat saat Epic Games membagikan demo Unreal Engine 5 menggunakan mesin Playstation 5. Dalam demo diperlihatkan kemampuan visual hingga 8K. Yang artinya  game-game di Playstation 5 nanti akan dapat menyajikan kualitas serupa. Dengan pilihan grafik lebih rendah di 4K dan refresh rate mencapai 120Hz, dan audio 3 dimensi. Duh, pasti seger banget mata ini saat lihat game-game di Playstation 5 nanti.

Rilisan Game di Playstation 5

Playstation 5

Dalam tayangan live event di Youtube. Sony juga memperlihatkan beberapa judul game di Playstation 5. Ada banyak presentasi trailer game terbaru maupun sekuel yang ditujukan khusus untuk Playstation 5. Hype kehadiran konsol ini pun semakin membuncah ketika nama-nama game populer turut menyertai waktu rilisnya nanti.

Yang pertama adalah Spider-Man: Miles Morales dari Imsoniac. Sekuel game manusia laba-laba yang mengeruk sukses di Playstation 4 tersebut, juga akan muncul pada di Playstation 5. Melihat waktu rilisnya pada liburan 2020, bisa jadi game ini juga akan muncul di Playstation 4.

Lalu ada Polyphony Digital dengan game balap andalan, Gran Turismo 7. Kehadiran game eksklusif Playstation ini sejak dulu memang menjadi salah satu magnet tersendiri. Banyak penggemar game simulasi rela membeli konsol Playstation, sekadar untuk memainkan game ini.

Kemudian Capcom yang juga turut menyajikan trailer game andalan mereka, Resident Evil 8: Village. Trailernya sedikit mengingatkan pada desa di Resident Evil 4. Dengan kualitas grafis yang sepertinya belum terlalu maksimal, game ini tetap menyimpan potensi sebagai salah satu top list game di Playstation 5 saat rilis nanti.

Dan last but not least, Project Athia, sebuah game kreasi Square Enix. Melihat presentasi super keren dari game ini, membuat gamer manapun menjadi tidak sabar untuk dapat merasakan bermain langsung. Square Enix memang sengaja menyiapkan game ini untuk Playstation 5. Bahkan trailernya terlihat seperti demo Unreal Engine 5, dengan pencahayaan dan pergerakan yang begitu alami.

Jadi makin tidak sabar!