Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Take-Two Beli Codemaster dengan Harga Fantastis: Rp13,7 Triliun

0 205

perusahaan game Take-Two Interactive akhirnya mencapai kesepakatan untuk membeli Codemaster di angka fantastis, US$ 994 juta atau sekitar Rp 13,7 triliun. Segala syarat dan kondisi yang ditentukan dari masing-masing perusahaan sudah mencapai titik temu. Sehingga proses selanjutnya dapat segera dilakukan, dan diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2021.

Pembelian oleh Take-Two sendiri, rencananya akan mengombinasikan dana tunai dan sejumlah saham untuk diberikan kepada pihak Codemaster. Sementara belum ada kepastian hitam di atas putih, Kedua belah pihak masih mungkin mengubah nilai dari negosiasi yang ditentukan saat ini. Atau bahkan bisa saja justru gagal sama sekali, meskipun potensi tersebut terhitung sangat kecil terjadi.

Pembelian ini, jika dilihat dari aspek bisnis, maka akan menjadi langkah strategis dari Take-Two yang dikenal luas lewat dua publisher besar, Rockstar Games dan 2K. Hadirnya Codemaster, akan menambah portofolio game terutama pada kategori olahraga balap mobil yang mereka miliki. Salah satunya ialah balap mobil jet darat F1 dengan fan fanatiknya sendiri.

“Codemaster memiliki sejarah dalam membuat franchise balap yang paling dicintai dan sukses secara komersial. Dan kami yakin bahwa penawaran mereka akan menjadi kelebihan bagi portofolio olahraga kami dan menambah pertumbuhan bagi organisasi kami di masa mendatang,” ujar ECO Take-Two, Strauss Zelnick.

Beberapa tahun belakangan,  Take-Two memang mereguk sukses besar lewat judul game yang dirilis oleh anak perusahaan mereka. Di antaranya Read Dead Redemption dan Grand Theft Auto melalui Rockstar Games. Serta Bioshock, Borderlands, dan seri Civilization yang dibuat oleh studio 2K.

Tidak heran langkah Take-Two ini menjadi sangat diantisipasi di industri gaming, maupun para gamer yang selama ini menikmati judul game hasil kreasi kelompok perusahaan mereka. Kita nantikan saja, agar proses transaksi ini dapat segera diselesaikan.

Baca juga: Update Genshin Impact v1.1 Hadirkan Kisah, Karakter, Event, dan Sistem Baru

Dirt 5 Berada di Bawah Bendera Take-Two

take-two
Mungkinkah Dirt akan jadi lebih baik di bawah bendera Take-Two Interactive?

Sebagai sebuah developer dan publisher yang besar dari game balap, Codemaster memang tidak dapat dipandang remeh. Daftar game balap mereka termasuk mentereng dan dianggap sukses di pasaran. Sebut saja Grid, seri F1, dan tentu saja Dirt. Nama terakhir baru saja rilis di pasaran dan siap dimainkan untuk konsol generasi terbaru Playstation 5 dan Xbox X/S.

Maka apabila proses pembelian Codemaster berlangsung lancar, Dirt 5 dan seri Dirt di masa mendatang akan berada di bawah bendera Take-Two. Diambil alih oleh perusahaan sebesar Take-Two bisa saja balap yang populer berkat fitur physic dan efek lingkungan realistis tersebut dapat dikembangkan menjadi game yang lebih baik lagi.

Seri Dirt memang mengalami evolusi yang begitu bagus sehingga dapat diterima oleh gamer dari mulai PS3 sampai PS4 kini. Game balap mobil, wabil khusus rally ini, memang berhasil memadukan fantasi balap sekaligus realita permainan dengan halus. Gamer dibawa menikmati setiap tarikan gas dan efek rem dalam bentuk yang paling mendekati kenyataan.