Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Hari Jadi Ke-37, Taman Nasional Komodo Mendapat Kado Istimewa dari Google

Meskipun Taman Nasional Komodo diciptakan untuk melindungi kehidupan sekitar 5700 Komodo sebagai rumah tinggalnya, ruang lingkup taman ini telah diperluas ke satwa liar asli lainnya.

Pada tahun 1980, Taman Nasional Komodo didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya yang semakin langka. Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman ini terdiri atas tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil dengan wilayah darat seluas 603 km².

Meskipun Taman Nasional Komodo diciptakan untuk melindungi kehidupan sekitar 5700 Komodo sebagai rumah tinggal atau habitatnya, ruang lingkup taman ini telah diperluas ke satwa liar asli lainnya. Selain rusa Timor, yang merupakan sumber utama makanan bagi Komodo, pulau ini juga merupakan habitat bagi 72 spesies burung, seperti yellow-crested cockatoo. Ribuan spesies ikan yang berenang di perairan sekitarnya, serta penyu laut, lumba-lumba, dan paus.

Tampilan Google Doodle hari ini

Hari ini, Taman Nasional Komodo menginjak usia yang ke-37. Keunikan Komodo sebagai hewan purba rupanya menarik perhatian Google dengan memberikan perhatian khusus. Raksasa internet tersebut memberikan hadiah berupa Google Doodle sebagai bentuk perayaan hari jadi ke-37 Taman Nasional Komodo. Yang menarik, Google tidak sekadar memberikan gambar tematik yang dipajang di homepagenya, tetapi juga membuat kuis interaktif untuk menguji kemampuan tentang hewan purba ini.

Related Posts
1 daripada 296

Google sendiri mendeskripsikan Taman Nasional Komodo di Indonesia berada di pusat negara kepulauan dan terdiri dari 3 pulau-pulau vulkanik. Pemandangannya sendiri tidak seperti yang lain, mulai dari kondisi savana yang kering sampai hutan lebat, semua dikelilingi oleh pantai pasir putih dan air yang berwarna biru cerah. Google memberikan apresiasi dengan mengucapkan terima kasih untuk Taman Nasional, seperti Komodo. Karena dengan adanya Taman Nasional seperti ini, satwa liar dapat terus berkembang sebagian besar tidak terganggu oleh campur tangan manusia.

Untuk membuat Doogle Taman Nasiona Komodo tersebut, tim yang terlibat adalah Alyssa Winans, Diana Tran, dan Kevin Laughlin untuk merancang desain seninya. Kemudian bagian engineering dipegang oleh Jonathan Shneier dan Mark Ivey dengan Production oleh My-Linh Le. Dan yang cukup membanggakan, jangkauan Doodle Taman Nasiona Komodo tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di beberapa negara lintas benua. Di antaranya adalah negara Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Spanyol, Rusia, Jepang, Australia, Selandia Baru, Meksiko, Kuba, Argentina, Kolombia, Peru, Venezuela, dan sebagainya.

Jangkauan Doodle Taman Nasional Komodo

This post is also available in: enEnglish (English)