Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tampak Pertama Mi Band 6, Gelang Pintar Xiaomi yang Lebih Canggih

0 4.024

Meski tergolong populer di kalangan pengguna perangkat wearable berjenis gelang pintar (smartband), Mi Band 5 sejatinya punya fitur kesehatan yang masih kurang bila dibandingkan dengan kompetitor. Terutama sensor yang diusungnya, meski punya layar AMOLED. Kali ini, foto Mi Band 6 sudah mulai muncul di internet.

Mi Band 5 sendiri pertama kali debut di negara asal Xiaomi pada bulan Juni 2020 lalu. Maka tak heran bila rumor atau penampakan terbaru dari generasi penerusnya sudah mulai bermunculan. Mulai dari sertifikasi, bocoran fitur yang diusungnya, hingga kini foto Mi Band 6 yang berikan pandangan akan seperti apa smartband baru Xiaomi di 2021 nanti.

Bila Gizmo friends belum familiar dengan Mi Band 5, desainnya sendiri sangat sederhana dan, ya, mirip dengan smartband lainnya. Perbedaan ada di model layarnya yang cenderung curvy atau melingkar. Berbeda dengan Huawei Band 4 maupun realme Band yang lebih tegas.

Baca juga: Xiaomi Redmi AirDots 3 Tampil Warna-warni, Harga Rp400 Ribuan

Mi Band 6 Masih Punya Desain Mirip

Xiaomi Mi Band 6

Strap-nya pun sangat simpel, hanya berwarna hitam dengan lubang untuk mengaitkan buckle di ujungnya. Lini seri Xiaomi Mi Band memang tak pernah mengusung desain yang mencolok, kecuali penggunanya mencoba untuk ganti strap pihak ketiga demi personalisasi smartband mereka masing-masing.

Kali ini, penampakan pertama Xiaomi Mi Band 6 muncul dari dokumen resmi yang dirilis Huami untuk keperluan pendaftaran produk di Eropa. Huami sendiri adalah sebuah perusahaan yang bekerja sama erat bersama Xiaomi. Sementara foto di atas memiliki kode seri XMSH15HM.

Sejatinya memang tak banyak yang bisa diketahui pada foto di atas. Namanya juga bocoran foto pertama, setidaknya kita dapat melihat bila desainnya bakal tak jauh berbeda dari dua – tiga generasi sebelumnya. Termasuk kabel charger Mi Band 6 yang masih gunakan mekanisme magnet serupa.

Sementara bagian bodinya masih usung desain melingkar, dengan sensor denyut jantung yang sedikit menyembul ke dalam. Sisanya sih terlihat sama, termasuk karet silicon pada strap yang berwarna hitam.

Bocoran Spesifikasi Xiaomi Mi Band 6

Mi Smart Band 5

Nah, untuk mengejar ketertinggalan dari kompetitornya, Xiaomi Mi Band 6 dikabarkan bakal hadir dengan sensor jauh lebih lengkap. Bocoran ini hadir dari aplikasi baru, “Zepp” yang digunakan untuk operasikan wearable rilisan Huami atau Amazfit. Di dalamnya, ada beberapa kode yang bisa diterjemahkan.

Dari hasil penemuan, Mi Band 6 akhirnya bakal dilengkapi sensor SpO2, untuk mengukur kadar saturasi oksigen dalam darah. Selain varian NFC dan non-NFC, disematkan punya sensor GPS. Dengan begitu, nantinya pengguna bisa berolahraga seperti berlari tanpa perlu membawa smartphone, untuk mencatat rute sepanjang sesi.

Selain kabar layarnya yang bakal lebih besar, dirumorkan bila Xiaomi Mi Band 6 mendukung aplikasi Telegram dan WhatsApp yang lebih terintegrasi. Nantinya, pengguna bakal bisa membalas pesan dari kedua aplikasi messenger tersebut. Tentu tanpa keyboard virtual, melainkan dengan memilih beberapa template pesan untuk dikirimkan ke kontak lain.

Metode serupa dulu pernah hadir pada sebuah jam tangan pintar lawas, Pebble. Kemudian hadirnya Wear OS membuat cara membalas pesan lebih mudah. Namun bagaimana dengan Mi Band 6 yang punya layar jauh lebih kecil? Kita nantikan saja kebenaran dari rumor ini ya.

Tinggalkan komen