Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah 9 Fitur Terbaik Helio P95, Chipset Terbaru MediaTek

0 13.259

Bersamaan dengan dirilisnya OPPO Reno3 Pro di India, MediaTek juga turut memperkenalkan chipset terbarunya yang digunakan pada ponsel tersebut. Adalah Helio P95, suksesor dari MediaTek Helio P90 yang dirilis Desember 2018 lalu.

MediaTek Helio P series dikenal sebagai SoC yang mengutamakan efisiensi baterai tanpa mengorbankan performa dan pengalaman pengguna, serta tetap memberikan fitur-fitur multimedia dan konektivitas mumpuni. Dengan Helio P95, MediaTek lebih fokus pada kinerja AI premium serta pengalaman gaming yang lebih baik.

MediaTek Helio P95
Pengenalan MediaTek Helio P95 saat peluncuran OPPO Reno3 Pro oleh OPPO Mobile India.

Berikut adalah sembilan fitur terbaik yang dibawa MediaTek Helio P95:

1. Peningkatan AI

MediaTek Helio P95 dilengkapi dengan AI Processing Unit (APU) generasi kedua yang telah ditingkatkan. Dibandingkan dengan Helio P90, APU 2.0 ini memiliki kinerja 10% lebih baik dalam performa benchmark, membuatnya menjadi salah satu APU paling bertenaga yang tersedia untuk ponsel 4G saat ini.

2. Kamera AI

APU 2.0 memungkinkan peningkatan yang efektif untuk proses kedalaman foto, segmentasi scene yang lebih cepat, penyetelan hingga tingkat piksel saat menyunting gambar, pengurangan noise yang lebih efektif serta berpotensi melacak pergerakan dan gestur badan sepenuhnya, lewat aplikasi Augmented Reality maupun Mixed Reality (AR/MR). Serta ketika sedang merekam atau streaming video, pengguna dapat melihat efek secara langsung.

3. CPU Tangguh

Menggunakan arsitektur big.LITTLE, MediaTek Helio P95 punya CPU octa-core yang terdiri dari 2-core Arm Cortex-A75 dan 6-core Cortex-A55. Sepasang prosesor pertama mampu beroperasi sampai 2,2GHz, khusus untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan game agar ponsel menjadi responsif. Sedangkan enam sisanya beroperasi sampai 2,0GHz, lebih efisien daya. Semuanya dapat bekerja secara bersamaan, terhubung ke sebuah cache besar, L3 yang semakin mendongkrak kinerja.

4. Peningkatan Grafis

GPU atau prosesor grafis yang digunakan, IMG PowerVR GM 9446, telah ditingkatkan sebesar 10% dari generasi sebelumnya, menambah kinerja game dan performa 3D menjadi lebih baik.

5. MediaTek HyperEngine, Pertama di MediaTek Helio P95

MediaTek Helio P95 menjadi chipset pertama dalam jajaran Helio P-series yang dilengkapi teknologi game ini. Fitur ini dihadirkan karena menurut MediaTek, pembeli ponsel berkamera bagus pun masih ingin menikmati pengalaman bermain game yang optimal. MediaTek HyperEngine lebih dari sekadar chip, dan bisa menyetel performa ponsel secara keseluruhan. Konfigurasi jaringan yang cerdas, respon layar cepat serta visual yang tajam memastikan pengguna dapat menjalankan game favoritnya secara mulus.

Baca juga: MediaTek Helio G70 dan G80, Chipset Gaming Terbaru Berteknologi HyperEngine

6. Pengalaman Gambar Apik

Helio P95 kini mendukung kamera beresolusi hingga 64MP seperti OPPO Reno3 Pro. Selain resolusi tinggi, SoC ini juga bisa menangkap gambar dengan kamera ganda hingga 24+16MP bahkan lebih, dengan rangkaian multi-kamera yang menyediakan banyak opsi lensa dan sensor. Seluruh kamera akan terhubung ke trio ISP unik yang mampu melakukan proses RAW 14-bit serta YUV 10-bit, dengan efisiensi daya maksimum.

7. Dukungan Dual SIM 4G

Kedua SIM mendukung jaringan 4G LTE secara bersamaan, memberikan pengalaman penggunaan yang konsisten. Dual 4G VoLTE memungkinkan tersedianya layanan-layanan VoLTE (Voice over LTE) dan ViLTE (Video over LTE) untuk pengalaman panggilan suara dan video terbaik, dengan pengaturan panggilan lebih cepat dan kualitas suara yang lebih baik.

8. Konektivitas 4G yang Cepat dan Handal

MediaTek Helio P95 mengintegrasikan sebuah modem 4G LTE WorldMode dengan 4×4 MIMO, 3CA dan 256QAM, menyediakan kinerja konektivitas lebih handal bahkan di area yang padat seperti stadion, pusat perbelanjaan, perkantoran sampai bandara. Fitur-fitur selular tingkat tinggi seperti global eMBMS, HPUE dan IMS (VoLTE/ViLTE/VoWi-Fi) juga didukung oleh para operator selular di seluruh dunia.

9. Wi-Fi Cepat dan Handal

Dukungan Wi-Fi 5.0 dan Bluetooth 5.0 memungkinkan konekvitas lokal yang cepat dan efektif, baik ketika hanya sedang menjelajah internet atau mengendalikan perangkat dan gawai rumah cerdas (smart home devices).

Kedepannya, dipastikan akan lebih banyak ponsel kelas menengah berjaringan 4G yang menggunakan chipset unggul dari MediaTek ini. Dari kesembilan fitur terbaik di atas, mana yang jadi favoritmu?