Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

QlueThermal, Solusi Penegak Protokol Kesehatan di Perkantoran

1 2.029

Berawal sebagai aplikasi platform media sosial yang mungkinkan warga untuk laporkan masalah langsung ke pemerintah kota, Qlue sudah banyak hadirkan manfaat sejak peluncuran perdananya di akhir 2015 lalu. Bahkan selama pandemi, Qlue juga hadir sebagai platform untuk laporkan perkembangan COVID-19, hingga saat ini berikan solusi baru lewat QlueThermal.

Kini Qlue telah berkembang menjadi perusahaan penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, berikan solusi AI hingga IoT. QlueThermal adalah salah salah satu solusi terbaru berupa perangkat IoT dari Qlue, hadir sebagai pendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker otomatis. Alat ini sudah mulai diimplementasikan di beberapa kantor swasta dan pemerintah.

Salah satu kantor yang sudah memanfaatkan solusi QlueThermal adalah Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP). JIEP sendiri merupakan salah satu pengembang dan pengelola kawasan industri terbesar di Indonesia, di mana kesehatan karyawan sangat diutamakan terutama dalam kondisi pandemic COVID-19 seperti sekarang ini.

QlueThermal Lebih Cepat dan Akurat dari Thermo Gun

QlueThermal

“Kami memahami jika setiap orang dalam organisasi adalah aset yang penting untuk menjaga kinerja perusahaan,” jelas Rama Raditya, founder dan CEO dari Qlue melalui sebuah rilis yang diterima Gizmologi (23/12). “QlueThermal merupakan karya anak bangsa yang didesain untuk membantu otoritas dan pengelola gedung dalam menegakkan protokol kesehatan.”

Berikan tingkat akurasi hingga 98,5% dalam mendeteksi wajah dan masker, QlueThermal dapat berikan rasa aman bagi sisi pengunjung maupun karyawan, beri rasa aman untuk menjalani aktivitas. Kecepatan pendeteksiannya di bawah satu detik, dan Qlue menjamin bila prosesnya lebih cepat dan akurat dibanding pemeriksaan konvensional yang masih gunakan thermo gun atau alat sejenis.

Keunggulan lain dari QlueThermal adalah hyper-localization, di mana dataset wajah yang tercatat adalah wajah lokal. Sehingga pendeteksian bakal lebih akurat dibanding produk dari luar negeri. Beragam jenis masker juga bisa dideteksi, termasuk motif batik sampai yang bergambar wajah.

“Qlue sudah melakukan riset dan pengembangan teknologi computer vision, terutama untuk pendeteksian dan pengenalan wajah sejak 2016. Selama masa tersebut, kami sudah mengumpulkan puluhan ribu wajah untuk dijadikan dataset pengembangan solusi teknologi berbasis pengenalan wajah kami, termasuk QlueThermal,” jelas Rama.

Bisa Sebagai Pencatat Kehadiran Karyawan Contactless

QlueThermal

Direktur Utama JIEP, Landi Rizaldi mengatakan bila implementasi QlueThermal membantu pihaknya untuk menegakkan protokol COVID-19, terutama untuk pemeriksaan karyawan dan pengunjung. Sejak dipasang di bulan Juni, QlueThermal sudah mendeteksi lebih dari 17 ribu orang. Dari situ, pihaknya dapat mengetahui jam padat pengunjung, rata-rata suhu tubuh hingga tingkat okupansi gedung.

“Dari data-data tersebut, kami bisa mengukur efisiensi kebijakan yang kami buat selama pandemi ini, seperti alokasi jumlah personil keamanan di lapangan,” jelas Landi. JIEP sendiri telah implementasi empat buah perangkat QlueThermal, yang terhubung dengan barrier gate. Barrier gate bakal terbuka secara otomatis bila orang yang dideteksi telah penuhi syarat protokol kesehatan.

Fungsi QlueThermal sendiri tak hanya berfungsi untuk pendeteksian kondisi kesehatan serta penggunaan masker karyawan dan pengunjung. Nantinya, JIEP bakal memanfaatkan perangkat ini sebagai sistem absensi untuk para karyawannya. Bisa difungsikan sebagai mesin absen contactless, sehingga lebih aman tanpa harus interaksi fisik seperti menempelkan kartu atau sidik jari.

Data absensi karyawan yang didapatkan dari QlueThermal juga bisa diintegrasikan dengan sistem human resource information system (HRIS) yang sudah ada di perusahaan, sehingga mudahkan manajemen untuk memantau kehadiran karyawan di kantor mereka. Didukung oleh AI, alat ini bisa analisis seluruh data seiring waktu, berikan rekomendasi yang diperlukan untuk segera ditindaklanjuti secara efektif dan akurat.