Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

Qualcomm: 2020 Tahunnya 5G

Teknologi jaringan generasi kelima (5G) disebut-sebut menjadi standar baru konektivitas di era digital. Kehadiran teknologi yang mampu menghadirkan pengalaman kecepatan gigabit itu membuat seluruh pelaku industri teknologi berlomba untuk menjadi yang terdepan dalam 5G.

Salah satunya adalah produsen chipset terkemuka, Qualcomm, yang mengumumkan ambisinya untuk mengarus utamakan teknologi 5G pada tahun 2020. Presiden Qualcomm Cristiano Amon menyebut teknologi 5G akan membuka berbagai peluang yang menarik untuk saling terhubung, berkomputasi, dan berkomunikasi dengan cara yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

“Kami sangat senang menjadi pemain kunci yang membantu mendorong adopsi 5G di seluruh dunia. Platform mobile Snapdragon 5G kami yang diumumkan hari ini akan terus memimpin industri dan membantu semakin banyak perusahaan memenuhi janji mereka untuk menghadirkan 5G sepanjang tahun 2020” kata Presiden Qualcomm Cristiano Amon dalam acara tahunan Snapdragon Technology Summit 2019 di Hawaii, Senin (4/12).

Dalam kesempatan itu, Qualcomm juga mengumumkan dua Snapdragon Mobile Platform 5G baru untuk mendorong dan memperluas penggunaan 5G dan AI pada tahun 2020. Flagship Snapdragon 865 Mobile Platform yang mengintegrasikan Snapdragon X55 Modem-RF System diklaim sebagai platform 5G paling canggih di dunia yang memberikan konektivitas dan performa tak tertandingi yang diperlukan untuk perangkat flagship generasi berikutnya.

Beberapa catatan tentang keunggulan lain dari Snapdragon 865 adalah hadirnya Qualcomm AI Engine terbaru yang memungkinkan perbaikan kinerja untuk kamera, audio serta pengalaman bermain game. Snapdragon 865 juga beroperasi pada kecepatan mengejutkan hingga 2 gigapiksel per detik dan menyediakan fitur dan kemampuan kamera mampu merekam dalam 4K HDR dengan lebih dari satu miliar warna, menangkap video 8K, atau mengambil foto besar berukuran 200-megapiksel.

Baca juga : Qualcomm Hadirkan Teknologi 5G Pada Snapdragon X50 dan X55

Sementara itu, Snapdragon 765 (dan 765G) yang terintegrasi dengan modem 5G, AI dan pengalaman Snapdragon Elite Gaming. Kehadiran chipset kelas menengah Snapdragon 765 dan 765G yang terintegrasi dengan modem 5G itu seolah menjadi “karpet merah” untuk kehadiran ponsel pintar 5G dengan harga yang lebih terjangkau pada tahun 2020. Seperti diketahui, sepanjang tahun 2019 produsen smartphone ramai-ramai mengumumkan kehadiran ponsel 5G dalam lini flagship mereka.

Qualcomm juga mengumumkan seri modul yang berbasis mobile platform pertamanya yaitu Qualcomm Snapdragon 865 dan 765 Modular Platform. S[glossary_exclude][/glossary_exclude]eri modul ini adalah hasil dari strategi end-to-end untuk memberdayakan industri dengan perangkat yang diperlukan untuk memperluas adopsi 5G dengan mudah, dengan biaya yang lebih rendah bagi konsumen, waktu komersialisasi lebih cepat, serta desain yang menarik. Operator pertama yang mendukung program sertifikasi untuk Platform Modular Snapdragon adalah Verizon dan Vodafone dan akan disusul beberapa operator lain pada tahun 2020.

Qualcomm Snapdragon 756

Dukungan Ekosistem Vendor Ponsel

Qualcomm tampaknya sadar akan posisinya sebagai produsen chipset yang memerlukan dukungan ekosistem dari vendor ponsel. Keterlibatan operator telekomunikasi AS Verizon serta produsen ponsel terkemuka di dunia seperti Motorola, Xiaomi, OPPO dan HMD Global (Nokia) menjadi aspek strategis yang mendorong upaya Qualcomm untuk mewujudkan ambisinya mengarus utamakan 5G.

Dalam kesempatan terpisah, Chief Product Development Officer Verizon Nicki Palmer mengapresiasi peranan Qualcomm dalam mendorong penguatan ekosistem 5G global dengan pengumuman modul yang berbasis mobile platform yang didesain untuk memperluas penggunaan produk di semua industri. “Ini adalah ajang yang baik bagi seluruh mitra ekosistem untuk berkolaborasi dan bagi Verizon untuk membagikan visi kami yang mana percaya bahwa 5G memiliki dampak yang paling dahsyat untuk masyarakat,” kata Palmer.

Dari sisi produsen ponsel, Qualcom juga mendapat dukungan dari President Motorola Sergio Buniac yang berkomitmen untuk menjadikan 5G sebagai fokus dari seluruh bisnis Lenovo Motorola, mulai dari jaringan infrastruktur sampai perangkat pribadi, serta menjadi yang pertama untuk meluncurkan ponsel pintar 5G dan memberikan preview PC 5G.

Dua produsen ponsel asal Tiongkok, Xiaomi dan OPPO, juga tak mau ketinggalan dengan hal itu. Pendiri Xiaomi Bin Lin bahkan menjanjikan kehadiran kehadiran flagship Xiaomi Mi 10 pada kuartal pertama 2020 yang akan didukung flagship Snapdragon 865 Mobile Platform.

Sementara President Penjualan Global OPPO Alen Wu menekankan kolaborasi yang erat dan kuat antara OPPO dan Qualcomm serta mengumumkan bahwa OPPO juga akan menghadirkan flagship pertama yang menggunakan Snapdragon 865 Mobile Platform.

Baca juga : OPPO, Produsen Smartphone Pertama Uji Panggilan 5G di Indonesia

Di sisi lain, vendor ponsel HMD Global (Nokia) justru mengumumkan komitmennya untuk mengadopsi Snapdragon 765 Mobile Platform adalah Nokia (HMD Global). Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas menyebut platform cipset kelas menengah tersebut sebagai platform mobile untuk konektivitas 5G terbaik di kelasnya.

“Snapdragon 765 Mobile Platform akan menawarkan terobosan hiburan yang dikombinasikan dengan teknologi PureDisplay kami, dan solusi imaging yang ditenagai ZEISS kami yang unik agar penggemar dapat membuat dan berbagi konten yang luar biasa dengan menggunakan 5G,” katanya. (PNJ)