Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Qualcomm Snapdragon 768G 5G Dirilis dengan Pembaruan Minor

0 936

Awal tahun 2020 ini dipenuhi dengan perilisan beberapa smartphone kelas menengah, atau yang bisa disebut dengan ‘affordable flagship’. Beberapa di antaranya sudah mendukung jaringan 5G, berkat chipset kelas menengah yang tergolong baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 765G.

Hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja, Qualcomm sudah memperkenalkan generasi penerus dari chipset tersebut, yaitu Snapdragon 768G. Arsitektur yang digunakan masih sama dengan seri sebelumnya. Hanya saja, kali ini Qualcomm meningkatkan clockspeed pada CPU serta kemampuan GPU dalam olah visual.

Ya, hal ini dirasa cukup mengejutkan, mengingat Snapdragon 765G digunakan pada smartphone yang bahkan belum tersedia secara merata di pasar global. Namun Qualcomm sudah memutuskan untuk rilis penerusnya, plus bekerja sama dengan salah satu vendor smartphone untuk penggunaan Snapdragon 768G pertama kali.

Baca juga: Xiaomi Indonesia Resmi Bawa Mi 10, Flagship 108MP dengan Snapdragon 865

Snapdragon 768G Tingkatkan Performa CPU & GPU

Qualcomm Snapdragon 768G

Dengan embel-embel “G” di belakangnya, tentu chipset ini mengunggulkan kemampuan gaming, dengan fitur-fitur khusus seperti on-device AI serta Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Kedar Kondap, VP Product Management, Qualcomm Technologies Inc. mengatakan jika mereka berada di posisi unik untuk mempercepat komersialisasi 5G dalam skala besar.

Snapdragon 768G merupakan salah satu contoh bagaimana mereka berupaya memenuhi kebutuhan konsumen. “Portofolio kami yang terus berkembang berpotensi untuk membuat 5G dapat diakses oleh miliaran pengguna ponsel pintar di seluruh dunia,” tambah Kedar.

Chipset ini sama-sama menggunakan CPU Qualcomm Kryo 475 64-bit, dengan proses fabrikasi 7nm. Perbedaan pertama terletak pada clock speed, dimana Snapdragon 768G lebih kencang hingga 2.8GHz, meningkat dari 2.4GHz pada Snapdragon 765G. Perbedaan kedua ada pada GPU Adreno 620 yang diklaim punya peningkatan performa sebesar 15%. Meski begitu, konsumsi daya tetap diperhatikan agar tetap menjaga daya tahan baterai smartphone.

Fitur Snapdragon Elite Gaming mampu berikan optimisasi khusus pada game tertentu, dengan permainan yang lebih lancar dan visual setara 10-bit HDR. Chipset ini juga menjadi yang pertama dengan dukungan Adreno Updateable GPU Drivers, mendukung layar dengan refresh rate hingga 120Hz.

Yang tak kalah penting adalah dukungan jaringan 5G dengan modem yang terintegrasi. Sama seperti pendahulunya, Snapdragon 768G dilengkapi Snapdragon X52 5G Modem-RF System, mendukung frekuensi umum yang ada seperti 5G mmWave, sub-6 GHz, 5G SA NSA serta Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Sistemnya dirancang untuk berikan kecepatan unduh hingga 3,7Gbps dan kecepatan unggah 1,6Gbps.

Bawa AI Engine, Snapdragon 768G Hadir di Redmi K30 5G Racing Edition

Dengan Qualcomm AI Engine Generasi ke-5, chipset ini diklaim bisa jalankan fitur-fitur aplikasi yang cukup berat seperti terjemahan real-time serta filter kamera berbasis AI seperti yang ada di berbagai aplikasi media sosial. Untuk mengenali perintah suara, disiapkan teknologi Qualcomm Sensing Hub berdaya rendah agar tidak menghabiskan baterai smartphone secara berlebihan. Teknologi ini juga bisa dimanfaatkan untuk deteksi lagu secara otomatis, serupa fitur Now Playing pada smartphone seri Google Pixel.

Qualcomm Snapdragon 768G dirilis bersamaan dengan Redmi K30 5G Racing Edition, jadi yang pertama gunakan chipset terbaru ini. Smartphone tersebut sudah mendukung jaringan 5G SA/NSA dual-mode, layar dengan refresh rate tinggi 120Hz, serta kamera dengan sensor utama 64MP. Kedepannya, chipset ini tentu diharapkan bakal tersedia di lebih banyak smartphone kelas menengah ke atas sepanjang tahun 2020.