Pertumbuhan industri hiburan saat ini terus meningkat dan berpotensi menjadi kekuatan industri kreatif Indonesia. Sehingga para event creator pun turut berkontribusi pada perekonomian nasional. Kemajuan industri hiburan didorong juga oleh inovasi teknologi dan penetrasi internet. LOKET merupakan perusahaan yang menyediakan teknologi event dan hiburan tersebut di Indonesia.
Berkat inovasi teknologi event, masyarakat lebih mudah menjelajahi berbagai acaraย baru secara cepat, personal dan nyaman. LOKET yang kini diakuisisi oleh Go-Jek pun meraup berkahnya. Di tahun 2018, penjualan tiket di LOKET mengalami peningkatan sampai lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan. Setiap kategori hiburan mengalami kecepatan pertumbuhan yang positif.
โPenjualan tiket kategori konser dan festival musik naik 500%, MICE naik 200%, tiket olahraga naik 225% dan atraksi hiburan naik 250%,โ ucap Ario Adimas, VP Marketing LOKET yang biasa disapa Dimas.
LOKET memprediksi bahwa di tahun 2019 konsep O2O (Online-to-Offline) akan semakin dikenal luas. Konsep ini memberikan layanan pemesanan tiket secara online dengan pembayaran offline. Sasaran layanan ini adalah masyarakat yang belum bisa mengakses pembayaran digital, sehingga mereka semakin akrab dengan layanan pembelian tiket online.
โKami harap LOKET bisa terus membantu lebih banyak Event Creator agar lebih aktif berkarya menciptakan kegiatan-kegiatan positif. Dengan demikian dapat meningkatkan ekonomi di sekitar dan menjadi salah satu kekuatan di industri kreatif Indonesia yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,โ kata Dimas.
Baca juga:ย Smartphone yang Cocok untuk Content Creator dan Traveler
Cashless
Sementara itu generasi milenial senang melakukan transaksi hanya dengan smartphone karena praktis dan efisien. Pola pembelian tiket online dan pembayaran cashless pun semakin populer, maka LOKET menerapkan penggunaan smartphone untuk melakukan segala transaksi. Konsumen dapat memesan, membeli dan membayar tiket serta melakukan segala transaksi selama event berlangsung dengan layanan LOKET.
Hal itu diamini olehย ย Anvid Erdian, VP Business Development LOKET, sebagai generasi yang akrab dengan teknologi, milenial lebih mudah beradaptasi dengan inovasi-inovasi yang hadir di industri hiburan. Hal ini yang kemudian mendorong pola pembelian tiket online dan pembayaranย cashlessย semakin populer ke depan.
โLOKET, kami secara bertahap telah menerapkan hal ini secaraย end-to-end, guna memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen. Jadi, tidak hanya dari segi pemesanan, pembelian dan pembayaran, tetapi juga termasuk segala transaksi selamaย eventย berlangsung,โย jelas Anvid.
Layanan LOKET di smartphone memungkinkan Event Creator berkomunikasi lebih baik dan terlibat langsung dengan konsumen akhir. LOKET juga memperkenalkan konsep self-service pada pertengahan tahun lalu. Konsep ini memungkinkan pengelolaan event skala kecil dan menengah secara profesional layaknya event skala besar.

Analisa Data
Teknologi event berikutnya yang tak kalah penting adalah data analyticย yang bahkan berperan sangat strategis dalam membuka konversi baru penyelenggaraan event.ย Karena ini adalah panduan utama paraย Event Creatorย untuk mempelajari event yang telah berlangsung guna mendapatkan hasil maksimal untuk penyelenggaraan event berikutnya.
โMelaluiย data analytic, Event Creatorย akan mendapatkan gambaran secara tepat mengenai banyak hal, seperti waktu terbaik untuk menjual tiket, kota yang menjual tiket terbanyak, tipe pembayaran yang paling banyak digunakan hingga produk favorit yang dibeli selama acara berlangsung,โย pungkas Anvid.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



