alexa

Resmi Kantongi Izin, 5G XL Axiata Bakal Hadir di 4 Kota Ini

Jakarta, Gizmologi – Setelah melalui proses panjang, XL Axiata resmi mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar layanan 5G di Indonesia. Itu artinya sarana dan prasarana 5G XL Axiata sebagai operator seluler secara teknis dinyatakan siap mengkomersialisasi layanan seluler generasi kelima ke masyarakat.

SKLO tersebut didapatkan XL Axiata setelah melakukan Uji Laik Operasi (ULO) jaringan 5G di Jalan Margonda, Depok, pada 3-5 Agustus 2021. Tahapan ini menjadi syarat sebelum operator seluler jualan 5G kepada pelanggan.

“Hari ini kita menyambut keikutsertaan XL Axiata yang baru saja dapat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) layanan 5G, per 6 Agustus lalu,” kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate pada konferensi pers, Kamis (12/8/2021).

Lebih lanjut, Johnny menyebutkan, penerbitan SKLO 5G XL Axiata ini berdasarkan Pasal 4 Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, yang mana turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

Baca Juga: XL Axiata Akuisisi 66,03% Saham Link Net

Spektrum Frekuensi 5G XL Axiata di 1,8GHz

5G di indonesia
Ilustrasi 5G di Indonesia (Foto: 123rf/ximagination)

XL Axiata menjadi operator seluler ketiga yang mengelar layanan 5G komersial, Telkomsel dan Indosat Ooredoo sudah lebih dulu menyediakan layanan tersebut tahun ini. Nantinya 5G  XL Axiata akan mendapatkan izin untuk menggunakan spektrum frekuensi radio 1,8GHz, dengan lebar pita 20MHz di rentang 1.807,5MHz sampai 1.827,5MHz.

“Dengan mulainya komersialisasi 5G XL Axiata ini meramaikan industri telekomunikasi. Kedepannya kita tentu berharap agar komersialisasi 5G atau pelaksanaan komersial 5g dapat berkembang dengan baik di Indonesia,” imbuh Johnny.

Sejauh ini, Indonesia telah menggelar jaringan dan layanan internet 5G secara komersial sejak pertengahan tahun 2021. Di mana Telkomsel telah menghadirkan 5G sejak 27 Mei 2021, kemudian Indosat Ooredoo pada 22 Juni 2021.

Keduanya sama-sama menggelar 5G di wilayah secara terbatas dan bertahap. Seperti sejumlah titik di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi, juga Solo, Balikpapan dan Makassar.

Jaringan 5G XL Axiata di 4 Kota

kominfo-menteri-johnny-SKLO-XL-CEO-Dian

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, menyatakan mereka siap memaksimalkan spektrum frekuensi yang telah untuk menggelar layanan dan jaringan 5G. Secara bertahap pihaknya siap memperluas cakupan wilayah ke seluruh Indonesia.

“Kami mendukung sepenuhnya pemerintah dalam upaya percepatan implementasi teknologi 5G di Indonesia dengan terus berinovasi dan adaptif. Termasuk menyiapkan ekosistem digital yang diperlukan konsumen,” jelas Dian.

Baca Juga: XL Axiata Perluas Jangkauan VoLTE di 224 Kota/Kabupaten

Usai mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari XL Axiata akan segera mengkomersialisasikan layanannya dalam waktu dekat. Meski secara terbatas, XL Axiata akan menggelar layanan 5G di empat kota besar.

“Untuk tahap awal, jaringan 5G XL Axiata tersedia di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, dengan cakupan area yang masih terbatas mulai 18 Agustus 2021.”

Tinggalkan komen