Jakarta, Gizmologi โ Pernah mengalami kartu Telkomsel mati karena lupa tidak isi ulang? Ya, penulis pernah mengalaminya. Sebagai jurnalis teknologi yang sering mereview smartphone, biasanya memang memiliki beberapa kartu SIM dari berbagai operator.
Baca juga:ย Cara Cek Vaksin Booster Lewat Aplikasi PeduliLindungi
Kadang ada yang terlupa tidak isi ulang hingga masa tenggangnya habis, kemudian hangus. Daripada repot ke gerai operator untuk mengurus kartu, biasanya cara paling mudah ya beli kartu perdana di counter hp terdekat. Kecuali jika itu adalah nomor utama, maka mau tidak mau harus diurus ke gerai untuk menyelamatkannya.
Biasanya, setelah tiga bulan hangus, operator akan memproduksi lagi nomor tersebut. Sehingga tak heran jika kadang baru mengaktifkan nomor baru, tetapi tiba-tiba sudah dapat banyak SMS promo, bahkan telepon nyasar. Telkomsel rupanya memahami kondisi tersebut. Operator seluler milik Telkom dan Singtel tersebut memberi kemudahan pengguna untuk mengaktifkan lagi kartu Telkomsel mati.
Hal ini ditegaskan oleh Adiwinahyu Basuki Sigit, yang mengatakan perusahaan mendengarkan masukan pelanggan dalam menerapkan prinsip customer-centric di setiap inovasi layanan. โSolusi bagi pelanggan untuk dapat mengaktifkan kembali nomor Telkomsel Prabayar-nya yang hangus/expired menjadi salah satu wujud nyata kami kebutuhan pelanggan yang kian dinamis,โ ujarnya.
Pemanfaatan nomor ponsel kian berkembang untuk layanan digital

Beberapa tahun sebelumnya, tak sedikit pengguna yang sering berganti nomor untuk mendapatkan promo kartu perdana. Namun perkembangan zaman pun membuat kebutuhan memiliki nomor ponsel yang tak berubah kian penting.
Nomor ponsel kini bukan hanya digunakan sebagai identitas kontak pengguna. Pemanfaatannya sudah semakin berkembang untuk kebutuhan integrasi berbagai layanan digital. Di antaranya seperti verifikasi registrasi/login pengguna seperti Peduli Lindungi hingga autentikasi transaksi layanan teknologi finansial.
Oleh karena itu, Telkomsel merasa perlu untuk dapat memberikan nilai tambah bagi pengalaman akses layanan purna jual yang memudahkan pelanggan. Seperti layanan self-service melalui UMB yang bisa dilakukan oleh pelanggan langsung dari ponselnya, dengan proses verifikasi yang cepat dan mengurangi potensi mobilitas pelanggan.
Sigit menambahkan, solusi layanan reaktivasi nomor kartu Telkomsel mati atau sudah hangus/expired ini merupakan wujud nyata perusahaan untuk mengapresiasi loyalitas lebih dari 168 juta pelanggan setia layanan Telkomsel Prabayar.
โKami mencatat aktivitas digital pelanggan Telkomsel Prabayar menjadi semakin produktif. Hal tersebut didorong dengan peningkatan penggunaan layanan data pelanggan Telkomsel Prabayar sekira 53 persen, setelah melakukan reaktivasi nomor yang hangus/expired,โ ungkapnya.
Syarat dan Cara Aktivasi Kartu Telkomsel Mati
Telkomsel memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan keterbatasan mobilitas di masa pandemi dan harus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital untuk beraktivitas dari rumah. Kini layanan reaktivasi (mengaktifkan kembali) nomor kartu Telkomsel mati atau telah hangus dapat dilakukan oleh pelanggan sendiri, tanpa perlu keluar rumah.
Berikut ini kriteria pelanggan yang bisa mengaktifkan kembali kartu Telkomsel mati:
- Pengguna kartu Telkomsel PraBayar yang nomornya hangus/expired
- Penyebabnya karena tidak melakukan isi pulsa atau pembelian paket pada masa tenggang, dan melewati maksimal 60 hari dari tanggal terakhir masa tenggang.
- Nomor kartu Telkomsel mati tersebut belum dipakai oleh orang lain. Jadi sebelum mengurusnya, sebaiknya telepon dulu untuk melakukan pengecekan awal.
Langkah reaktivasi kartu Telkomsel mati secara mandiri:
- Siapkan nomor KTP (NIK) dan Kartu Keluarga yang sebelumnya didaftarkan pada nomor prabayar pelanggan
- Pastikan kartu SIM fisik Telkomsel Prabayar yang ingin diaktifkan kembali terpasang di ponsel
- Hubungi nomor *888*89# dengan menggunakan nomor kartu Telkomsel mati atau yang hangus
- Kamu akan melihat instruksi sebagai berikut:
โ Pilih โ1. Reaktivasi kartuโ.
โ Pilih โ1. Setujuโ jika kamu menyetujui ketentuannya.
โ Silakan masukkan nomor KTP dan Kartu Keluarga.
โ Kamu akan menerima SMS pemberitahuan apakah nomor bisa diaktifkan kembali atau tidak.
Selain memanfaatkan layanan self-service UMB *888*89#, pelanggan Telkomsel Prabayar yang ingin melakukan reaktivasi bisa juga melalui cara lain. Alternatifnya adalah melalui layanan e-Care Telkomsel dengan menghubungi melalui fitur direct message (DM) di akun media sosial twitter @telkomsel. Cara lainnya adalah yang paling konvensional yaitu berkunjung langsung ke layanan GraPARI terdekat di seluruh Indonesia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



