Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Perkuat Jaringan di Jabodetabek, First Media Gandeng Fiber Media

Kolaborasi bukan hanya familiar di kalangan industri startup saja. Tetapi juga di berbagai sektor industri, termasuk penyedia layanan jaringan internet. Seperti dilakukan oleh PT Link Net Tbk yang lebih dikenal dengan merek First Media melakukan kolaborasi dengan PT Fiber Media Indonesia.

Keduanya akan bekerja sama untuk memperluas dan meningkatkan kualitas jaringan dan layanan First Media di wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Sebagaimana diketahui, First Media adalah penyedia TV Cable dan Fixed Broadband Cable Internet yang cukup populer di kawasan Jabodetabek. Sementara itu Fiber Media merupakan penyedia infrastruktur telekomunikasi berbasis fiber optic melalui tiang tumpu.

Marlo Budiman, Presiden Direktur & CEO PT Link Net, menegaskan bahwa First Media secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam ekspansi melalui percepatan perluasan jaringan strategis dan peningkatan kualitas layanan ke pelanggan. Untuk itu, pihaknya merasa perlu untuk berkolaborasi dengan berbagai mitra.

Sebelum berkolaborasi dengan Fiber Media, mereka bekerja sama dengan PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) dalam penempatan infrastruktur telekomunikasi yang menghubungkan antara Jakarta–Serang–Merak.

Baca juga: First Warriors, Audisi E-Sports Pertama dengan Hadiah Sebesar Rp 1,3M

Fiber Media Punya 14 Ribu Tiang Tumpu di Jabodetabek

First Media FIber Media

“Kerja sama yang dilakukan First Media dengan mitra penyedia backbone dan infrastruktur telekomunikasi secara berkelanjutan dilakukan untuk memfasilitasi strategi ekspansi kami ke kota-kota besar di Indonesia dan memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujar Marlo, saat jumpa pers di Hotel Aryaduta, Jakarta (29/8/2019).

Dijelaskan lebih lanjut, kerja sama dengan Fiber Media menyediakan jalur pertumbuhan yang lebih luas di wilayah Jabodetabek. Sehingga memungkinkan layanan First Media menjangkau lebih banyak pelanggan residensial maupun korporasi hingga ke lokasi terdekat dengan pelanggan.

“Kedepannya kerja sama ini akan dikembangkan hingga ke pemanfaatan subduct bersama (jaringan kabel fiber optic bersama di bawah tanah) sesuai dengan arah kebijakan pemerintah daerah dan kota dengan melakukan efektivitas pemakaian tiang tumpu dan mulai melakukan pemindahan jaringan fiber optic dari tiang tumpu ke jaringan bawah tanah,” kata Marlo.

Sementara itu Budi Aditya, Direktur PT Fiber Media Indonesia dalam kesempatan yang sama mengatakan jalur fiber optic milik Fiber Media melalui tiang tumpu yang telah hadir di sebagian besar wilayah Jabodetabek. “Kami harapkan akan menyempurnakan wilayah cakupan First Media dan juga PT Fiber Media Indonesia di wilayah ini dengan kecepatan dan kehandalan yang sangat tinggi,” imbuhnya.

Secara rinci, kerja sama ini memungkinkan First Media untuk mengakses tiang tumpu milik Fiber Media dengan jumlah potensi tiang tumpu 140.000 atau sekitar 5.600 km yang tersebar di Jakarta, Bogor Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek).

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 32.134.017 jiwa (data BPS 2018), Jabodetabek merupakan pasar yang menentukan. Untuk itu peningkatan layanan dan juga coverage yang lebih menyeluruh di Jabodetabek menjadi sebuah keharusan. Saat ini, layanan First Media telah menjangkau 1.675.000 home passed di wilayah Jabodetabek.

 

This post is also available in: enEnglish (English)