Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei & Telkomsel Berikan Solusi Jaringan Prima di Gedung Tinggi

0 332

Permasalahan yang kerap terjadi terkait koneksi jaringan internet, terutama di gedung-gedung tinggi adalah penerimaan sinyal yang kurang maksimal. Jauhnya jarak antara pengguna/perangkat dengan antena yang ada, membuat lalu lintas data menjadi terhambat. Sehingga bakal mengganggu, terutama untuk perusahaan yang berada di lantai gedung tinggi.

Sebagai penyedia solusi TIK kelas dunia, Huawei Indonesia baru saja menjalin kerja sama dengan Telkomsel, mencoba mengatasi isu yang cukup umum dialami tersebut. Keduanya luncurkan solusi antena high-gain narrow beam, dengan berikan dukungan antena-antena luar ruangan. Demi hadirkan jaringan yang mampu menjangkau sampai titik-titik area di dalam ruangan.

Kerja sama Huawei dengan perusahaan komunikasi digital terkemuka di Indonesia bisa dibilang sangat tepat, terutama dengan misi tingkatkan cakupan jaringan dalam ruangan secara signifikan. Dengan begitu, pengguna bisa tetap lancar untuk menjelajah di internet, terutama mereka yang berada di perkantoran gedung bertingkat, apartemen hingga bangunan tinggi lainnya.

Baca juga: Huawei Bagikan Akun Cloud E-Learning untuk 500 Perguruan Tinggi di Indonesia

Solusi Telkomsel & Huawei Cakup Jangkauan Gedung Lebih Baik

Huawei - Telkomsel

Solusi ini sejatinya merupakan sebuah hasil pengembangan inovasi bersama antara Huawei dengan Telkomsel, yang telah dimulai sejak kuartal pertama tahun 2020 lalu. Lewat rangkaian riset dan diskusi kedua pihak, keduanya telah berhasil atasi kendala terkait jangkauan jaringan yang lemah. Akibat penggunaan sistem indoor tradisional yang letaknya tersebar di dalam gedung-gedung pencakar langit tersebut.

Penggunaan sistem tersebut memiliki beberapa kekurangan dan kendala tersendiri. Beberapa di antaranya seperti proses akuisisi lahan yang sulit, biaya sewa tinggi hingga waktu time-to-market (TTM) yang umumnya molor. Dengan menggunakan teknologi antena luar, rasio gain antara sinyal yang dipancarkan dan diterima bakal meningkat. Proses konfigurasi beam juga lebih fleksibel di lokasi-lokasi BTS luar ruangan.

“Selain untuk meningkatkan kualitas jangkauan jaringan dalam ruangan, antena high-gain akan membantu pelanggan kami dalam menekan biaya modal atau CapEx, serta biaya operasional atau OpEx guna mengoptimalkan efektivitas biaya dan beragam manfaat lain seperti pembangunan dan TTM yang makin cepat,” jelas Zhang Jianwei, VP of Antenna Business Unit, Huawei Wireless Network.

Komitmen Dua Pihak Untuk Terus Kembangkan Solusi Jaringan

Lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (13/2), Zhang juga menambahkan bila Huawei akan terus lakukan inovasi di bidang solusi jaringan, berlandaskan pada kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Sementara itu, Akhmad Mades, VP of Network Planning and Engineering, Telkomsel sebutkan bila lewat inovasi keduanya, Telkomsel bakal terus sempurnakan jangkauan jaringan dalam ruangan.

Pihaknya terus berkomitmen untuk kembangkan jaringan broadband hingga menjangkau seluruh wilayah Indonesia, termasuk di area-area yang memiliki lalu lintas komunikasi dalam ruangan tinggi. Telkomsel juga terus mendukung masyarakat dalam optimalkan seluruh potensi yang ada dalam keseharian mereka, lewat tersedianya konektivitas digital yang prima.

Sebelumnya, Huawei sendiri telah berkontribusi terhadap pengembangan sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Yaitu dengan membagikan akun cloud e-learning untuk 500 perguruan tinggi, bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik (Kemdikbud) Indonesia.