Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Layanan 4G LTE Telkomsel Hadir di Seluruh Ibu Kota Kecamatan Natuna

Berada di kawasan perbatasan, Kepulauan Natuna mememiliki posisi penting bagi negara. Karena berada di garis terdepan wilayah NKRI yang berhadapan dengan Laut China Selatan, sehingga aspek ketahanan nasional pun diprioritaskan. Natuna juga memiliki letak yang strategis secara geopolitik dan berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea, dan Taiwan.

Selain itu, Natuna juga dikenal sebagai penghasil minyak dan gas. Nilai strategis tersebut yang kemudian membuat operator seluler bersaing menghadirkan layanan terbaiknya di tempat ini. Telkomsel memulainya pada September 2016 di Natuna dan Anambas. Kemudian ditingkatkan menjadi 4G LTE pada Maret 2018. Selanjutnya, di bulan yang sama ada Indosat Ooredoo yang menggelar jaringan di kawasan ini melalui program USO. Setahun berikutnya, pada Maret 2019, Smartfren menggelar layanan 4G LTE di Kepuluan Natuna. 

Menjelang akhir tahun ini, XL Axiata ikut menghadirkan layanan 4G LTE di wilayah perbatasan ini melalui program USO. Telkomsel yang sudah lebih dulu di daerah ini pun berupaya untuk semakin memperkuat layanannya. Operator anak perusahaan Telkom dan Singtel ini melakukan pembangunan infrastruktur 4G LTE dengan agresif hingga mencapai berbagai wilayah Ibu Kota kecamatan (IKC), seperti Kecamatan Midai.

Related Posts
1 daripada 39

Kini layanan 4G LTE Telkomsel telah bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di Ibu Kota Kecamatan Natuna yang berjumlah sebanyak 15 IKC, termasuk Ranai yang telah terlayani 4G LTE sejak awal tahun 2017. Komitmen Telkomsel menggelar pembangunan  infrastruktur komunikasi mendapatkan apresiasi pemerintah setempat, bertepatan dengan perayaan HUT 20 tahun Kabupaten Natuna.

Alvo Ismail, General Manager Network Operation and Quality Management Sumbagteng, mengatakan hadirnya layanan 4G LTE di seluruh Ibu Kota Kecamatan Natuna akan mendukung pembangunan wilayah ini, di mana salah satu indikatornya adalah penerapan teknologi terkini. “Kami percaya layanan ini akan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat, khususnya dalam mencari dan bertukar informasi dengan lebih cepat,” ujar Alvo.

Dijelaskan lebih lanjut, secara umum kendala utama yang dialami oleh daerah terdepan Indonesia ini ialah masalah transportasi. Akibatnya, berbagai sektor mengalami pertumbuhan yang lambat dibandingkan daerah yang memiliki akses transportasi yang baik. “Namun hal itu dapat diminimalisir dengan hadirnya teknologi telekomunikasi sebagaimana kehadiran Telkomsel di daerah-daerah terdepan termasuk Kabupaten Natuna”,  tegas Alvo.

Untuk Kabupaten Natuna, Telkomsel menggelar lebih dari 105 BTS yang didalamnya termasuk BTS 2G, 3G, 4G hingga 4,5G. Jumlah ini merupakan BTS terbanyak yang dihadirkan dan Telkomsel menjadi operator pertama yang hadir lebih dulu melayani seluruh populasi masyarakat di Natuna.