Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

3 Indonesia Hadirkan Platform IoT Untuk Pelanggan Bisnis & Profesional

Sepanjang tahun 2020, berbagai provider operator di Indonesia berlomba untuk berikan layanan yang terbaik untuk konsumennya. Agar kebutuhan akan internet dan telefoni terus terpenuhi, terutama di masa pandemi saat ini yang membutuhkan intensitas lebih tinggi. Sebagai salah satu penyedia, 3 Indonesia (17/12) luncurkan platform internet of things (IoT).

Platform tersebut dihadirkan seiring dengan meningkatnya pengenalan produk IoT di mata masyarakat. Di mana lebih banyak konsumen yang melengkapi kesehariannya dengan perangkat-perangkat aksesori maupun perangkat rumah. Termasuk untuk meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbuhan bisnis di era digital.

Sejalan dengan komitmen 3 Indonesia untuk mendukung ekonomi digital dan solusi Information and Communication Technology (ICT) bagi pelanggannya, 3 Indonesia bekerja sama dengan rekanan pendukung ekosistem IoT, melakukan kolaborasi penyediaan solusi platform IoT dan turunan layanannya untuk kalangan bisnis serta profesional. Solusi platform ini kemudian dikelola melalui unit 3Business.

Baca juga: Siap Menuju 5G, 3 Indonesia Transformasi Packet Core Network

3 Indonesia Berikan Platform IoT Terintegrasi Untuk Profesional

IOT

Lewat unit 3Business, pelanggan 3 Indonesia dapat melakukan kontrol dan lacak perangkat IoT dan aset dengan layanan manajemen platform yang terintegrasi. Serta dapat berikan kontrol perangkat dan paket koneksi secara real time. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh M. Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia.

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (17/12), Danny mengatakan bila berbagai inovasi dan solusi telah dihadirkan untuk dukung kalangan bisnis serta profesional untuk tingkatkan daya saing, mempercepat pertumbuhan bisnis di era digital. Salah satunya dengan bersinergi dengan berbagai partner untuk mengembangkan ekosistem digital lewat layanan berbasis IoT, di-bundling dengan paket data yang terjangkau.

“Kami berharap, sinergi dan juga lisensi Siskomdat yang baru kami dapatkan bisa memberikan kemajuan positif bagi kalangan bisnis dan profesional dalam menghadapi ekonomi digital dampak ekonomi di situasi pandemi,” tambah Danny. 3 Indonesia juga bersinergi dengan Nokia WING (Worldwide IoT Network Grid) untuk mendukung ekonomi digital dan industri 4.0. 3Business adalah unit bisnis yang berikan solusi bisnis digital untuk korporasi, pemerintah dan profesional.

Perkuat Layanan, Manfaatkan Jaringan Bersama Nokia

Saat ini, 3Business fokus membantu pelanggan untuk lakukan transformasi digital dan efisiensi bisnis. “Sebagai partner, Nokia terus mendukung pengembangan layanan IoT di 3Business, dengan membangun jaringan WING yang memiliki keunggulan dalam hal kemudahan mengelola koneksi dan perangkat IoT melalui Connectivity Management Platform (CMP),” kata Ammar Hussain, Head of Service Sales, Nokia Indonesia.

Sebelumnya, 3 Indonesia juga telah mengeluarkan berbagai macam solusi IoT bagi pelanggan bisnis dan profesional. Yaitu dengan melakukan bundling layanan paket data dan solusi dari partner ke berbagai industri vertikal, untuk tingkatkan efisiensi bisnis dan transformasi digital. Saat ini, layanan profesional 3Business didukung oleh 700 staf profesional dan berpengalaman, tersebar di lebih dari 257 kota di 25 provinsi.

Selain mendukung IoT untuk bisnis dan profesional, 3 Indonesia juga turut mendorong kemajuan industri teknologi lainnya. Termasuk mobile gaming di Indonesia, dengan meluncurkan platform digital pusat ekosistem gaming yaitu H3RO. Sampai mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dengan merilis paket data khusus bersama Kemenag.

Tunjukkan Komen (1)