Jakarta, Gizmologi โย XLSMART ikut berpartisipasi dalam membantu korban banjir Aceh dan Sumatra dan terus melakukan pemulihan jaringan. Bencana banjir dan longsor telah menimpa wilayah Aceh, Sumatra Utara dan Sumatra Barat di mulai pada 28 November 2025.
Agar kondisi jaringan membaik, XLSMART sebagai operator seluler di Indonesia ikut membantu masyarakat yang terdampak dengan pemulihan jaringan, layanan gratis hingga posko pengungsian.
โKami turut berduka dan prihatin atas bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Sumatra,โ ujar Desy Sari Dewi, Regional Group Head XLSMART West Region.
Baca Juga:ย XLSMART Pastikan Jaringan Tetap Aman Pasca Bencana Banjir di Bali
Bentuk Bantuan XLSMART ke Wilayah Banjir Aceh dan Sumatra

XLSMART melaporkan total BTS yang masih terdampak ialahย 489 BTS di Aceh termasuk (Kab. Pidie Jaya, Kab. Aceh Utara, Kab. Aceh Timur dan Kab. Aceh Tamiang), 117 BTS di wilayah Sumatra Utara (Kab. Tapanuli Tengah, Kab. Tapanuli Selatan, dan Kota Sibolga), 12 BTS di wilayah Sumatra Barat (Kabupaten Kab. Padang Pariaman, Kab. Tanah Datar, dan Kab. Solok).
Perusahaan juga melakukan penguatan suplai listrik melalui genset atau baterai cadangan. Selain itu, koordinasi dengan pemerintah pusat atau Kementerian Komunikasi dan Digital, pemerintah daerah, PLN dan pemangku kepentingan lainnya juga tetap berjalan.
XLSMART memiliki fokus utama dalam melakukan pemulihan jaringan di wilayah banjir Aceh dan Sumatra, yaitu memastikan layanan voice, data, dan konektivitas bisnis kritikal kembali normal. Meski dalam melakukan hal tersebut terdapat tantangan seperti kondisi geografis yang sulit dijangkau, akses sulit, pasokan listrik yang tidak ada atau terbatas, dan keterbatasan pasokan BBM untuk Genset (untuk mendukung operasional BTS).

Selain melakukan pemulihan jaringan, XLSMART juga memberikan layanan gratis untuk masyarakat yang terkena banjir Aceh dan Sumatra. Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian, XLSMART menghadirkan Paket kuota, telepon dan SMS gratis untuk pelanggan XLSMART yang berada di 51 wilayah-wilayah yang terdampak bencana.
Cara untuk mendapatkan layanan gratis dari XLSMART ialah melalui USSD Menu Browser (UMB) dengan menekan *505# untuk pengguna XL (prabayar dan PRIORITAS) dan AXIS, untuk pengguna SMARTFREN bisa tekan *877#. Layanan yang akan didapat dari pengguna XL dan AXIS ialah gratis telepon 10 menit, 10 SMS ke semua operator, gratis kuota internet 500MB di semua jaringan, gratis kuota, kuota WhatsApp 2GB untuk 3 hari dan telepon atau SMS sepuasanya ke XL, SMARTFREN dan AXIS. Pengguna XL dan Axis masih bisa klaim layanan gratis ini hingga 5 Desember 2025 dan hanya bisa diklaim 1 kali.

Sedangkan untuk pelanggan SMARTFREN yang terdampak banjir Aceh dan Sumatra, bisa mendapat gratis kuota internet 2GB untuk 7 hari, gratis telepon ke semua nomor SMARTFREN, XL, dan AXIS. Khusus nomor yang sedang mengalami masa tenggang juga akan otomatis menjadi aktif.
Di samping memberikan pemulihan jaringan dan layanan gratis, XLSMART hadirkan Program CSR Peduli Sumatra terus dilakukan di titik-titik lokasi yang posko pengungsian untuk mendukung kebutuhan masyarakat. Hingga saat ini XLSMART berhasil menyalurkan bantuan ke 4 titik lokasi bencana, diantaranya Kab. Pidie Jaya, Aceh, Kab. Tapanuli Selatan, Kab. Mandailing Natal, Kab. Padang Pariaman, dan masih akan terus dilanjutkan ke lokasi-lokasi yang lainnya.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



