Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telegram Kini Punya Fitur Group Voice Chat, Bakal Hadirkan Iklan di 2021

0 785

Menjelang tahun baru 2021, sudah berapa banyak nih, kontak Gizmo friends yang udah mulai pindah atau aktif di Telegram? Biasanya, banyak yang memilih untuk pindah karena kemampuannya untuk login di lebih dari satu perangkat, tanpa perlu backup dan restore, serta kemampuan grup yang jauh lebih superior dibanding WhatsApp.

Pada pekan ini, Telegram baru saja merilis pembaruan yang bakal tingkatkan pengalaman komunikasi dalam grup. Plus, beberapa fitur lainnya yang bikin nyaman untuk pengguna smartphone Android. Namun juga diikuti dengan kabar bahwa Telegram bakal hadirkan iklan untuk aplikasinya yang memang seutuhnya gratis ini. Seperti apa iklannya?

Baca juga: Fitur Panggilan Video Kini Hadir di Telegram Android & iOS

Fitur Group Voice Chats di Telegram Mirip Discord

Telegram Group Voice Chat

Sebelumnya, kita bahas dulu fitur baru untuk tingkatkan grup di Telegram, yaitu group voice chats. Fitur ini mungkin bakal terasa familiar bagi kamu para pemain gim yang biasa gunakan platform messenger, Discord. Fitur ini bisa dibilang mirip seperti group call atau panggilan suara dalam grup. Tapi ada sedikit perbedaan dalam cara komunikasi.

Seperti live di Instagram, pengguna dapat menginisiasi voice chat dalam suatu grup. Setelah mulai, Telegram bakal menampilkan siapa-siapa saja anggota yang sedang berbicara maupun sedang mendengarkan. Sembari berbicara maupun mendengar, pengguna bisa mengakses tampilan chat lain, dan bakal ada tombol yang melayang (floating widget) untuk pintasan akses ke group voice chat.

Bila ditekan, bakal ada tiga opsi utama; speaker, mikrofon dan tombol untuk meninggalkan panggilan. Pengguna bisa memilih kapan ingin berbicara, dan apakah suara ingin dikeluarkan dari speaker earpiece atau perangkat audio nirkabel yang sedang tersambung. Telegram sebutkan bila fitur ini bisa akomodir hingga ribuan anggota sekaligus.

Sembari pengguna Telegram memanfaatkan fitur ini, Telegram juga bakal terus terima masukan penggunanya dan tingkatkan kemampuan fitur group voice chat ini. Nantinya mereka bakal hadirkan fitur tambahan seperti video dan screen sharing.

Bisa Simpan Data Langsung ke Memori Eksternal

Telegram SD Card

Selain itu, Telegram juga hadirkan beberapa peningkatan kecil. Stiker yang dikirim kini bakal tampil dalam bentuk outline atau bayangan terlebih dahulu, sebelum akhirnya berhasil diunduh dan ditampilkan. Nantinya diklaim bakal tampil lebih cepat, karena semua stiker dari Telegram hadir dalam ukuran yang tak lebih dari 50KB.

Untuk smartphone Android yang mendukung penyimpanan eksternal, kini data seperti media dapat dibuat agar tersimpan langsung ke SD card. Ini sangat memudahkan terutama bagi kamu yang gunakan Android dengan memori cekak baik 16GB atau bahkan 8GB. Jadi aman kalau lagi terima video saat memori internal lagi penuh.

Dan untuk pengguna iOS, lewat versi terbarunya, pesan yang masuk bisa minta dibacakan lewat Siri. Cara mengaktifkannya cukup mudah, dengan mengakses menu Settings – Notifications – Announce Messages lalu ubah Telegram hingga aktif. Dengan begitu, kamu bisa minta Siri bacakan pesan yang masuk ketika sedang melakukan kegiatan lain.

Bakal Hadirkan Iklan, Dijanjikan Tidak Ganggu Penggunaan

Dengan banyaknya jumlah pengguna dan fitur yang sangat berlimpah, cukup spektakuler bila platform perpesanan yang kini sudah mencapai 500 juta pengguna ini bisa hadir sepenuhnya gratis. Apakah bakal seterusnya gratis? Pavel Durov, sang penemu Telegram baru saja umumkan rencana untuk monetisasi platform kebanggaannya ini.

Nantinya, Telegram bakal dilengkapi dengan iklan. Tapi tenang, iklan tersebut tak akan muncul di chat pribadi maupun grup keluarga. Melainkan dari kanal atau akun grup Telegram yang lebih publik, seperti channel besar yang dimiliki personal atau organisasi. Ia mengklaim bahwa iklannya bakal tampak seperti pesan biasa, supaya tak mengganggu penggunanya.

Ini ditujukan agar Telegram bisa menutup biaya server hingga lalu lintas data penggunanya yang sudah mulai banyak. Selain iklan di Telegram channel, Pavel juga bakal perkenalkan fitur-fitur premium seperti stiker untuk akun personal. Atau fitur lainnya yang sedang direncanakan untuk pengguna kelas organisasi atau power user, semua disiapkan untuk tahun 2021 mendatang.