Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telegram Rilis Fitur & Emoji Baru Bertema Halloween

0 991

Akhir bulan Oktober, tepatnya tanggal 31 menjadi hari yang cukup spesial untuk beberapa negara di dunia. Dirayakan sebagai hari Halloween, masyarakat berlomba-lomba mengenakan kostum serta mengadakan event-event seru. Meski mungkin tahun ini banyak diadakan secara daring, melalui platform kirim pesan, salah satunya termasuk Telegram.

Agar lebih relevan, Telegram perbarui aplikasinya dengan beragam fitur baru. Selain permudahkan berkirim pesan, juga untuk tingkatkan pengalaman perayaan hallloween. Pembaruan ini sudah hadir untuk Telegram versi iOS maupun Android. Jadi bagi Gizmo friends yang ingin mencoba fitur-fitur baru di bawah ini, pastikan sudah memasang update terbaru ya.

Baca juga: Fitur Panggilan Video Kini Hadir di Telegram Android & iOS

Bisa Pin Lebih dari Satu Pesan & Bagikan Playlist

Telegram pin messages

Fitur baru yang didatangkan pertama adalah “multiple pinned messages”. Biasanya, cara untuk membuat agar sebuah chat penting tidak tenggelam dalam grup adalah dengan memberikan pin. Supaya kapan pun dapat diakses dengan menyentuh bagian atas layar. Kali ini, chat atau pesan yang ingin di-pin bisa lebih dari satu, memudahkan beberapa beberapa pesan penting yang ingin ditandai.

Yang juga baru, fitur pinned messages juga hadir tak hanya untuk group chats maupun channels, tapi juga obrolan personal. Jadi bisa dimanfaatkan untuk list belanja atau lainnya. Dan untuk menambah keseruan halloween, fitur “live location 2.0” kini dilengkapi fitur notifikasi otomatis ketika lebih dari satu orang berada dalam jarak yang dekat.

Selain untuk seru-seruan ketika halloween, fitur ini juga bermanfaat ketika kita sedang menuju satu lokasi (seperti tempat makan) dengan beberapa teman. Jadi ketika sampai, Telegram akan munculkan notifikasi, supaya kita tak perlu lagi bertanya secara manual apakah teman sudah dekat lokasi tujuan atau belum.

Telegram live location

Telegram juga menjadi platform yang cocok untuk berkirim file seperti foto maupun media lainnya, mengingat kapasitasnya unlimited dan tersimpan dalam server. Sehingga tak memakan cloud storage dan tak perlu backup maupun restore. Bagi yang senang membagikan file lagu, bakal langsung ditampilkan menjadi sebuah playlist yang ringkas.

Dengan begitu, seluruh lagu bisa diputar otomatis berurutan lewat player musik bawaan Telegram, atau diberi komentar sekalipun. Dan bagi Gizmo friends yang berperan sebagai admin sebuah channel, juga dapat melihat statistik sebuah postingan individu di dalam channel.

Tambahan Emoji Animasi Bertema Halloween

Telegram Halloween Update

Sementara fitur tambahan lainnya adalah animated emoji bertemakan halloween, yang otomatis berubah menjadi animasi ketika kita mengirim emoji terkait tema hiburan saat ini. Tampilan efek transisi untuk versi Android juga ditingkatkan, bakal berikan animasi yang lebih menarik ketika mengirimkan sebuah pesan atau berpindah lagu yang diputar di dalam aplikasi.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, pembaruan ini sudah tersedia baik untuk Android dan iOS. Fitur-fitur ini berikan keunggulan yang jadikan Telegram alternatif menarik selain menggunakan WhatsApp. Ditambah kemudahan akses dari berbagai platform, termasuk multiple login alias menggunakan satu akun di beberapa perangkat sekalipun. Gizmo friends sendiri pilih mana, WhatsApp atau Telegram?