Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Layanan tiket TO DO Hadir Sebagai Solusi Praktis Bepergian

0 7

Meski pandemi COVID-19 masih melanda secara global, kini beberapa biro perjalanan sudah mulai bermunculan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai, supaya masyarakat masih bisa bepergian dengan aman dan nyaman. Termasuk salah satunya adalah tiket.com, pionir online travel agent (OTA) yang baru saja meluncurkan tiket TO DO.

Produk terbaru dari tiket.com ini hadir untuk melengkapi ekosistem yang sudah ada di situs maupun aplikasinya, hadir memperkaya pilihan fitur unggulan untuk penggunanya. tiket TO DO dirancang untuk memandu konsumen secara mandiri, mengambil alih peran dalam merancangkan kegiatan sesuai keinginan. Hanya lewat satu genggaman dari smartphone.

Lewat sebuah acara virtual yang diadakan Kamis (28/1), Gaery Undarsa, co-founder & chief marketing officer dari tiket.com menyampaikan tujuan dari hadirnya tiket TO DO, yang berikan lebih dari 10,200 pilihan kegiatan di ujung jari penggunanya. Ia mengatakan, fitur ini perkuat posisi tiket.com yang semula berfokus pada aplikasi pesan online khusus transportasi dan akomodasi.

Kini dengan adanya tiket TO DO, layanannya menjadi lebih lengkap, hadir sebagai platform ekosistem cerdas terpadu dengan kelengkapan pilihan wahana, atraksi, kegiatan wisata, hingga kebutuhan pokok perjalanan atau travel essentials.

Baca juga: Baparekraf Gaet Startup untuk Bangkitkan Ekonomi Kreatif & Pariwisata

Tiket TO DO Sempat Diluncurkan Sejak Awal Pandemi

Webinar tiket TO DO

Sebelumnya, tiket TO DO sudah diluncurkan secara soft launch pada Maret 2020 lalu, namun saat itu masih kurang maksimal karena baru munculnya kasus perdana COVID-19 yang terkonfirmasi di Indonesia. Awalnya, segmen ini hanya layani pemesanan tiket atraksi dan wahana.

“Tetapi, hingga saat ini, tiket TO DO menaungi 10 kategori, dengan lebih dari 10,200 pilihan kegiatan online dan offline, 286 event yang tersebar di 62 negara,” jelas Kamal Kripalaney, Head of Entertainment, tiket.com dalam kesempatan yang sama. Khusus di Indonesia, sudah tersedia 2000 pilihan kegiatan dan 380 event yang bisa dipilih sesuai keinginan para pengguna.

Kamal menambahkan, sudah ada dampak positif dari hadirnya fitur yang satu ini, terutama bagi para mitra operator tempat wisata. Berdasarkan data perbandingan penjualan produk dalam fitur tiket TO DO, dari Q3 menuju Q4 2020, kinerjanya telah meroket hingga 515%.

Tiket TO DO Berikan 10 Kategori Layanan Lengkap

tiket TO DO

Lalu apa saja layanan yang ditawarkan melalui fitur baru tiket TO DO? Saat meng-klik opsinya di halaman utama situs tiket.com, konsumen akan langsung disuguhkan dengan 10 pilihan kategori. Semuanya dinilai dapat melengkapi segala kebutuhan pokok perjalanan atau berwisata, dengan penawaran spesial serta harga kompetitif.

Ada segmen TO DO Online, di mana konsumen dapat temukan jajaran kegiatan yang sepenuhnya daring seperti kelas daring, seminar daring, podcast dan sejenisnya. Lalu kategori lainnya seperti atraksi, event, transportasi, tur, tempat bermain sampai kecantikan dan kebugaran. Dan yang tak kalah penting, kategori pelengkap perjalanan untuk kebutuhan pokok seperti tes COVID-19 sampai pembelian kartu SIM.

Voucher makanan tertentu juga bisa didapat lewat kategori wisata kuliner, lengkap dengan beberapa aktivitas serta kelas workshop, di mana konsumen dapat asah ketrampilan dan kemampuan diri. Mulai dari kelas daring belajar bahasa asing, sampai kelas olahraga virtual.

Gaery menambahkan, layanan yang disediakan lewat tiket TO DO telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan, sehingga aman dikunjungi oleh masyarakat. Hal ini juga menjadi salah satu upaya tiket.com dalam mendukung program pemerintah untuk menekan laju angka COVID-19, sembari bantu pulihkan industri pariwisata Indonesia.