Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi Tokopedia untuk Android Hadir dengan Fitur Penghemat Memori

0 288

Demi memanjakan penggunanya dalam mengakses layanan e-commerce dari perangkat genggam, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia terus kembangkan versi aplikasi smartphone-nya. Berbagai inovasi telah dihadirkan, termasuk versi aplikasi di perangkat iOS. Saat ini, Tokopedia di iOS telah mendukung tema gelap, serta pengisian saldo e-money lewat sensor NFC.

Padahal, seperti yang kita ketahui, Apple tak membuka akses untuk gunakan sensor NFC di iPhone dengan bebas, menandai integrasi mendalam yang dilakukan oleh Tokopedia. Nah, tentunya tak hanya pengguna iPhone saja yang akses aplikasi mereka. Ada banyak juga pengguna smartphone Android dari berbagai segmen harga yang akses tiap harinya.

Untuk itu, Tokopedia terus berikan nilai tambah atau inovasi dalam memenuhi kebutuhan harian penggunanya. Inovasi digital yang dihasilkan, tak lepas dari peran talenta digital muda Indonesia. Salah satunya adalah software engineer yang terlibat langsung dalam kembangkan aplikasi Tokopedia untuk Android, yaitu Rico Harisin, selaku Head of Engineering Tokopedia.
Baca juga: Tokopedia Hadirkan Sederet Inovasi Terbaru untuk Aplikasi Versi iOS

Aplikasi Android Tokopedia Jadi yang Pertama Manfaatkan NFC

Head of engineering Tokopedia, Rico Harisin
Head of engineering Tokopedia, Rico Harisin.

Rico menyebutkan, aplikasi Android Tokopedia kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia, sejak diluncurkan enam tahun lalu. Bersama dengan 45 tim software engineer yang dipimpinnya, Rico telah hadirkan beragam inovasi khusus untuk pengguna Android. Yang pertama kali dibahas, adalah Dynamic Feature.

“Berangkat dari semangat inklusivitas, Dynamic Feature bisa membantu menyesuaikan ukuran aplikasi Tokopedia dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat Android pengguna. Sehingga aplikasi kami bisa dipakai seluruh kalangan masyarakat,” jelas Rico. Seperti yang kita tahu, ukuran layar smartphone Android sangat beragam. Maka penting agar tampilan aplikasi Tokopedia bisa terus optimal.

Lewat fitur tersebut, aplikasi Tokopedia hanya akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna, sehingga dapat mengurangi rata-rata ukuran aplikasi sebesar 27%. Dari 49,9MB menjadi 36MB saja. Lalu dengan integrasi app action & Google Assistant, pengguna bisa menanyakan tagihan listrik dan paket data langsung lewat perintah suara.

Dan hadir lebih dulu di Android, Tokopedia telah dapat memanfaatkan sensor NFC sejak tahun 2018, menjadikannya perusahaan e-commerce pertama yang gunakan fitur tersebut. Sejak dua tahun, masyarakat pengguna perangkat Android sudah bisa membeli dan memperbarui saldo kartu uang elektronik langsung dari smartphone yang mendukung.

Pernah Menjadi Aplikasi Android Terbaik Versi Google

Dalam kesempatan yang sama, seorang kreator konten, Wisnu Kumoro juga merasakan benefit inovasi pada aplikasi Tokopedia untuk Android. Salah satunya yaitu Android App Shortcut. Berbeda dengan widget, pengguna dapat mengakses fitur tertentu hanya dengan sekali tap dari ikon aplikasinya.

“Saya paling sering menggunakan fitur Shortcut karena sangat mempermudah penggunaan aplikasi Tokopedia. Lewat fitur ini, saya dapat mengakses layanan Tokopedia yang saya butuhkan dengan lebih cepat, hanya sekali tap dari homescreen,” terang Wisnu. Ia berharap tim engineering Tokopedia selalu terdepan dalam hadirkan inovasi digital, untuk permudah masyarakat penuhi kebutuhan sehari-hari.

Berkat inovasi-inovasi yang pernah dihadirkan, Tokopedia pernah terpilih menjadi salah satu aplikasi Android terbaik dunia pada 2018, masuk ke dalam kategori ‘Android Excellence App’. Menurut Rico, Tokopedia percahaya bahwa inovasi terbaik lahir dari talenta terbaik. Pihaknya selalu berkomitmen untuk berikan ruang bagi talenta terbaik yang ingin berkarya untuk Indonesia lewat teknologi.